Tahun 2019, Pemerintah Daerah Gelar Pilkades Serentak

Foto:Bupati dan Wakil Bupati Bima,ketua DPRD,Danrem pada Hari Jadi Bima ke-379
,Porosntb.com-Bupati Bima Hj.Indah Dhamayanti Putri, SE pada saat memberikan arahan terkait dengan HUT Bima ke-379 juga memaparkan terkait dengan Pelaksanaan tahapan Pilkades Serentak Kedua Tahun 2019 bagi sebanyak 82 (delapan puluh dua) Desa serta pengisian keanggotaan BPD untuk 191 Desa, yang juga  dilaunching pada kesempatan ini.

Pelaksanaan tahapan Pemilihan Kepala desa serta pengisian keanggotaan BPD merupakan hal yang sangat crusial guna menjamin pencapaian tujuan menghasilkan Kepala Desa terpilih dan BPD yang berkualitas serta sesuai dengan harapan masyarakat.untuk itu,diperlukan partisipasi masyarakat dan konsolidasi demokrasi, karena masyarakat mempunyai peran penting dalam menentukan arah kebijakan pemerintahan desa.

Selain itu, dalam rangka pemenuhan terhadap prinsip demokrasi, maka pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa dilaksanakan dengan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil sehingga dengan menggunakan asas-asas tersebut diharapkan penyelenggaraan pemilihan kepala desa serentak gelombang kedua dapat berlangsung secara demokratis.

Terkait hal tersebut, saya mengharapkan kepada seluruh stakeholder yang terlibat dalam proses pemilihan Kepala Desa serta pengisian keanggotaan BPD serentak; agar berpegang pada prinsip sukses yang diantaranya sukses partisipasi, sukses regulasi dan sukses memilih; dengan tetap menjaga kerekatan silaturrahmi, keamanan dan ketertiban dalam arti luas.

Saya pesankan, kepada segenap Ketua BPD dan Sekretaris BPD agar MEMBENTUK PANITIA PILKADES dengan kepanitiaan yang bersifat mandiri dan tidak memihak, dan jika sudah ditunjuk menjadi panitia pilkades, yang bersangkutan dilarang menjadi calon kepala Desa.

Kepada Kepala Desa dan/atau Penjabat Kepala Desa agar bersama BPD, Camat dan Muspika, saya harapkan agar menfasilitasi segala hal yang mendukung kelancaran pelaksanaan Pilkades di Desa masing-masing, serta menjauhi segala hal yang dapat menjadi potensi masalah pada masing-masing tahapan Pilkades. 

Kepada para Camat laksanakan tugas pengawasan dan monitoring pada desa-desa yang melaksanakan pemilihan kepala Desa di wilayah masing-masing, kedepankan pertimbangan bahwa Pilkades harus terlaksana dengan baik, aman dan terkendali hingga tahapan terakhir yaitu dilantiknya kepala Desa terpilih.

Perjuangan kita untuk mewujudkan gagasan yang selama ini telah kita tekadkan nampak kian kompleks; dengan memohon pertolongan kepada Yang Maha Memberi Pertolongan, mari kita bersama berikhtiar mewujudkannya. 

Selamat Hari jadi Bima  ke- 379 dan Pilkades serentak tahap kedua kepada seluruh elemen masyarakat,saya menitip harapan dan do’a, kiranya momentum ini, terus meneguhkan komitment kita semua, untuk masing-masing mengambil peran proporsional- normative, berkarya inovatif, mewujudkan Dana Mbojo “Kabupaten Bima” menjadi “Baldhatun Toyibatun Warabun Ghofur” negeri, rumah besar yang memancarkan benderangnya cahaya Religi, Aman, Makmur, Amanah dan Handal.(HumPoros08)
Labels: ,

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.