--> Mahfud MD : Gubernur NTB sudah Tunjukkan Cara sebenarnya Tangani Covid-19 | Poros NTB

Mahfud MD : Gubernur NTB sudah Tunjukkan Cara sebenarnya Tangani Covid-19

Views
Dibaca Normal


Mataram, porosntb.com.- Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Prof. Dr. H.Mahfud MD menyatakan Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah sudah menunjukan cara yang sebenarnya mengatasi Pandemi covid 19 dan bersamaan dengan penanganan dampak sosial ekonomi yang ditimbulkannya. 

"NTB telah mendahuluinya sebelum Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 82 Tahun 2020 tentang pembentukan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi ini ditetapkan oleh Presiden. Dengan satu keyakinan bahwa Pandemi Covid-19 tidak boleh menghambat pertumbuhan ekonomi tapi justru menjadi blessing in disguise (berkah yang terselubung)," tegas Mahfud MD saat menggelar  press Conference didampingi Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, Wakapolri, Kasum Mabes TNI, Anggota DPD  RI, di ruang rapat utama kantor Gubernur NTB di Mataram, Selasa (21/07-2020).
Mantan Ketua MK yang akrab disapa Mahfud MD itu menilai kebijakan menghidupkan ekonomi masyarakat dari bawah sudah sangat tepat. NTB menjadi daerah pertama di Indonesia yang menggunakan produk-produk lokal sebagai item bantuan sosial yang diberikan kepada masyarakat terdampak Covid-19. Sehingga mampu menggairahkan roda perekonomian masyarakat, terutama bagi UKM-UKM dan kelompok-kelompok usaha lokal di seluruh pelosok NTB.
Ia menyebut, kalau dulunya rakyat  selalu tidak bisa menghidupkan ekonominya sendiri, karena  dihambat oleh para konglomerat dengan kekuatan-kekuatan modal yang besar. Maka sekarang dihidupkan ekonomi masyarakat dari bawah dengan anggaran yang tersedia.
"Nah, seperti itu sebenarnya semangat kita yang baru. Pandemi Covid-19 ini harus dilawan dan ekonomi harus tumbuh. Kalau bisa kita jadikan Covid-19 sebagai berkah  untuk menumbuhkan ekonomi masyarakat dan daerah," tegasnya.
Seperti diketahui bahwa paket bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) Gemilang yang diluncurkan pemerintah Provinsi NTB, selain bertujuan untuk pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat terdampak Covid 19, juga untuk menghidupkan aktivitas ekonomi masyarakat,  agar IKM/UKM lokal tetap berproduksi. Bahkan Presiden Joko Widodo menilai Provinsi NTB  layak dijadikan sebagai daerah rujukan bagi daerah-daerah lain di Indonesia untuk memulihkan  ekonomi dengan memanfaatkan produk-produk lokal ditengah pandemi Covid-19 saat ini.
Mahfud MD juga meminta kepada masyarakat bahwa pandemi Covid-19 dapat diterima sebagai kenyataan yang tidak terhindarkan dari kehidupan masyarakat saat ini. Pada waktu yang bersamaan pemerintah juga memiliki tekad kuat untuk menyesuaikan diri dengan cara ekonomi harus bergerak meski dibalik fakta Covid-19 masih sedang mewabah. 
"Covid-19 ada bersama kita dan sedang membayang-bayangi kehidupan kita. Disisi lain, ekonomi harus dipulihkan, jangan sampai lumpuh hanya karena Pandemi Covid-19," katanya.
Senada dengan itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menjelaskan, jika melihat  keputusan Presiden di atas, terdapat dua isu yang menjadi atensi pemerintah yaitu, isu penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi. Pandemi Covid-19 ini  awalnya menyisakan krisis kesehatan yang kemudian menelan korban yang banyak. Kemudian dalam perjalanan lebih lanjut, ada efek domino dari krisis kesehatan menjadi masalah krisis ekonomi dan keuangan bahkan krisis sosial. 
"Melihat krisis kesehatan dan krisis ekonomi ini tidak bisa dipisahkan. Bukan hanya menyelamatkan salah satu bidang saja tapi semua sektor harus diselamatkan," jelas mantan Kapolri itu.
Selain itu, ia menjelaskan bahwa salah satu faktor dibentuknya komite penanganan Covid-19 dan pemuliham ekonomi adalah untuk mempercepat pemulihan ekonomi yang terdampak. Salah satu programnya komite diantaranya,  Ada paket stimulus yang dilakukan oleh pemerintah yang jumlahnya cukup besar sampai ratusan triliun. Paket stimulus ini untuk menghidupkan ekonomi baik yang skala besar,  menengah maupun skala kecil. Paket stimulus ini ada dalam bentuk insentif kebijakan maupun dalam bentuk bantuan tunai. 
"Selama ini juga banyak stimulus ekonomi dilakukan tapi ini kan dijadikan satu paket dengan penanganan kesehatan sehingga dua-duanya berjalan paralel," tutupnya.
Selain Menko Polhukam dan Mendagri, dalam kunjungi kerja di NTB tersebut, juga dihadiri oleh pejabat tinggi negara yaitu Kepala Staf Umum TNI, Letnan Jenderal TNI Joni Supriyanto, Wakapolri, Komjen Gatot Eddy Pramono dan Wakil Ketua DPD RI, Nono Sampono. Kunjungan kali ini, dalam rangka mensukseskan  Pilkada Serentak 2020, Pendisiplinan Masyarakat Taat Protokol Kesehatan Covid-19 dan Terlaksananya Program Objek Vital Nasional di NTB.
Sumber Kominfostik NTB

