--> Berkah Program Rumah KAT Bagi Masyarakat Wilayah Terpencil | Poros NTB

Berkah Program Rumah KAT Bagi Masyarakat Wilayah Terpencil

Dibaca Normal
Rombongan Team Monev Rumah KAT dari Dinas Sosial Provinsi dan Kabupaten Bima saat mengunjungi lokasi di Desa Lere Kecamatan Parado, Jum'at (13/3/20) (Teddy Kuswara) 

Bima, porosntb.com.-  Dirman, bapak dua anak yang berusia 43 tahun warga Dusun Tanawu yang berada di paling ujung Desa Kuta Kecamatan Parado Kabupaten Bima ini tak pernah menyangka sebelumnya.  Bahwa ia akan bisa memiliki rumah yang tergolong layak untuk dihuni tanpa mengeluarkan uang seperak pun.

Sebelumnya, pria yang berprofesi sebagai nelayan ini hanya tinggal berjejalan bersama keluarganya di sebuah gubuk nan sederhana yang beratap dan berdinding terpal yang ditambal disana-sini.

“Saat itu beredar informasi kita akan dibangunkan rumah KAT. Saya tidak tahu apa KAT itu dulu, tapi apapun KAT itu yang penting dibangunkan rumah, sudah!” Kenang Dirman dalam Bahasa Bima.

Awalnya ia sedikit skeptis menanggapi kabar itu, “jangan-jangan hanya iming-iming,” ragunya kala itu.

Namun sejak 10 April Tahun 2019 lalu, saat yang mewakili Direktorat Pemberdayaan KAT Kementerian Sosial RI bersama Dinas Sosial Provinsi NTB dan Kabupaten Bima turun ke Tanawu, tepatnya di “So Tolomoro” untuk melakukan Kegiatan Penyiapan Kondisi Masyarakat (PKM) program Pemberdayaan Komunitas Adat Terpencil (PKAT) dalam rangka memantapkan kesiapan kondisi warga KAT dan warga sekitarnya sebelum memasuki tahapan proses pembangunan rumah sederhana KAT dan pemberdayaan. Akhirnya meyakinkan Dirman, kabar yang didengarnya bukanlah “fantasi”.

“Alhamdulillah.. tenyata benar kita memang dibangunkan rumah yang layak untuk ditempati,” ujarnya. “Dulu waktu tinggal di gubuk, takut saya punya anak lagi. Sekarang saya ingin punya anak lagi,” tukasnya sembari tersenyum lebar, karena syukurnya yang terkira.

Bisa jadi apa yang dirasakan Sudirman, mewakili perasaan warga penerima manfaat lainnya dari program pembangunan rumah sederhana KAT yang berjumlah 32 unit berupa rumah panggung ukuran 5 x 5 meter yang saat ini berdiri kokoh di atas lahan hibah yang luasnya sekitar 4 hektar di So Tolomoro Dusun Tanawu.

Untuk diketahui, pembangunan Rumah Panggung ini sejalan dengan instruksi Menteri Sosial agar dalam program rumah KAT harus ikut memperkuat kearifan lokal. Rumah panggung sendiri merupakan salah satu ikon kearifan lokal daeah bima yang saat ini semakin tergusur keberadaannya.

Yang pasti sejak adanya rumah KAT ini, Warga Tanawu yang dulunya “berdiaspora” dalam sebaran So Tanawu menempati hunian seadanya, kini telah menjadi sebuah komunitas sosial yang terpusat dan terkontrol.

Masih di wilayah Kecamatan Parado, sebanyak 46 unit perumahan KAT semi permanen ukuran 5x5 meter yang berasal dari dana APBN ini juga sudah dibangun di Dusun So Soro Desa Lere. Sehingga totalnya 78 unit untuk Desa Parado.

Sebagaimana warga Tolonawu, warga penerima manfaat di Desa Lere, juga mengunpkapkan rasa syukurnya yang tak terhingga kepada Pemerintah, mulai dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, khususnya Pemerintah Kabupaten Bima lewat Dinas Sosial yang telah berjuang keras melobi dan menjemput program perumahan KAT ini dari Kementerian Sosial RI.

Kapala Desa Lere, Jufrin, S.Pd.I, saat menyambut kunjungan kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) rombongan dari Dinsos Provinsi NTB, diwakili Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial, Dinas Sosial NTB, Hj. Ari Yuliani bersama Kepala Seksi Pemberdayaan Sosial, Perseorangan, Keluarga, Masyarakat dan Kelembagaan Sosial (PSPK2), Sirajul Muttaqin A.KS,  dan 4 staf lainnya, beserta yang mewakili Dinas Sosial Kabupaten Bima, Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial, Dewi Yuliani, S.STP, bersama Kasi dan stafnya, Jum'at (13/3/20) kemarin, mengungkapkan, apresiasinya yang luar biasa kepada Pemerintah Pusat, Provinsi, maupun Daerah yang telah membangunkan rumah KAT bagi warganya.

“Selama ini warga saya di Desa Lere, tinggal terpisah-pisah di gubuk-gubuk. Bahkan di saung yang ada di gunung, sehingga saat ingin melakukan sosialisasi, kami sangat kesulitan menjangkaunya. Alhamdulillah sekarang warga saya bisa terkumpul dalam satu lokasi. Dengan begitu sangat memudahkan kami Pemerintah Desa jika akan melakukan sosialisasi akan sesuatu hal,” ungkap Jufrin tulus, Jum'at

“Jadi terima kasih sudah memperdulikan masyarakat kami, yang kini bisa menikmati tempat tinggal yang sangat layak,” imbuhnya.

