--> Webinar "Developing Confidence Through Public Speaking" Sukses Digelar | Poros NTB

Webinar "Developing Confidence Through Public Speaking" Sukses Digelar

Views

Beginilah suasana Web seminar yang digelar STKIP Tamsis Bima

Bima, porosntb.com – Sukses menggelar kegiatan web seminar (Webinar) pertama pada 22 April 2020 lalu, membuat jajaran STKIP Tamsis kembali menggelar kegiatan serupa untuk kedua kalinya. Tak butuh waktu lama, Kantor Urusan Internasional (KUI) STKIP Tamsis Bima langsung menggelar kegiatan jilid dua dengan mengundang dua pemateri Alumni Pascasarjana National Chung Cheng University Taiwan dan Universitas Adelaide Inggris, Sabtu (25/4/20).

Web seminar bertema Developing Confidence Through Public Speaking itu, kembali mendulang sukses. Puluhan mahasiswa dan dosen turut mengikuti kegiatan online berlevel internasional itu.

Kepala KUI STKIP Tamsis Bima, Ramli, M.Pd mengatakan, Webinar jilid dua membahas Public Speaking Skill for Personality and Leadership Development. Kegiatan yang mengotimalkan jaringan pada masa pandemi Covid-19 tersebut juga diikuti mahasiswa dan dosen dari NTB dan Sulawesi.

“Dua pembicara kali ini adalah alumni Universitas Adelaide (Inggris) yaitu Andi Miftahul Maulidil Mursyid dan dari National Chung Cheng University (Taiwan) yaitu Mutia Mutmainnah Darmuh yang sedang berada dinegeri TAIWAN. Kami (KUI, red) langsung menghubungi Mutia Mutmainah Darmuh yang kini sedang berada di Taiwan. Oh ya, Andi Miftahul Maulidil Mursyid dulu pernah menjadi President Perhimpunan Pelajar Indonesia Australia the University of Adelaide periode 2018-2019,” tutur Ramli menjelaskan riwayat pemateri.

Meski awalnya hanya diperuntukkan pada mahasiswa, namun tidak sedikit juga kalangan dosen yang turut nimbrung pada seminar online tersebut. Tingginya respon dari peserta ini dinilai Ramli karena materi yang dishare sangat bagus, dan berguna jika ingin melanjutkan kulaih keluar negeri.

“Materi kali ini agak sedikit padat. Sengaja panitia setting karena bertepatan dengan moment hari Kartini. Itulah kenapa salah satu pemateri perempuan diminta untuk menjelaskan juga tentang urgensi perempuan dalam menuntut ilmu. Serta porsi-porsi perempuan dalam pengembangan karier baik dalam maupun luar negeri," terangnya.

Disamping itu sambung Ramli, Mumu (sapaan akrab Mutia Mutmainnah Darmuh) juga menjelaskan pentingnya menjadi perempuan yang berkualitas dan berkontribusi untuk peradaban negeri tanpa melupakan kodratnya. Contohnya dalam hal pengembangan public speaking, serta management leadership pemimpin perempuan di era 4.0. 

"Salah satu contoh dirinya yang sedang beraktivitas banyak di Taiwan diantaranya bergabung dengan beberapa organisasi-organisasi, salah satunya PPI Taiwan,” jelas dosen yang juga Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris itu.

Pemateri yang lain, Muldi (Andi Miftahul Maulidil Mursyid) sekarang sedang mengabdi di salah satu universitas di Makassar. Muldi berbagi tentang kesiapan, serta persiapan yang harus segera dilakukan untuk menjemput beasiswa luar negeri. Di sesi akhir dibahas terkait persiapan seleksi tahap awal penerimaan beasiswa serta potensi yang harus dimaksimalkan oleh mahasiswa yang bukan latar belakang Bahasa Inggris.

“Moderator Webinar kali ini sama dengan yang sebelumnya, yaitu dosen milenial, Mulyadi S.Or.,M.Pd. Kegiatan positif seperti ini harus terus dilakukan untuk mengawal work from home dengan baik. Agar produktivitas informasi tetap terjaga serta mahasiswa akan lebih dekat dengan mimpi dan cita-cita. Disamping juga peluang daerah Bima khususnya NTB lebih besar, jadi jika tidak dimanfaatkan maka peluang tersebut akan sia-sia. Insya Allah kegiatan ini akan menjadi agenda rutin Kantor Urusan Internasional STKIP Taman Siswa Bima,” tutup dosen yang akrab disapa Mr. Leo ini.

