Canangkan Destana Bupati Sampaikan Hal Ini


Bima, Poros NTB.- Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE canangkan desa tangguh bencana yang berada di desa Dumu dan Desa Kangga Kecamatan Langgudu. 

Pencanangan tersebut dilangsungkan di kantor Desa Dumu pada hari Minggu ( 1/9). Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Bima, Asisten Administrasi Umum Setda Bima, Kalag BPBD Beserta Jajaranya, para Kepala OPD lingkup Setda Bima, Kepala Desa Dumu dan Kangga Kecamatan Langgudu serta warga masyarakat.

Dalam arahan beliau ( Dinda – Red) mengatakan bahwa dengan adanya desa tangguh bencana ( Destana) yang berada di dua desa tersebut sebagai salah satu upaya mengedukasi masyarakat tentang pemahaaman dan kesiagaan terhadap bencana. Sehingga dengan pembentukan Destana ini akan memberikan pengaruh yang cukup baik sebagai edukasi masyarakat, bagaiaman bertindak dan bagimana meminimalisist agar tidak jatuh korban.

Oleh karena itu penempatan peran masyarakat sebagai prioritas utama dengan kata lain masyarakat menjadi pihak utama dalam menangulangi bencana.

Begitujuga terkait dengan keberadaan relawan destana, memiliki fungsi yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, hal ini dikarenakan dalam konsep kesiapsiagaan dan penangulangan bencana alam, pemerintah bersama PMI dan BPBD dan para relawan terus berupaya dengan memberikan bantuan kepada warga masyarakat yang mengalami musibah / bencana, karena itu merupakan tugas utama dalam menyelamatkan masyarakat dari musibah bencana.

Kalag BPBD Ir. H, Nurdin dalam pengantar, dengan adanya desa tangguh bencana ini dalam rangka menyikapi kejadian bencana dengan tidak lagi dengan sikap responsive, namun sudah menuju preventif yaitu pengelolaan resiko bencana. Sehingga masyarakatpun harus memiliki peranan dan para pemangku kepentingan sangatlah penting dalam melakukan mitimigasi bencana.

Pembentukan desa tangguh bencana merupakan upaya dalam kelembagaan masyarakat untuk mengurangi resiko bencanan serta sebagai wujud kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi ancaman bencana. Dan kami selaku kalag BPBD Kabupaten Bima selalu berusaha mengimplementasikan penguatan kelembagaan masyarakat tersebut dengan mensinergikan berbagai elemen yaitu pemerintah, masyarakat dan pengusaha agar  bisa terwujud masyarakat desa Dumu dan Desa Kangga yang tanggap, tangkas dan tangguh dalam menghadapi bencana.

Momentum tersebut menyerahkan bingkisan berupa sembako kepada warga masyarakat desa Dumu dan Kangga secara simbolis diterima oleh masing – masing 10 orang warga masyarakat Dumu dan 10 Orang warga masyarakat Kangga. Serta bantuan beras kepada dua desa tersebut masing – masing 1 ton. Bantuan beras ini berasal dari cadangan pangan pemerintah Kabupaten Bima. Bantuan ini langsung diserahkan oleh Bupati Bima Hj. Indah DHamayanti Putri, SE. (Poros06/hum)

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.