Banner iklan disini Banner iklan disini

KPU Provinsi NTB Batasi Dana Kampanye 21 M

Ilustrasi dana kampanye @Antara

Mataram, Poros NTB.- Ketua KPU NTB Lalu Aksar Ansori saat acara rapat pleno terbuka pengundian nomor urut pasangan calon di Mataram, Selasa (13/2/18), mengatakan, pembatasan pengeluaran dana kampanye untuk setiap pasangan calon gubernur/wakil gubernur yang berlaga di Pilkada NTB adalah sebesar Rp21 miliar.

ia merinci jumlah tersebut untuk rapat umum, pertemuan terbatas, pertemuan tatap muka, bahan kampanye, jasa manajemen konsultan, alat peraga kampanye dan bahan kampanye, debat kandidat, serta iklan di media.

"Tetapi batasan besaran pengeluaran anggaran dana kampanye ini belum disepakati oleh pasangan calon, karena harus dirapatkan bersama berapa besaran pengeluaran dana untuk kampanye ini. Termasuk, dana sumbangan," kata Aksar lagi, dikutip Antara.

Tidak dijelaskan, kapan KPU sendiri menjadwalkan pelaporan dana kampanye awal oleh para Paslon.

Merujuk PKPU Nomor 5 Tahun 2017 tentang Dana Kampanye Peserta Pilkada, dalam pasal 12, dijelaskan bahwa KPU provinsi dan kabupaten/kota menetapkan pembatasan pengeluaran dana kampanye dengan memperhitungkan metode kampanye, jumlah kegiatan kampanye, perkiraan jumlah peserta kampanye, standar biaya daerah, bahan kampanye yang diperlukan, cakupan wilayah dan kondisi geografis serta manajemen kampanye.
Itu berarti batasan dana kampanye untuk tiap provinsi dapat berbeda-beda. 

Tergantung sungguh hasil koordinasi dengan parpol, gabungan parpol atau petugas yang ditunjuk bakal paslon kepala daerah untuk mendapatkan masukan. (Aden)
Labels: ,

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.