--> KPRI TERATAI Gelar RAT Tahun Buku 2019, Terjadi Peningkatan di Segala Sisi | Poros NTB

KPRI TERATAI Gelar RAT Tahun Buku 2019, Terjadi Peningkatan di Segala Sisi

Dibaca Normal
Ketua KPRI TERATAI Masa Bhakti 2017-219 saat menyampaikan laporan pertanggungjawaban pengurus

Bima, porosntb.com.- Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) "TERATAI” Pemkab Bima menggelar Rapat Anggota Tahunan Koperasi Tahun Buku 2019, Kamis (20/2/20) kemarin di Gedung GOR Mini, Rabangodu Utara Kota Bima.

Mengawali pengantarnya, Ketua KPRI TERATAI, Drs. H. Usman H.AR, MH, menyampaikan uacapan terima kasihnya kepada seluruh undangan yang hadir disertai permohonan maaf atas segala kekurangan dan kesalahan dalam pelaksanaan acara terebut.

“Sebagaimana kita maklumi bersama bahwa salah satu kewajiban pengurus yang diamanatkan dalam Anggaran Dasar Koperasi "TERATAI" adalah mengadakan
Rapat Anggota paling sedikit satu kali dalam setahun yang disebut RAT,” kata H. Usman.

Lanjutnya, RAT tersebut dimaknai sebagai salah satu tolok ukur untuk menilai maju-mundurnya koperasi. Dimana, apabila koperasi dapat melaksanakan RAT tepat waktu sesuai ketentuan yang berlaku setelah berakhirnya tahun buku, berarti koperasi terkait dinyatakan sebagai koperasi yang berhasil atau sehat.

Selain itu, mantan Kepala PDAM Bima itu, mengingatkan, bahwa RAT itu digelar bukan semata sebagai bentuk kewajiban pengurus sesuai amanat konstitusi
Organisasi. Melainkan juga sebagai media silaturahim antara anggota dan Pembina dalam rangka mengawal organisasi.

Di usianya yang ke-48 tahun 2020 ini, menurutnya, KPRI TERATAI telahmenunjukan kemajuan. Terutama peningkatan pelayanan kepada anggota, baik
dari aspek pemenuhan kebutuhan yang mendesak maupun kebutuhan peningkatan kesejahteraan lainnya dengan langkah cerdas, aspiratif dan produktif.

Kepada Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Puteri yang tidak sempat hadir sejak awal acara, H. Usman melaporkan, bahwa keberadaan pengurus Koperasi TERATAI pada kesempatan itu adalah atas kepercayaan anggota berdasarkan amanat RAT yang dilaksanakan pada tanggal 19 Pebruari 2016 lalu.

Para undangan yang mengikuti RAT KPRI TERATAI Tahun Buku 2019
“Yang secara aklamasi telah mempercayakan kami untuk mengurus Koperasi "TERATAI" masa bhakti 2017-2019. Oleh karena itu ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada anggota atas kepercayaan ini. semoga dukungan dan kepercayaan rekan-rekan anggota menjadi pemicu kreatifitas dan semangat membangun Koperasi TERATAI,” ujarnya.

Dipaparkan, Visi KPRI TERATAI, adalah terwujudnya Koperasi yang maju dan mandiri sebagai soko guru perekonomian anggota dan masyarakat, yang menurutnya merupakan sebuah cita-cita luhur yang selalu mendorong para pengurus untuk berbuat yang terbaik bagi koperasi yang diaktualisasikan dengan misi mewujudkan pelayanan kepada anggota, mengembangkan usaha pokok dan usaha penunjang, menjalin kerjasama dan kemitraan, meningkatkan manajemen keuangan dan keanggotaan, meningkatkan pendidikan koperasi/kewira usahaan bagi anggota.

“Dimana hal itu diimplementasikan melalui program dan kegiatan dengan slogan Membangun Kesejahteraan Bersama,” ucap H. Usman.

Dirincinya, tugas dan fungsi Koperasi sebagaimana tertuang Anggaran Dasar Koperasi TERATAI adalah melaksanakan kegiatan berupa, menghimpun, mencatat, serta mengamankan Simpanan Anggota dalam bentuk Simpanan Pokok, Simpanan Wajib dan Simpanan Sukarela.

Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri (kedua dari kiri), saat bersanding dengan para pengurus KPRI TERATAI saat menghadiri RAT
Laporan Keuangan, sebagaimana disampaikannya. Total Simpanan Anggota KPRI per 31 Desember 2019, sebesar Rp.5.533.374.464,00. Dimana dana anggota itu ada yang disalurkan dalam bentuk pinjaman kepada Anggota.

“Pinjaman yang diberikan kepada anggota Tahun 2019 sebesar Rp.6.722.000.000,00, sementara realisasi pengembalian pinjaman sebesar Rp.5.834.675.600,00.” Urai H. Usman.

Selain itu, tambahnya, KPRI TERATAI juga melakukan kegiaan usaha sehingga menghasilkan Sisa Hasil Usaha (SHU), yang mana tahun 2019 mencapai Rp.1.006.688.523,00.

“SHU yang mencapai angka satu miliar lebih itu, merupakan hasil nyata yang telah dilaksanakan oleh pengurus Koperasi "TERATAI", yang didapatkan melalui tata kelola organisasi, keanggotaan dan kinerja keuangan yang baik,” ungkapnya.

“Maka sebagai bentuk pertanggung jawaban pengurus kepada anggota koperasi dihadapan Rapat Anggota Tahunan Tahun Buku 2019 ini, kami sampaikan Catatan Strategis kondisi Keanggotaan, kondisi Keuangan dan Hasil Usaha Koperasi TERATAI,” imbuhnya lagi.
Hingga Tanggal 31 Desember 2019 KPRI TERATAi memiliki anggota sebanyak 1.049 orang. Dibandingkan Tahun 2018 sebanyak 1.126 orang.

“Berkurang sebanyak 77 orang yang perinciannya, anggota baru sebanyak 17 orang, anggota keluar sebagai anggota pada tahun 2019 sebanyak 94 orang dan telah diberikan hak-haknya oleh koperasi berupa dana simpanan selama menjadi anggota dengan rata-rata 8 juta sampai 9 juta lebih per anggota sesuai jumlah simpanan yang bersangkutan,” jelas H. Usman.

Sementara itu Total Aktifa akhir tahun 2019, dilaporkan mencapai Rp.10.316.595.433. Dimana dibandingkan dengan posisi akhir tahun 2018 sebesar Rp. 10.060.654.488, terjadi peningkatan. Terutama disebabkan oleh meningkatnya dana cadangan dan sisa hasil usaha tidak dibagi sebagai penambah modal Koperasi.

Untuk pinjaman yang diberikan melalui Unit Usaha Simpan Pinjam per 31 Desember 2019 mencapai Rp.6.722.000.000. Terjadi peningkatan sebesar Rp. 1.526.149.000 atau 22,70 % dibandingkan dengan tahun 2018 senilai Rp. 5.195.851.000.

“Dana tersebut merupakan dana sendiri Koperasi, tanpa pinjaman dari lembaga lain.” Tegasnya.

Sedangkan jumlah angsuran pinjaman anggota per 31 Desember 2019 dilaporkan sebesar Rp. 5.834.675.600, dan aktiva produktif tahun 2019 mencapai Rp. 10.289.055.556. Dibandingkan dengan posisi akhir tahun 2018 sebesar Rp. 10.030.852.111, juga terjadi
peningkatan. Terutama pemberian pinjaman unit simpan pinjam.

Peningkatan ini, dikatakan H. Usman, menunjukkan keberhasilan Koperasi TERATAI dalam
meningkatkan peran intermediasi keuangannya.

Untuk Beban Usaha dan Organisasi juga terjadi peningkatan. Tahun 2019 sebesar Rp. 626.991.491. Dibanding tahun 2018 sebesar Rp. 616.401.443.

“Hal ini disebabkan oleh pembayaran beban insentif bendaharawan gaji dan petugas pembantu penagihan yang diperhitungkan bedasarkan besarnya penerimaan
hasil tagihan pinjaman. Dengan demikian peningkatan volume usaha diikuti pula dengan peningkatan beban usaha,” urainya.

Keberhasilan lain dari kepengurusan KPRI TERATAI ditunjukkan dengan meningkatnya Sisa Hasil Usaha bersih Tahun Buku 2019 sebesar Rp.1.006.688.523 Dibanding tahun 2018 sebesar Rp. 901.727.836. Atau meningkat sebesar 11,68 %.