COMMENTS

Nama

#Corona,123,arena,36,Bandara,7,Bansos,35,Bawaslu,17,bhakti sosial,22,bima,2247,bima iptek,4,Bima Pemerintah,81,Bima Pemerintahan,47,Bima: Pemerintah,5,bima. Pariwisata,3,Coro,1,Corona,71,Covid-19,25,Curanmor,3,Demonstrasi,2,des,1,Desa,53,dompu,113,Editorial,2,ekbis,203,Ekonomi,1,Ekonomi.,4,enterpreneur,1,event,1,explore,2,featured,91,Hoax,1,huk,1,hukrim,571,huksrim,3,hukum,1,Humaniora,1,HUT RI,1,iptek,26,Keagamaan,15,keamanan,7,kebudayaan,1,Kecelakaan,1,kejadian dan peristiwa,2,kemanusiaan,4,kepegawaian,1,kependudukan,10,kepolisian,33,Kesehatan,121,Kesenian,1,ketenagakerjaan,2,Kodim,15,Konflik,1,Korupsi,11,kota bima,134,KPU,3,KSB,2,lingkungan,98,lombok,107,Mataram,72,miras,1,Narkoba,7,Nasional,6,NTB,1,olahraga,24,Opini,49,Pariwisata,80,Pelayanan Publik,10,pembangunan,22,pembangunan.,2,pemerintah,37,Pemerintah.,1,pemerintahan,433,Pemerintahan.,5,Pemprov,3,Pemprov NTB,143,pendidikan,357,pendidikan.,8,Perbankan,1,Perguruan Tinggi,3,perhubungan,7,perisstiwa,44,peristiwa,358,Perjudian,2,persitiwa,6,Pertamina,2,pertanian,34,Peternakan,3,politik,260,Politik.,9,Prahara,12,Prestasi,21,Provinsi,1,puisi,1,regional,3,religi,23,religius,41,Sains,1,SAJAK,1,seni,1,SKCK,1,sosbud,190,Sosial,42,Sosok,1,SUDUT PANDANG,1,sumbawa,20,Tajuk,2,Tekhnologi,2,TKI,5,TNI,1,transportasi,2,travel,5,video,5,
ltr
item
Poros NTB: Mahfud MD : Gubernur NTB sudah Tunjukkan Cara sebenarnya Tangani Covid-19
Mahfud MD : Gubernur NTB sudah Tunjukkan Cara sebenarnya Tangani Covid-19
https://1.bp.blogspot.com/-hPyFZGPGN6k/XxePIRWcPhI/AAAAAAAAI24/hid0IB8scY4voEj9WZ81Bk0puK3X_rRugCLcBGAsYHQ/s320/Screenshot_11.png
https://1.bp.blogspot.com/-hPyFZGPGN6k/XxePIRWcPhI/AAAAAAAAI24/hid0IB8scY4voEj9WZ81Bk0puK3X_rRugCLcBGAsYHQ/s72-c/Screenshot_11.png
Poros NTB
https://www.porosntb.com/2020/07/mahfud-md-gubernur-ntb-sudah-tunjukkan.html
https://www.porosntb.com/
https://www.porosntb.com/
https://www.porosntb.com/2020/07/mahfud-md-gubernur-ntb-sudah-tunjukkan.html
true
2479742407306652642
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content