--> Wabup Adakan Pertemuan Dengan Tim Sekretariat Wakil Presiden dan World Bank | Poros NTB

Wabup Adakan Pertemuan Dengan Tim Sekretariat Wakil Presiden dan World Bank

SHARE:

Dibaca Normal

Bima, Poros NTB.- Wakil Bupati Bima Dahlan M.Noer menerima dan melakukan pertemuan koordinasi dan Diskusi Bersama  dengan Tim Sekretariat Wakil Presiden dan World Bank Dalam Rangka Program Percepatan Pencegahan Stunting di Kabupaten Bima. Kegiatan tersebut di laksanakan di Ruang Rapat Bupati Bima pada hari Senin ( 9/9). Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Bappeda Kabupaten Bima, Kepala Dinas Kesehatan, Para Kepala OPD terkait, camat, Ketua Tim Sekretariat Wakil Presiden serta Kepala Word Bank. Kedatangan tim ini langsung dipimpin oleh ketuanya yaitu Bapak Drs. H. Adi Suryono, MM serta dari World Bank dipimpin langsung oleh DR. Elfina Kalyadi, P. EXD, serta seluruh tim terdiri dari Mis. Catering, P. EXD, DR. Ariyida Putri Daswati, P. EXD, DR. Lusi Widiasari, P. EX serta Satirawati Puspasari dari World Bank.

Kepala Bappeda Kabupaten Bima Drs. H.Muzakir, M.Sc dalam pengantar penanganan masalah stunting ini merupakan prioritas utama masalah gizi, hal ini dikarnakan kekurangan kekurangan gizi yang sedang menjadi fokus saat ini adalah stunting, atau tinggi badan anak tidak sesuai dengan standar untuk anak seusianya, melainkan lebih rendah.
Stunting biasanya terjadi pada 1.000 hari pertama kehidupan manusia. Namun, hal itu tak menutup kemungkinan bahwa stunting juga dapat terjadi sejak janin dalam kandungan.  Tak Main – main, masalah kekurangan gizi ini adalah masalah yang tergolong serius. “Stunting lebih dari sekadar masalah tinggi badan,” .  hal tersebut dikarenakan stunting akan sangat mengancam intelektualitas anak itu sendiri.

Berkaitan dengan hal tersebut, sebenarnya sudah ada beberapa upaya yang sudah dilakukan untuk memerangi masalah gizi tersebut.

“Buat stunting sendiri sudah ada beberapa upaya yang dilakukan pemerintah, diantaranya ada gerakan ‘Seribu Hari Pertama Kehidupan’. Itu mencakup upaya yang spesifik maupun yang sensitif,” ungkap,nya. 

Menurut Wakil Bupati Bima Dahlan M.Noer mengatakan bahwa penanganan masalah stunting ini telah menjadi perhatian oleh pemerintah, karena itu pemerintah akan focus untuk menurunkanjumlah kasus tersebut. Masalah stunting harus diselesaikan secara terintegrasi dengan lintas sektor. Sementara itu Stunting itu sendiri merupakan sebuah masalah kesehatan di mana seorang bayi atau anak-anak mengalami hambatan dalam pertumbuhan tubuhnya, sehingga gagal memiliki tinggi yang ideal pada usianya. 

Oleh karena itu penanganan masalah stunting ini harus ditangani secara serius dengan cara memberikan pemahaman kepada kita semua terkait dengan gejala yang terjadi pada anak balita tersebut, karena stunting ini merupakan salah satu masalah kesehatan di mana seorang bayi atau anak-anak mengalami hambatan dalam pertumbuhan tubuhnya, sehingga gagal memiliki tinggi yang ideal pada usianya.  

Pemerintah berkomitmen dalam hal penanganan stunting ini sehingga kedepannya para anak / balita tidak akan mengalami kekuarangan gizi 1000 hari pertama melahirkan dan mencegah terjadinya stunting itu sendiri.

Sementara itu menurut  DR. Elfina Kalyadi, P. EXD dari Presiden World Bank menyatakan sangatlah terkesan dengan komitmen pemerintah daerah dalam rangka menyelesaikan masalah anak kerdil ini. Menurutnya masalah stunting bukan hanya masalah anak-anak saja tapi tentang masalah kemampuan daya saing bangsa Indonesia di dunia. Stunting terkait kemampuan bersaing, mempengaruhi produktivitas dan juga pertumbuhan suatu negara, kemampuan belajarnya terhambat sehingga kemampuan mencari pendapatan terhambat," katanya. 

