PKBM Cipta Karya Mandiri Tolotangga Mulai Menjalankan KBM Keaksaraan Dasar

20 WB PKBM Suya Cipta Mandiri Desa Tolotangga sedang mengikuti KBM perdana Keaksaraan Dasar, Sabtu (31/9/19)
Bima, Poros NTB.- Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Cipta Karya Mandiri yang berlokasi di Desa Tolotangga Kecamatan Monta, mulai menjalankan proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), Sabtu (31/8/19).

KBM Keaksaraan Dasar perdana ini diikuti oleh 20 Warga Belajar yang bertempat di RT.02 RW.01 Dusun Kambu’u, yakni yang tergabung dalam Kelompok 3 dan Kelompok 4 keaksaraan dasar, dengan melibatkan 2 tenaga tutor. Yakni, Nurhidayah S.Pt dan Usfan, S.Pt.

20 orang WB yang mengikuti KBM tersebut terlihat antusias mengikuti proses KBM, yang berlangsung dalam suasana kekeluargaan sehingga para WB tidak merasa jenuh.

Diketahui, PKBM yang diketuai oleh Sulaiman, ST Tahun 2019 ini menampung WB Keaksaraan Dasar sebanyak 150 orang dan melibatkan 15 orang tutor.


Salah seorang WB, Fatmawati (P/22), mengatakan sangat senang dengan adanya program pemerintah dalam upaya memberantas buta aksara ini. Pasalnya, kata dia, mereka yang sebelumnya tidak bisa membaca, kini sudah mulai dikenalkan dengan huruf dan cara mengejanya.

“Malu ya jaman sekarang tidak bisa membaca. Apalagi kalau bisa membaca, kan banyak manfaatnya,” ujar Fatma dalam Bahasa Bima.

“Setidaknya, kami tidak lagi merasa canggung karena kami  minimal akan bisa membaca. Walaupun dengan proses yang panjang.,” ungkapnya lagi masih dalam bahasa yang sama.

Sementara itu, salah satu turot, Nurhidayah, S.Pt, merasa yakin, dengan adanya Program Keaksaraan Dasar yang dijalankan PKBM Cipta Karya Mandiri ini, akan mampu memberantas buta aksara khususnya di Desa Tolotangga. Selain itu, lanjutnya, akan dapat menciptakan semacam Industri Rumahan di kalangan ibu-ibu yang masih menyandang Buta Aksara. Dicontohkannya, seperti pembuatan susu kedelai dan menjahit.

“Ini bisa meningkatkan ekonomi dan masyarakat khususnya ibu-ibu tidak lagi mengandalkan hasil pertanian semata untuk menopang kehidupan ekonomi keluarganya atau hanya sekedar mengurus rumah tangga saja.” Ujarnya.

Selain itu Nurhidayah merasa “berguna” bagi masyarakat. Karena  dengan terlibatnya adanya PKBM ini kini merasa menjadi pribadi yang bermanfaat untuk orang lain.

“Sekaligus bisa menjadi wahana untuk menyumbangkan ilmu yang kita dapat di bangku kuliah. Meski secara akademik, saya jurusan non pendidikan, tapi saya rasa cukup memadai untuk memandu WB dalam program keaksaraan dasar ini.” Katanya sembari senyum tipis.

Dia berharap kepada Dinas Dikbudpora Kabupaten Bima, agar program ini bisa berkelanjutan. Sehingga masyarakat yang belum sempat tertampung Tahun 2019 ini, kedepannya dapat tertampung.

“Mudah-mudahan, Pemerintah Kabupaten Bima, membangun sarana dan prasarana yang layak. Mengingat antusiasme WB yg begitu tinggi,” harap Tutor jebolan Unram Sarjana Peternakan ini.

Ia sendiri meyakini, Pemerintah Daerah lewat Bupati, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE, dan Wakil Bupati, Drs. H. Dahlan M. Noer,  sangat mengatensi program semacam pemberantasan Buta Aksara ini.

Selain itu, WB juga mengungkapkan keinginannya, agar Bupati dan Wakil Bupati, jika berkesempatan, bisa hadir langsung untuk melihat Proses KBM di PKBM Cipta Karya Mandiri.

Kehadirin Bupati dan Wakil Bupati ini, tentunya akan sangat bermakna untuk menggenjot semangat belajar bagi para WB. Baik dalam program Keaksaraan Dasar maupun Program Home Industry” bagi para ibu-ibu.

Tapi secara keseluruhan, saat ini, hadirnya program yang ada, para WB sudah sangat berterima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Bima.

Terkait Ketua PKBM Cipta Karya Mandiri, di mata para WB dan Tutor, adalah merupakan sosok yang sangat konsisiten dalam menjalankan setiap program yang diembankan kepadanya. Ia dikenal orang yang memiliki komitmen yang kuat untuk medayagunakan setiap rupiah anggaran untuk menuntaskan programnya.

"Oiya, Kabid Himpaudni, Drs Chairunas, Mpd, beserta jajaran anggota Forum PKBM Kabupaten Bima yang berkesempatan hadir langsung untuk bersoalisasi dengan WB kemarin, kami juga mengucapkan terima kasih,” pungkas Nurhidayah.(Poros06/ADV).
Labels: , ,

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.