Dinas Pariwisata Gelar Pelatihan Tata Kelola Destinasi Wisata


Bima, Poros NTB.- Komitmen pemerintah Daerah melalui Perangkat Daerah terkait dalam hal ini Dinas Pariwisata Kabupaten Bima untuk memajukan sektor pariwisata ditunjukkan dengan pelaksanaan  Pelatihan Tata Kelola Destinasi Pariwisata dengan Tema “Menuju Destinasi Ramah dan Berkelanjutan” selama dua hari, Rabu – Kamis (19-20 Juni 2019) di Hotel Lilagraha Kota Bima.

Bupati Bima yang diwakili Asisten III Setda Drs. H. Arifudin HMY dalam sambutannya dihadapan 40 peserta mengatakan, “pelatihan para pelaku pariwisata merupakan salah satu langkah strategis yang selaras dengan pembangunan sektor pariwisata di kabupaten Bima.

“Peningkatan kualitas SDM dan manajemen pengelolaan destinasi pariwisata unggulan kabupaten bima penting dilakukan secara berkelanjutan untuk meningkatkan minat kunjungan wisatawan dan pada saat yang sama mendorong peningkatan pendapatan ekonomi masyarakat di sekitar obyek wisata”. Jelas mantan Kadis Perindag ini.

Ditambahkan Arifudin, Pelatihan ini juga diharapkan dapat memberi pemahaman yang utuh kepada Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) dan pelaku pariwisata akan pentingnya tata kelola destinasi yang Ramah dan berkelanjutan.

Kabid Pengembangan Kepariwisataan Dinas Pariwisata Kabupaten Bima Muhammad Akbar SP mengatakan, “Peserta merupakan pelaku utama dalam mengembangkan pariwisata di Destinasinya masing-masing.

Sehingga diharapkan dari pelatihan mereka bisa terus mengembangkan kreativitasnya dalam mengelola destinasi wisata”.

Peserta mendapatkan materi tentang Kode Etik Pramuwisata,  Administrasi Pengunjung  Tempat Wisata, Administrasi Keuangan Destinasi, dan Administrasi Keanggotaan Pokdarwis.

Materi lainnya adalah Kebijakan Umum Pariwisata Provinsi dan Kabupaten Bima serta Kebijakan Perencanaan Kepariwisataan Daerah dari Direktur Politekpar NTB”. Imbuh Akbar. (Kom)
Labels: ,

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.