Program PPL KKN Terpadu Sukses, DPL Terus Dievaluasi

Ketua LPPM STKIP Tamsis Bima (tengah) saat foto bersama para dosen


Bima, PorosNTB.com-PPL KKN Terpadu angkatan IV STKIP Taman Siswa Bima telah berakhir September 2019 lalu. Program tersebut dinilai sukses dengan sejumlah indikator yang telah ditentukan oleh LPPM STKIP Tamsis Bima. Untuk meningkatkan capaian pada program berikutnya, dilakukan sejumlah evaluasi terhadap program dan kinerja dosen pembimbing lapangan (DPL).

"Hasil  evaluasi pelaksanaan PPL KKN baru dapat diumumkan lebih dari sebulan setelah kegiatan berakhir. Hal itu dikarenakan keterlambatan laporan dan banyaknya materi yang menjadi bahan evaluasi," ujar Ketua LPPM STKIP Tamsis Bima, Anisah, M.Pd pada media di ruang kerjanya, Senin (11/11/2019).

Diinfokannya, berbagai capaian membanggakan diukir dalam KKN PPL terpadu tahun 2019. Tema literasi dan Sadar lingkungan memberikan warna yang berbeda pada pelaksanaan PPL KKN terpadu kali ini. Selain itu, lanjut Anisah, pihaknya mendapatkan penghargaan dari pemerintah Kabupaten Bima atas keterlibatannya dalam menuntaskan administrasi kependudukan di Kecamatan Woha dan Kecamatan Bolo. Capaian itu juga turut menjadi indikator suksesnya pelaksanaan PPL KKN terpadu angkatan IV tahun ini. 
"Kami LPPM STKIP Taman Siswa Bima mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya  kepada semua pihak yang telah membantu, terlebih-lebih kepada  yayasan, lembaga, ketua STKIP Taman Siswa Bima, kepada dosen-dosen pendamping  mahasiswa di Lapangan. Ucapan terimakasih juga disampaikan kepada seluruh mahasiswa peserta KKN PPL terpadu yang telah menjalankan segala proses dan PPL KKN dengan baik, terlebih-lebih telah menjaga almamater kebanggaan dan meninggalkan kesan positif di masyarakat," ucapnya.

Selain mengevaluasi proses, LPPM bersama dengan Pimpinan STKIP Taman Siswa Bima juga telah  melakukan evaluasi terhadap kinerja Dosen Pendamping Lapangan (DPL). Hal itu dilakukan untuk memberikan apresiasi terhadap DPL yang telah berkinerja baik dan memberikan pembinaan kepada DPL yang belum menunjukkan kinerja maksimal. Setidaknya ada beberapa indicator yang menjadi penilaian dalam menilai kinerja DPL ini yaitu kedisiplinan, kepemimpinan, eksplorasi, capaian posko dan intensitas bimbingan dengan mahasiswa. Kelima indikator tersebut diperkuat dengan hasil wawancara dengan mahasiswa saat Monev di lapangan dan  pengamatan oleh LPPM dan pimpinan selama proses KKN PPL terpadu berlangsung. 

Dari hasil penilaian tersebut terpilih 5 DPL kinerja sangat baik yaitu Subhan, M.Pd.I yang mendampingi di posko Desa Tenga, Muhammad, M.Pd.I.,  mendampingi Posko Piong, Ady Irawan, SH, MH. Pendamping posko Tumpu, Ainun Fitriani, M.Pd dan Rizalul Fiqry DPL di Kelurahan Dara dan terbaik ke lima adalah Sulfahri, M.Pd dan Desy Ningsih K., M.Pd yang mendampingi di Desa Roka. 

Atas hasil tersebut Ketua  STKIP Taman Siswa Bima Dr. Ibnu Khaldun Sudirman, M.Si memberikan penghargaan khusus dan hadiah kepada DPL terbaik tersebut. Selain itu, LPPM sebagai penyelenggara juga turut memberikan piagam penghargaan 

"Terimakasih kepada semua DPL-DPL yang sudah menjalankan tugas dengan baik, hasil evaluasi ini tidak lain sebagai bahan perbaikan untuk pelaksanaan PPL KKN terpadu berikutnya agar bisa mencapai hasil yang jauh lebih baik lagi berikutnya," tutup Ketua LPPM STKIP Tamsis Bima ini, seraya menyampaikan terimakasih. (Poros07)
Labels: ,

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.