--> SIMULASI : Unjuk Rasa di Kantor KPUD Kabupaten Bima Berlangsung Anarkis | Poros NTB

SIMULASI : Unjuk Rasa di Kantor KPUD Kabupaten Bima Berlangsung Anarkis

SHARE:

Dibaca Normal


Bima, porosntb.com.- Massa simpatisan dari Calon Bupati dan Wakil Bupati yang terhempas dalam laga Pemilukada Kabupaten Bima melakukan aksi unjuk rasa di Kantor KPU Kabupaten Bima.

Mereka menolak hasil perhitungan suara dan menuntut Pemilukada untuk digelar ulang.

Sementara di tengah semakin memanasnya situasi demo, Pleton Dalmas Humanis Polres Bima yang dipimpin Kasat Binmas tiba di KPU untuk memberikan himbauan dan melakukan negosiasi kepada massa aksi agar tertib dalam menyampaikan tuntutannya.

Sayangnya, himbauan dan negosiasi yang diupayakan pihak Dalmas tidak diindahkan massa aksi.

Tensi situasi unjuk rasa malah kian memanas dan mengarah pada ekstrasi situasi tidak tertib dan sulit dikendalikan.

Massa aksi semakin mengapi dipantik oleh lantangnya suara orator yang mulai bersifat provokatif.

Menilai situasi semakin tak terkendali, Pasukan Dalmas awal yang dilengkapi tali Dalmas dengan sigap mengambil tindakan pengamanan dengan cara membentangkan tali Dalmas sebagai garis pembatas massa aksi sembari tanpa henti-hentinya memberikan himbauan-himbauan Kamtibmas.

Namun massa malah semakin anarkis dalam melakukan aksinya dan mulai merangsek kearah petugas dan mendorong petugas serta menarik paksa tali pembatas untuk berusaha melintasi tali Dalmas.

Kapolres Bima, AKBP Gunawan Tri Hatmoyo, S.I.K, kemudian memerintahkan Kasat Sabhara agar menurunkan pasukan Dalmas lanjut beserta peralatan yang diperlukan untuk lapis ganti antara pasukan Dalmas awal dengan pasukan Dalmas lanjut yang didahului oleh regu Pengurai Massa (Raimas).

Merasa kalah kuat untuk melewati lapisan Dalmas, Massa dengan gencar melempari petugas dan mulai ada yang melakukan pengerusakan terhadap infrastruktur yang ada di jalanan sebagai usaha menghalangi gerakan pasukan Dalmas.

Komandan Dalmas kemudian terpaksa memerintahkan personil pemegang flash Ball untuk melakukan penembakan, dan akhirnya massa berhasil dipukul mundur.

Namun tak berlangsung lama, sesaat kemudian masa kembali melakukan tindakantindakan anarkis, sehingga Kasat Sabhara meminta petunjuk kepada Kapolres.

Menerima laporan situasi di TKP, Kapolres langsung menghubungi Kapolda NTB untuk meminta bantuan backup Brimob Polda NTB.

Kasat Brimob Polda NTB langsung merespon dengan memerintahkan Danyon C Pelopor agar menurunkan 1 Kompi Pasukan Huru Hara (PHH) untuk memback-up Polres Bima dan berkoordinasi dengan Kapolres.

Setiba di TKP Kompi PHH, yang tergolong “Unit Taktis Polisi” ini langsung membentuk formasi lintas ganti. Sementara Danki Batalyon C pelopor Bima berupaya melakukan himbauan, namun massa malah semakin beringas dan melempari petugas dengan membabi buta.

Untunglah di tengah situasi huru hara tersebut, Unit Penangkap Brimob Batalyon C Pelopor Bima didampingi beberapa pelindung berhasil menangkap provokator dan diserahkan kepada Tim Tindak Polres Bima.

Di saat yang sama Unit Kesehatan Lapangan (Keslap) Brimob menolong korban luka-luka akibat terkena lemparan dan penyebab lainnya.

Massapun akhirnya berhasil didesak dan dikendalikan.

Untuk “mensterilkan” Kantor KPU, Danki C pelopor Bima memerintahkan unit barier untuk membentangkan kawat barier di depan kantor KPU.

Sementara massa yang berhasil dikendalikan, kembali ke tempat masing-masing dalam pengawalan ketat Unit Patwal dan Unit Patmor.

Namun rupanya masalah belum usai, dalam perjalanan pulang itu ternyata masih ada sejumlah oknum dari massa yang masih belum puas atas unjuk rasa yang dilakukan di depan Kantor KPU, dan melakukan pelemparan kearah toko-toko dan Kantor Pemerintah yang mereka lalui, sehingga memancing emosi dari warga sekitar yang secara spontanitas melakukan perlawanan terhadap massa tersebut.

Satuan anti anarkis yang diperintahkan menuju TKP lanjutan melakukan penindakan sesuai prosedur yang berlaku serta melakukan penindakan terhadap provokator.

Begitulah akhir dari Kegiatan Simulasi Sistem Pengamanan (Sispam) Kota untuk melatih kesiapan dan kesigapan Anggota Polri dalam Pengamanan pelaksanaan Pilkada Kabupaten Bima tahun 2020 sesuai dengan protap, yang dilaksanakan di lapangan apel Polres Bima, Jum’at (28/8) pagi tadi.

Simulasi yang berakhir Pukul 11.00 Wita itu berjalan lancer dan aman, serta seolah nyata kejadiannya.

