Banner iklan disini Banner iklan disini

Tambe dan Dena Optimis Raih Juara Lomba BUMDes


Ketua BUMDes Tambe

Bima, Porosntb.com-Wakili Kecamatan Bolo dan Madapangga dalam lomba BUMDes tingkat Kabupaten Bima tahun 2019, BUMDes Tambe dan dan Dena Optimis meraih juara. Dua badan usaha milik desa tersebut sudah dinilai oleh tim pada Senin (29/04/19) secara serentak.

Ketua BUMDes Tambe Kecamatan Bolo M. Ali H. Anwar yakin jika lembaga yang dipimpinnya akan mampu meraih juara. Dari faktor administrasi dan pembukuan serta program kerja selama BUMDes setempat terbentuk sudah sangat baik.

"Kami tertib administrasi dan sangat rapi," ujarnya.

Ia menjelaskan, sejak tahun 2016, BUMDes telah menyumbang PADes untuk desa 1 juta rupiah setiap tahun. Dengan jumlah anggaran yang dikelola 40 juta tahun 2016 dan 20 juta tahun 2017.

"Anggaran itu dialokasikan pemerintah desa," jelasnya.

Sejak itu kata dia, BUMDes menjalankan program simpan pinjam. Meski terkadang mandek di masyarakat yang meminjam namun tidak menyebabkan inflasi.
"Hanya saja keuntungannya sedikit," katanya.

Sementara untuk tahun 2019 kata dia, pihaknya akan mengganti program kerja menjadi perdagangan. Yang diperdagangkan juga rencananya beragam, mulai dari jual beli hasil pertanian sampai Saprodi.
"Di desa ini belum ada yang jual Saprodi. Peluang itu yang kami lihat dan manfaatkan," bebernya.

Untuk tahun 2019 BUMDes setempat akan mendapatkan dana dari pemerintah desa untuk dikelola sebanyak 100 juta dan rencananya juga akan mendapat dana hibah dari DPMDes Provinsi NTB sebanyak 100 juta.

"Dana itu akan kami kelola maksimal untuk perdagangan. Kami akan hilangkan program simpan pinjam," jelasnya.
Dengan program tersebut kata dia, pihaknya optimis akan mampu menyumbang PADes yang lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya.
"Kami optimis akan menyumbangkan PADes setidaknya 2 juta per tahun," ungkapnya.

Sekertaris Desa Tambe Hairul Fitriadin mengatakan, sejauh ini kinerja BUMDes setempat sudah bagus, dengan pembukuan yang juga bagus.
"Sejauh ini kerjanya bagus," ujarnya.

Ia membenarkan jika BUMDes setempat akan mendapatkan anggaran dari pemerintah desa sebanyak 100 juta dan dana hibah dari DMPDes Provinsi NTB sebesar 100 juta."Tahun ini mereka akan mengelola anggaran yang cukup besar. Kami sudah terima program kerja mereka," katanya.

Ketua BUMDes Dena


Di tempat terpisah M.Saleh H.Ahmad ketua BUMDes Kerja Bersama Desa Dena menjelaskan, BUMDes yang saat ini telah berkembang selama dua tahun telah bergerak di bidang pertanian. Hingga telah menjadi pengecer pupuk di desa setempat.

"Penilaian dari DPMdes atas BUMDes kerja bersama yang mewakili Kecamatan Madapangga, semoga mampu mengukir prestasi terbaik," harapnya.(Poros08)

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.