Kami dari "World Bank berkomitmen membantu pemerintah menyelesaikan persoalan stunting ini. World Bank juga akan terus mencari berbagai teknologi dalam mengatasi masalah tersebut dan kami bermaksud menjadikan Indonesia sebagai suatu contoh bagi dunia, bagaimana persoalan semacam ini dapat diatasi,” tegasnya.

Semoga dari pertemuan ini akan melahirkan sebuah gagasan dalam rangka pencegahan masalah stunting ini sehingga kedepannya para anak balita dan generasi muda tidak akan mengalami masalah terkait stunting.

Selanjutnya pada kesempatan ini dilakukan pemaparan yang dilakukan oleh Tim terkait dengan cara mengatasi masalah stunting itu sendiri dan mencari solusi agar masalah ini dapat diselesaikan. (Poros06/hum)

COMMENTS

Nama

#Corona,124,ABRI,1,arena,54,Bandara,7,Bansos,52,Bawaslu,17,bhakti sosial,39,bima,2678,bima iptek,4,bima. Pariwisata,3,Bjayangkari,1,Coro,1,Corona,88,Covid-19,29,Curanmor,3,Daerah,1,Demonstrasi,2,des,1,Desa,53,dompu,134,Editorial,2,ekbis,226,Ekonomi,1,Ekonomi.,4,Eksbis,1,enterpreneur,1,event,1,explore,2,featured,122,Hoax,3,huk,2,hukrim,715,huksrim,3,hukum,1,Humaniora,1,HUT RI,1,inspiratif,1,iptek,30,Keagamaan,15,keamanan,8,kebudayaan,1,Kecelakaan,3,kehilangan,1,kejadian dan peristiwa,2,kemanusiaan,4,kepegawaian,1,kependudukan,12,kepolisian,168,Kesehatan,135,Kesenian,1,ketenagakerjaan,2,Kodim,15,Kominfo,5,Konflik,1,Korupsi,11,kota bima,306,KPU,3,KSB,2,lingkungan,115,lombok,109,Maklumat,2,Mataram,92,miras,1,Narkoba,8,Nasional,15,NTB,1,olahraga,24,Opini,50,Pariwisata,81,Pelayanan Publik,13,pembangunan,25,pembangunan.,2,pemerintahan,796,Pemilu,1,Pemprov,3,Pemprov NTB,143,pendidikan,398,pendidikan.,8,Perbankan,1,Perguruan Tinggi,3,perhubungan,7,perisstiwa,47,peristiwa,468,peristuwa,1,Perjudian,2,persitiwa,6,Pertamina,2,pertanian,40,Peternakan,3,politik,282,Politik.,9,Prahara,12,Prestasi,34,Provinsi,1,puisi,1,regional,5,religi,58,religius,43,Sains,1,SAJAK,1,seni,1,SKCK,1,sosbud,193,Sosial,42,Sosok,6,SUDUT PANDANG,1,sumbawa,21,Tajuk,2,Tekhnologi,2,TKI,5,TNI,1,transportasi,4,travel,5,Tribrata,1,Vaksinasi,25,video,18,warta bawaslu,1,
ltr
item
Poros NTB: Wabup Adakan Pertemuan Dengan Tim Sekretariat Wakil Presiden dan World Bank
Wabup Adakan Pertemuan Dengan Tim Sekretariat Wakil Presiden dan World Bank
https://1.bp.blogspot.com/-06etDSM3p00/XXnLLG3UfeI/AAAAAAAAGhM/StKPMbQn5Z4RN0HBTQqadwTRZTtt4YfngCLcBGAsYHQ/s640/Screenshot_7.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-06etDSM3p00/XXnLLG3UfeI/AAAAAAAAGhM/StKPMbQn5Z4RN0HBTQqadwTRZTtt4YfngCLcBGAsYHQ/s72-c/Screenshot_7.jpg
Poros NTB
https://www.porosntb.com/2019/09/wabup-adakan-pertemuan-dengan-tim.html
https://www.porosntb.com/
https://www.porosntb.com/
https://www.porosntb.com/2019/09/wabup-adakan-pertemuan-dengan-tim.html
true
2479742407306652642
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content