Untuk diketahui Simulasi penanganan situasi unjuk rasa di KPU ini diawali dengan Simulasi pengamanan PAM TPS.

Diskenariokan anggota Polri 2 orang, TNI 1 orang dan linmas 4 orang mengamankan pelaksanaan pemungutan suara.

Pada saat pemilihan akan berakhir terdapat beberapa saksi dan pemilih yang memprotes dan meminta kepada petugas TPS untuk melaksanakan penghitungan ulang.

Selanjutnya Polri mengambil langkah-langkah, dimana
Bhabinkamtibmas melaporkan situasi kepada Kasubsektor Palibelo selaku Padal Pam Wil mohon bantuan perkuatan di TPS 1.

Sebelum tiba di TKP, Padal memerintahkan untuk menghimbau masyarakat agar tidak mudah terprovokasi. Setibanya di TKP Padal melanjutkan himbauan untuk bersikap persuasive. Dan masyarakat akhirnya dapat kembali tenang dan situasi dapat diamankan.

Hadir dalam kedua Simulasi yang dimuali Pukul 09.00 Wita ini, Bupati Bima yang diwakili oleh Sekda, Drs. H. Taufik, Hak, Kapolres Bima AKBP Gunawan Tri Hatmoyo, S.I.K., Dandin 1608 Bima LETKOL INF Teuku Mustafa Kamal, Ketua KPU Kabupaten Bima, Imran, S.Pdi, SH, Ketua Bawaslu Kabupaten Bima, Abdullah, SH, Danki Brimob, Camat Palibelo, Drs. Darwis, dan Pejabat Utama Polres Bima.


Sementara Peserta Simulasi Sispam Kota yang terlibat, yakni 2 peleton Brimob Pelopor Bima, 2 peleton Dalmas Sat Sabhara, 2 peleton Staf Polres Bima, 1 peleton gabungan Sat Reskrim, Intelkam dan Narkoba, 1 peleton Sat Pol PP, serta 1 peleton ASN.

Penulis : Teddy Kuswara
Editor : Aden

COMMENTS

Nama

#Corona,124,ABRI,1,arena,54,Bandara,7,Bansos,52,Bawaslu,17,bhakti sosial,39,bima,2678,bima iptek,4,bima. Pariwisata,3,Bjayangkari,1,Coro,1,Corona,88,Covid-19,29,Curanmor,3,Daerah,1,Demonstrasi,2,des,1,Desa,53,dompu,134,Editorial,2,ekbis,226,Ekonomi,1,Ekonomi.,4,Eksbis,1,enterpreneur,1,event,1,explore,2,featured,122,Hoax,3,huk,2,hukrim,715,huksrim,3,hukum,1,Humaniora,1,HUT RI,1,inspiratif,1,iptek,30,Keagamaan,15,keamanan,8,kebudayaan,1,Kecelakaan,3,kehilangan,1,kejadian dan peristiwa,2,kemanusiaan,4,kepegawaian,1,kependudukan,12,kepolisian,168,Kesehatan,135,Kesenian,1,ketenagakerjaan,2,Kodim,15,Kominfo,5,Konflik,1,Korupsi,11,kota bima,306,KPU,3,KSB,2,lingkungan,115,lombok,109,Maklumat,2,Mataram,92,miras,1,Narkoba,8,Nasional,15,NTB,1,olahraga,24,Opini,50,Pariwisata,81,Pelayanan Publik,13,pembangunan,25,pembangunan.,2,pemerintahan,796,Pemilu,1,Pemprov,3,Pemprov NTB,143,pendidikan,398,pendidikan.,8,Perbankan,1,Perguruan Tinggi,3,perhubungan,7,perisstiwa,47,peristiwa,468,peristuwa,1,Perjudian,2,persitiwa,6,Pertamina,2,pertanian,40,Peternakan,3,politik,282,Politik.,9,Prahara,12,Prestasi,34,Provinsi,1,puisi,1,regional,5,religi,58,religius,43,Sains,1,SAJAK,1,seni,1,SKCK,1,sosbud,193,Sosial,42,Sosok,6,SUDUT PANDANG,1,sumbawa,21,Tajuk,2,Tekhnologi,2,TKI,5,TNI,1,transportasi,4,travel,5,Tribrata,1,Vaksinasi,25,video,18,warta bawaslu,1,
ltr
item
Poros NTB: SIMULASI : Unjuk Rasa di Kantor KPUD Kabupaten Bima Berlangsung Anarkis
SIMULASI : Unjuk Rasa di Kantor KPUD Kabupaten Bima Berlangsung Anarkis
https://1.bp.blogspot.com/-FeHRVi3iWP8/X0keraSpLgI/AAAAAAAAJaI/tgV9p1pHYG4y7MXYI2y2qZUguTo4s2GlACLcBGAsYHQ/s400/Screenshot_2.png
https://1.bp.blogspot.com/-FeHRVi3iWP8/X0keraSpLgI/AAAAAAAAJaI/tgV9p1pHYG4y7MXYI2y2qZUguTo4s2GlACLcBGAsYHQ/s72-c/Screenshot_2.png
Poros NTB
https://www.porosntb.com/2020/08/simulasi-unjuk-rasa-di-kantor-kpud.html
https://www.porosntb.com/
https://www.porosntb.com/
https://www.porosntb.com/2020/08/simulasi-unjuk-rasa-di-kantor-kpud.html
true
2479742407306652642
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content