Dibantu Mr. Leo, media ini berusaha untuk meminta respon dari salah satu peserta terkait kegiatan tersebut. Suryani Jihad M.Pd., salah seorang dosen tetap di Institut Parahikma Indonesia (IPI) Gowa, mengaku menemukan kegiatan tanpa melalui status media sosial rekan kerjanya. Mendapatkan informasi mengenai kegiatan Webinar tersebut dirinya mengaku sangat berminat untuk berpasrtisipasi.

“Saat saya mengikuti kegiatan Webinar yang diadakan dua kali dalam seminggu kemarin, Alhamdulillah luar biasa sekali dengan pembicara-pembicara yang dihadirkan. Sistemnya yang sangat terstruktur, dan tentunya motivasi-motivasi untuk mahasiswa utamanya untuk go abroad. Insya Allah setelah mendengar penjelasan para pemateri yang disempurnakan moderatornya, saya yakin peserta yang ikut dan utamanya mahasiswa dapat terbakar semangatnya melalui Webinar yang dilaksanakan. Harapan saya tetap berjaya STKIP Taman Siswa Bima agar menghasilkan jebolan-jebolah yang nantinya dapat membanggakan nusa dan bangsa, dan pastinya senantiasa ditunggu event selanjutnya,” ungkap Suryani Jihad. (*)

Penulis Humas STKIP Tamsis Bima
Editor Edo

COMMENTS

Nama

#Corona,121,arena,36,Bandara,7,Bansos,26,Bawaslu,13,bhakti sosial,20,bima,2143,bima iptek,4,Bima Pemerintah,81,Bima Pemerintahan,47,Bima: Pemerintah,5,bima. Pariwisata,3,Coro,1,Corona,57,Covid-19,23,Curanmor,3,Demonstrasi,2,des,1,Desa,53,dompu,88,Editorial,2,ekbis,198,Ekonomi,1,Ekonomi.,4,enterpreneur,1,explore,2,featured,89,hukrim,498,huksrim,3,hukum,1,Humaniora,1,HUT RI,1,iptek,24,Keagamaan,15,keamanan,7,kebudayaan,1,Kecelakaan,1,kemanusiaan,4,kepegawaian,1,kependudukan,10,kepolisian,7,Kesehatan,116,Kesenian,1,ketenagakerjaan,2,Kodim,14,Konflik,1,Korupsi,11,kota bima,120,KPU,3,KSB,2,lingkungan,95,lombok,106,Mataram,57,miras,1,Narkoba,7,Nasional,5,NTB,1,olahraga,24,Opini,49,Pariwisata,79,pembangunan,22,pembangunan.,2,pemerintah,37,Pemerintah.,1,pemerintahan,424,Pemerintahan.,5,Pemprov,3,Pemprov NTB,143,pendidikan,352,pendidikan.,8,Perbankan,1,Perguruan Tinggi,3,perhubungan,7,perisstiwa,41,peristiwa,331,Perjudian,2,persitiwa,6,Pertamina,2,pertanian,34,Peternakan,3,politik,232,Politik.,9,Prahara,12,Prestasi,20,Provinsi,1,puisi,1,regional,2,religi,14,religius,41,SAJAK,1,seni,1,SKCK,1,sosbud,184,Sosial,41,Sosok,1,SUDUT PANDANG,1,sumbawa,20,Tajuk,2,Tekhnologi,2,TKI,5,transportasi,2,travel,5,video,5,
ltr
item
Poros NTB: Webinar "Developing Confidence Through Public Speaking" Sukses Digelar
Webinar "Developing Confidence Through Public Speaking" Sukses Digelar
https://1.bp.blogspot.com/-qwE7AGpIZQU/XqZUHmil1UI/AAAAAAAAH7s/eQBJifd-fEY_MuUYgHu14ER_ZdwVyj54QCLcBGAsYHQ/s640/0_IMG-20200426-WA0014.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-qwE7AGpIZQU/XqZUHmil1UI/AAAAAAAAH7s/eQBJifd-fEY_MuUYgHu14ER_ZdwVyj54QCLcBGAsYHQ/s72-c/0_IMG-20200426-WA0014.jpg
Poros NTB
https://www.porosntb.com/2020/04/webinar-developing-confidence-through.html
https://www.porosntb.com/
https://www.porosntb.com/
https://www.porosntb.com/2020/04/webinar-developing-confidence-through.html
true
2479742407306652642
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content