Ia berharap, Pemerintah tidak hanya sekedar membangun rumah KAT, tapi juga bisa membangunkan sekolah, pengadaan air bersih, dan listrik.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial, Dinas Sosial NTB, Hj. Ari Yuliani, mengatakan,kegiatan Monev ini dilakukan, karena rencananya perumahan KAT di Kecamatan Parado ini akan diresmikan langsung oleh Menteri Sosial RI.


Menaggapi, harapan Kepala Desa Lere, Yuliani, mengatakan pengadaan sekolah sangat mungkin untuk bisa direalisasikan lewat koordinasi lintas dinas. Dalam hal ini Dinas Dikbudpora, untuk mempertimbangkan harapan masyarakat lewat Kepala Desa Tersebut.


"Nanti akan dikoordinasikan lebih lanjut dengan dinas-dinas terkait," ujarnya.


Begitu pula dengan masalah pengadaan air bersih dan listrik. Kata dia Dinas Sosial tidak bekerja sendiri, melainkan ikut melibatkan dinas-dinas terkait lainnya.


Informasi yang diendus media ini lewat seorang kontraktor, bahwa pengadaan air bersih yang dimaksud saat ini tengah dalam proses pemasangan pipa. Sementara, untuk asupan listrik akan memakai tenaga surya.


Bukan hanya itu, masyarakat penerima manfaat, tidak hanya dibangunkan rumah KAT. tetapi juga akan diberdayakan, untuk menopang kesejahteraan hidup masyaakat yang masuk kategori Komunitas Adat Terpencil (KAT).

Pemebrdayaan yang dimaksud, kata Yuliani, berupa, diberikan bantuan Jaminan Hidup selama dua tahun, bantuan bibit tanaman, dan peralatan kerja.

"Yang paling utama sebagai hamba yang beriman adalah terus bersyukur atas karuniaNya berupa datangnya bantuan Pemerintah ini." Pungkas Yuliani

Penulis : Teddy Kuswara/Aden
Editor : Aden

COMMENTS

Nama

#Corona,124,arena,40,Bandara,7,Bansos,42,Bawaslu,17,bhakti sosial,29,bima,2372,bima iptek,4,Bima Pemerintah,81,Bima Pemerintahan,47,Bima: Pemerintah,5,bima. Pariwisata,3,Bjayangkari,1,Coro,1,Corona,87,Covid-19,29,Curanmor,3,Daerah,1,Demonstrasi,2,des,1,Desa,53,dompu,134,Editorial,2,ekbis,205,Ekonomi,1,Ekonomi.,4,enterpreneur,1,event,1,explore,2,featured,93,Hoax,1,huk,2,hukrim,636,huksrim,3,hukum,1,Humaniora,1,HUT RI,1,inspiratif,1,iptek,29,Keagamaan,15,keamanan,7,kebudayaan,1,Kecelakaan,2,kejadian dan peristiwa,2,kemanusiaan,4,kepegawaian,1,kependudukan,10,kepolisian,86,Kesehatan,126,Kesenian,1,ketenagakerjaan,2,Kodim,15,Kominfo,5,Konflik,1,Korupsi,11,kota bima,152,KPU,3,KSB,2,lingkungan,102,lombok,109,Mataram,79,miras,1,Narkoba,8,Nasional,9,NTB,1,olahraga,24,Opini,49,Pariwisata,81,Pelayanan Publik,13,pembangunan,22,pembangunan.,2,pemerintah,37,Pemerintah.,1,pemerintahan,446,Pemerintahan.,6,Pemprov,3,Pemprov NTB,143,pendidikan,367,pendidikan.,8,Perbankan,1,Perguruan Tinggi,3,perhubungan,7,perisstiwa,45,peristiwa,403,peristuwa,1,Perjudian,2,persitiwa,6,Pertamina,2,pertanian,34,Peternakan,3,politik,272,Politik.,9,Prahara,12,Prestasi,22,Provinsi,1,puisi,1,regional,3,religi,32,religius,42,Sains,1,SAJAK,1,seni,1,SKCK,1,sosbud,191,Sosial,42,Sosok,2,SUDUT PANDANG,1,sumbawa,20,Tajuk,2,Tekhnologi,2,TKI,5,TNI,1,transportasi,3,travel,5,Tribrata,1,Vaksinasi,2,video,16,
ltr
item
Poros NTB: Berkah Program Rumah KAT Bagi Masyarakat Wilayah Terpencil
Berkah Program Rumah KAT Bagi Masyarakat Wilayah Terpencil
https://1.bp.blogspot.com/-2r-5Cfv34JQ/XnAJNjvU47I/AAAAAAAACU4/kGkfac391rcprVb3ynw08UzmvhB768scQCLcBGAsYHQ/s640/Screenshot_1.png
https://1.bp.blogspot.com/-2r-5Cfv34JQ/XnAJNjvU47I/AAAAAAAACU4/kGkfac391rcprVb3ynw08UzmvhB768scQCLcBGAsYHQ/s72-c/Screenshot_1.png
Poros NTB
https://www.porosntb.com/2020/03/berkah-program-rumah-kat-bagi.html
https://www.porosntb.com/
https://www.porosntb.com/
https://www.porosntb.com/2020/03/berkah-program-rumah-kat-bagi.html
true
2479742407306652642
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content