Up Peternakan Bolo: Anjing Mulai Divaksin Di Beberapa desa

Foto:Up Peternakan dan Pusat kesehatan Hewan Kecamatan Bolo
Bima,PorosNtB.com-Kegiatan vaksinasi anjing sebagai tindak lanjut atas penetapan Kabupaten Bima dengan status Kejadian Luar Biasa (KLB) penyakit rabies (anjing gila) gencar dilakukan. Kali ini, anjing piaraan warga Desa Kara, Rada, Nggembe dan Tumpu mulai divaksinasi."Menyusul penetepan KLB penyakit rabies. Kita mulai vaksinasi anjing," ujar Kepala UP Peternakan dan Pusat Kesehatan Hewan Kecamatan Bolo, Amran, S. Pt, Rabu (20/3).

Kata Amran, sedikitnya sebanyak 60 anjing piaraan warga di empat desa tersebut telah divaksin. Sebenarnya kata dia, masih banyak anjing milik warga yang belum divaksin. Hal itu karena anjing dan pemilik masih berada di lahan pertanian masing masing.

"Kita berharap pemilik bisa mengikat anjingnya. Sehingga memudahkan proses vaksinasi," tutur dia.

Lanjut dia, terkait vaksinasi anjing ini sudah ada jadwalnya. Besok sasarannya wilayah Desa Tambe, Rasabou. Kemudian selanjutnya akan menyisir semua desa yang belum dikunjungi.

"Target sesuai obat vaksin yang tersedia yakni sebanyak 200 anjing. Namun jika ada penambahan, tetap dilakukan vaksinasi karena persedian obat vaksin ada di Dinas Peternakan Kabupaten Bima," jelas dia.
Seperti diketahui bahwa berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium oleh Balai Besar Veteriner (BBVet) atas sampel anjing yang menggigit warga Desa Tonda Kecamatan Madapangga beberapa waktu lalu dinyatakan positif rabies. Sehingga menjadi dasar penetapan Kabupaten Bima dengan status KLB rabies. Sehingga untuk mengantisipasi meluasnya virus rabies tersebut maka dilaksanakan vaksinasi anjing," tutup Amran.(Poros08)
Labels: ,

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.