Perolehan ini menunjukkan bahwa Rasio Rentabilitas koperasi dinilai Baik.

Terkait jumlah modal sendiri koperasi hingga 31 Desember 2019 adalah Sebesar Rp.8.332.502.946, sementara Tahun 2018 sebesar Rp. 8.178.308.956, atau terjadi peningkatan sebesar 18,85 %. Sehingga rasio modal koperasi untukmemenuhi kewajibannya dalam waktu singkat/jangka pendek dengan perbandingan antara harta lancar dengan utang / kewajiban lancar tahun 2019 dinilai sangat baik.
.
Demikian juga kemampuan koperasi dalam memenuhi kewajibannya dalam waktu jangka panjang yaitu perbandingan antara seluruh harta dan utang tahun 2019 juga dinilai sangat baik.

“Dalam merespon harapan dan usulan anggota selalu diakomodir sesuai dengan kemampuan anggaran koperasi Alhamdullilah pada saat hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah, Pengurus Koperasi "TERATAI" telah mengadakan Paket Lebaran bagi Anggota senilai Rp.159.830.000, pemberian door prize pada Saat RAT, pemberian pengganti transpotasi saat RAT setiap tahun dilayani.

Semuanya itu adalah upaya minimal yang dapat dilayani oleh kamipengurus untuk mewujudkan kesejahteraan anggota,” pungkas H. Usman mengakhiri pengantarnya.

Sementara itu, memanfaatkan waktu luangnya di sela-sela padatnya agenda Kunjungan Kerjanya, Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri yang menyempatkan hadir, mengawali sambutannya dengan guyonan yang membuat gelak tawa peserta RAT.

“Kita hadir, bukan mengharapkan SHU, tapi merupakan kewajiban,” ujarnya disambut tawa ribuan undangan.

Kata dia, sudah banyak keberhasilan atau pencapaian yang ditunjukkan lewat kinerja para pengurus. “Saya nilai, KPRI TERATAI kian sehat. Dalam setiap pembahasan, berapa besar kredit macet dan hasilnya mendapat tanggapan semua anggota. Kita harapkan kebersamaan untuk setiap anggota,” kata bupati yang akrab disapa Umi Dinda itu.

Dalam RAT kali ini, KPRI TERATAI juga mengagendakan pemilihan pengurus baru, karena masa bhakti pengurus lama yang sudah berakhir Tahun 2019 kemarin.

Menyinggung hal itu, bupati berpesan agar menunjuk pengurus yang secara personal memiliki pengalaman dalam berorganisasi, serta berintegritas.

Bupati juga menghimbau, agar aset koperasi yang dimiliki agar dijaga dan dipelihara dengam dengan baik. “Mohon maaf, saya tidak bisa berlama-lama, karena saya harus segera berangkat ke Kecamatan Sanggar untuk melakukan kunjungan kerja,” tutupnya, setelah sempat mengambil nomor undian Door Prize untuk anggota yang memendapatkan satu buah mesin cuci. 

Adapun hasil pemilihan pengurus KPRI TERATAI Pemkab Bima yang dipilih secara formatur, adalah : Ketua, H. Abdul Wahab Usman, SH, Wakil Ketua, Drs. Ishaka, Sekretaris, Drs. Ishaka, dan Bendahara, Hj. Suharti atau akrab disapa Umi Titin. (ADV)

Penulis/Editor : Aden

COMMENTS

BLOGGER: 1
  1. Apakah Anda mengalami kesulitan keuangan atau Anda ingin memenuhi impian Anda dengan dana?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi tagihan Anda, Memulai atau memperluas bisnis Anda?
    Apakah Anda mengalami kesulitan dalam memperoleh pinjaman dari Pemberi Pinjaman keras atau Bank karena tingginya biaya / persyaratan pinjaman?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk alasan yang sah?
    Maka khawatir kami datang untuk menawarkan pinjaman kepada pelamar yang tertarik baik lokal maupun luar negeri tidak peduli jenis kelamin atau lokasi tetapi usia harus 18 tahun ke atas.
    Kembali ke kami untuk negosiasi jumlah yang Anda butuhkan akan menjadi keputusan yang bijaksana.
    JENIS PINJAMAN KAMI
    Pinjaman ini dibuat untuk membantu klien kami secara finansial, dengan tujuan mengurangi beban keuangan. Untuk alasan apa pun, pelanggan dapat menemukan rencana pinjaman yang sesuai dari perusahaan kami yang memenuhi persyaratan keuangan.

