Banner iklan disini Banner iklan disini

“Bombo Ncera” Terus Berbenah Menuju Destinasi Wisata Alam Nasional



Bima, Poros NTB.- Bagi wisatawan local, nama “Bombo Ncera” mungkin tidak asing lagi. Pasalnya obyek wisata yang terletak di Desa Ncera Kecamatan Belo Kabupaten Bima ini, sudah menjadi tempat wisata yang populer bagi masyarakat bima sejak era 80-an.
Pemerintah Daerah lewat Dinas Pariwisata Kabupaten Bima, nampaknya mulai melirik destinasi wisata ini sebagai spot yang potensial untuk dikenalkan lebih jauh lagi hingga Tingkat Nasional.
Untuk itu, Komunitas Pemerhati Bombo Ncera bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Bima menggagas digelarnya Festival Bombo Ncera, yang dibuka secara resmi oleh Bupati Bima, November tahun lalu.
Jika merujuk pada istilah “Festival”, maka tentunya Festival Bombo Ncera merupakan sebuah rangkaian momen yang penting untuk dimeriahkan, sebagai wujud membenahi Bombo Ncera menuju wisata alam nasional.
Obyek wisata kebanggan masyarakat Kecamatan Belo dan sekitarnya ini memang layak untuk terus dikembangkan dan dikenalkan secara luas. Mengingat Bombo Ncera merupakan obyek wisata alam yang menarik.
Selain pemandangan alamnya yang menyejukkan mata dan menenangkan hati, Bombo Ncera juga bertatakan beberapa air terjun, yang ketinggiannya mencapai 7-9 meter.
Tiap lokasi air terjun, memiliki kolam renang alami dengan airnya yang jernih dan menyegarkan yang berdinding batu alam dan tebing. Asyiknya lagi, kolam-kolam alami ini memiliki beragam karakteristik. Yang dibagi menjadi Bombo To’i (Bombo Kecil), yaitu tempat mandi anak-anak, Bombo Woha (Bombo Tengah) tempat mandi para muda mudi yang belum mahir berenang, karena kolam ini airnya hanya sebahu orang dewasa, kemudian Bombo Na’e (Bombo Besar) tempat mandi orang-orang yang sudah mahir berenang, yang lebarnya sekitar 4 m dan panjangnya sekitar 10 m.
Seolah alam sendiri telah mempersiapkan Bombo Ncera ini sebagai destinasi wisata alam untuk segala usia, yang kini dilengkapi dengan sarana “Rumah 1000 Kayu”, Mushollah, bahkan “Pustaka Semesta”.
Karena itu Bombo Ncera patut untuk dikunjungi, baik bersama keluarga, maupun dengan teman-teman dan sahabat dekat. Bahkan direkomendasikan buat yang masih lajang, karena di Bombo Ncera anda yang lajang bisa mencoba peruntungan jodoh di “Mata Air Jodoh” yang ada di situ.
Apalagi destinasi wisata ini sangat mudah untuk dijangkau. Jaraknya dari Kota Bima “hanya” sekitar 45 Km, dengan jalan yang sudah diaspal membuat kita bisa mengaksesnya dengan mudah, baik dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun sewaan. (Red)
Labels: ,

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.