513 CJH Kabupaten Bima Dapat Bimbingan Manasik Haji

Sejumlah CJH saat mengikuti bimbingan manasik haji


Bima, porosntb.com-Sebanyak 513 Calon Jamaah Haji Kabupaten Bima, Sabtu (15/6/19) bertempat di masjid Muhammad Salahuddin Kota Bima mendapatkan bimbingan manasik haji dari petugas bimbingan manasik haji. 

Menurut Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh dari Kantor Departemen Agama Kabupaten Bima Drs. H. Abdul Haris menyampaikan bahwa diberikannya bimbingan manasik haji kepada 513 Calon Jamaah Haji Kabupaten Bima ini dalam rangka memberikan pelatihan tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji yang akan dilaksanakan. Seperti rukun haji, persyaratan, wajib, sunah, maupun hal-hal yang tidak boleh dilakukan selama pelaksanaan ibadah haji. 

Selain itu, para calon jamaah haji juga akan belajar bagaimana cara melakukan praktik tawaf, sa’I, wukuf, lempar jumrah dan profesi ibadah lainnya dengan kondisi yang dibuat mirip dengan keadaan di tanah suci. 

"Manasik haji juga diperlukan guna memberikan pemahaman kepada setiap calon jamaah haji tentang tujuan utama keberangkatan mereka ke tanah suci. Manasik haji sangat bermanfaat bagi para calon jamaah haji, karena setelah melaksanakan manasik haji, para calon jamaah haji akan dapat memahami hal-hal apa saja yang harus dilakukan dan para calon jamaah haji juga mempelajari budaya, bahasa dan kondisi alam di Arab Saudi," bebernya.

Direncanakan para Calon Jamaah Haji Kabupaten Bima ini nantinya akan dibagikan ke beberapa kloter keberangkatan. Dimana para calon jamaah haji ini nantinya akan didampingi oleh para petugas dan tenaga medis yang mengikuti rombongan Calon Jamaah Haji Kabupaten Bima.

Pelaksanaan bimbingan manasik haji ini akan dilaksanakan selama 2 (dua) hari mulai dari tanggal 15 s/d 16 Juni 2019, dimana untuk hari pertama mereka akan diberikan bekal dari pemerintah terkait dengan tata cara melaksanakan ibadah haji dan pada hari kedua para Calon Jamaah Haji ini akan melaksanakan tata cara melaksanakan kegiatan tata cara melakukan tawaf keliling kabah yang akan dilaksanakan hari minggu tanggal 16 Juni 2019. Imbuhnya.

Menurut Bupati Bima yang didampinggi oleh Assisten Pemerintahan dan Kesra Setda Bima HM.Qur’ban, SH mengatakan bahwa  Ibadah haji merupakan  satu dari Rukun Islam yang tentunya memiliki nilai yang sangat luhur dan mulia karena Allah SWT menjanjikan pahala surga bagi mereka yang menunaikan ibadah haji dengan sempurna, yaitu Haji yang mabrur. 

"Harapannya, mudah-mudahan dapat menjadi bekal bagi para jamaah selama menjadi tamu Allah. Pertama, luruskan niat dalam menunaikan ibadah haji ini, niat bahwa ibadah haji ini adalah untuk Allah semata, sambil memohon ridho-Nya. Kedua, nilai dari ibadah haji adalah pelaksanaan semua rukunnya dengan khusuk, pahami makna dan hakekat menunaikan ibadah haji sebagaimana telah diketahui dan telah diajarkan dalam manasik haji. Ketiga, pelihara dan jaga kesehatan dan fisik para jamaah sekalian, ikuti aturan dari pembimbing, aturan yang ditempatkan oleh pemerintah," pesannya. (edo)

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.