    Data pemohon:
    1) Nama Lengkap:
    2) Negara
    3) Alamat:
    4) Seks:
    5) Bekerja:
    6) Nomor Telepon:
    7) Posisi saat ini di tempat kerja:
    8 Penghasilan bulanan:
    9) Jumlah pinjaman yang dibutuhkan:
    10) Periode pinjaman:
    11) Apakah Anda mendaftar sebelumnya:
    12) Tanggal Lahir:
    Hubungi perusahaan pinjaman Gloria S melalui email:
    {gloriasloancompany@gmail.com} atau
    Nomor WhatsApp: +1 (815) 427-9002
    Salam Hormat

    BalasHapus

Nama

#Corona,124,arena,40,Bandara,7,Bansos,42,Bawaslu,17,bhakti sosial,29,bima,2375,bima iptek,4,Bima Pemerintah,81,Bima Pemerintahan,47,Bima: Pemerintah,5,bima. Pariwisata,3,Bjayangkari,1,Coro,1,Corona,87,Covid-19,29,Curanmor,3,Daerah,1,Demonstrasi,2,des,1,Desa,53,dompu,134,Editorial,2,ekbis,206,Ekonomi,1,Ekonomi.,4,enterpreneur,1,event,1,explore,2,featured,93,Hoax,1,huk,2,hukrim,638,huksrim,3,hukum,1,Humaniora,1,HUT RI,1,inspiratif,1,iptek,29,Keagamaan,15,keamanan,7,kebudayaan,1,Kecelakaan,2,kejadian dan peristiwa,2,kemanusiaan,4,kepegawaian,1,kependudukan,10,kepolisian,87,Kesehatan,126,Kesenian,1,ketenagakerjaan,2,Kodim,15,Kominfo,5,Konflik,1,Korupsi,11,kota bima,153,KPU,3,KSB,2,lingkungan,102,lombok,109,Mataram,80,miras,1,Narkoba,8,Nasional,9,NTB,1,olahraga,24,Opini,49,Pariwisata,81,Pelayanan Publik,13,pembangunan,22,pembangunan.,2,pemerintah,37,Pemerintah.,1,pemerintahan,448,Pemerintahan.,6,Pemprov,3,Pemprov NTB,143,pendidikan,368,pendidikan.,8,Perbankan,1,Perguruan Tinggi,3,perhubungan,7,perisstiwa,45,peristiwa,403,peristuwa,1,Perjudian,2,persitiwa,6,Pertamina,2,pertanian,34,Peternakan,3,politik,272,Politik.,9,Prahara,12,Prestasi,22,Provinsi,1,puisi,1,regional,3,religi,32,religius,42,Sains,1,SAJAK,1,seni,1,SKCK,1,sosbud,191,Sosial,42,Sosok,2,SUDUT PANDANG,1,sumbawa,20,Tajuk,2,Tekhnologi,2,TKI,5,TNI,1,transportasi,3,travel,5,Tribrata,1,Vaksinasi,2,video,16,
ltr
item
Poros NTB: KPRI TERATAI Gelar RAT Tahun Buku 2019, Terjadi Peningkatan di Segala Sisi
KPRI TERATAI Gelar RAT Tahun Buku 2019, Terjadi Peningkatan di Segala Sisi
https://1.bp.blogspot.com/-tZ6gY2G8h2A/Xk8XCfS3_lI/AAAAAAAAB1g/c-qE_gHafzMrZ7ZaKh03a-20Fav_a5RmwCLcBGAsYHQ/s640/Screenshot_3.png
https://1.bp.blogspot.com/-tZ6gY2G8h2A/Xk8XCfS3_lI/AAAAAAAAB1g/c-qE_gHafzMrZ7ZaKh03a-20Fav_a5RmwCLcBGAsYHQ/s72-c/Screenshot_3.png
Poros NTB
https://www.porosntb.com/2020/02/kpri-teratai-gelar-rat-tahun-buku-2019.html
https://www.porosntb.com/
https://www.porosntb.com/
https://www.porosntb.com/2020/02/kpri-teratai-gelar-rat-tahun-buku-2019.html
true
2479742407306652642
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content