--> Anggota Keluarga Menuntut Makam Jenazah yang Dimakamkan Sesuai Protokol Covid-19 untuk Dibongkar | Poros NTB

Anggota Keluarga Menuntut Makam Jenazah yang Dimakamkan Sesuai Protokol Covid-19 untuk Dibongkar

SHARE:

Dibaca Normal
Suasana pertemuan pembahasan terkait adanya sebagian anggota keluarga almarhum yang meminta makamnya dibongkar
Bima, porosntb.com.- Sebagian anggota keluarga dari Almarhum Mustakim Ibrahim, warga Kecamatan Monta yang meninggal dan dikebumikan dengan mengikuti protokol Covid-19, menuntut makam almarhum untuk dibongkar agar dimakamkan kembali sesuai dengan syariat islam.

Untuk informasi, sebelum meninggal, almarhum dinyatakan reaktif saat menjalani rapid test. Sayangnya, almarhum menghembuskan nafas terakhirnya sebelum hasil swab keluar. Almarhumpun kemudian dikebumikan sesuai protokol. Namun setelah hasil swab keluar. Ternyata almarhum dikonfirmasi negatif.

Karena itu beberapa anggota keluarga meminta makam terkait untuk dibongkar.

Tuntutan beberapa anggota keluarga inipun kemudian dibahas bersama di Puskesmas Monta, Jum'at (14/8) Pukul 15.30 Wita sore tadi dengan melibatkan Camat Monta, Drs. Nurdin, Kapolsek Monta, IPTU Takim, Danramil 1608-07 Monta yang diwakili oleh PELDA Abdollah, Ketua MUI Monta, H. Muhammad Said Hasan, Kepala Puskesmas Monta, dr. Hj. Wahyuni, Kepala Desa Tangga Jubair H. Abdollah, SH, BKTM Desa Tangga, Brigadir Syamsurizal.


Sementara pihak keluarga almarhum diwakili oleh anak kandungnya, Fatimah.

Kepala Puskesmas Monta, Hj. Wahyuni, menyampaikan, bahwa Almarhum dirujuk ke RSUD Bima karena gejala stroke. Namun persyaratan rujuk harus Rapid Tes sehingga Almarhum dirapid Tes di Puskesmas Monta dengan hasil Reaktif (3 garis).

“Almarhum meninggal dunia dalam perawatan intensif di RSUD Bima,” tutur Hj. Wahyuni.

Lanjutnya, setelah almarhum meninggal dunia, pihak RSUD Bima sudah menyarankan kepada pihak keluarga agar almarhum dimakamkan sesuai protokol Covid-19 dan pihak keluarga Almarhum yang ada di rumah sakit saat itu sudah menerima dan menyetujui.

“Prosesi pemakaman Almarhum dilakukan sesuai protokol Covid-19 berdasarkan hasil Rapid Tes Reaktif. Karena dalam aturan yang ada bahwa pasien yang Reaktif Covid-19 apabila meninggal dunia harus dimakamkan sesuai protokol Covid-19.” Papar Hj. Wahyuni.

Setelah hasil Swab Almarhum keluar, yaitu negatif, pihak keluarga almarhum menghubungi Kepala Puskesmas Monta dan meminta agar makam Almarhum dibongkar dan dimakamkan ulang sesuai syariat islam.

Hal senada juga dikatakan Camat Monta, bahwa pihak keluarga Almarhum sudah menanda tangani surat persetujuan bahwa Almarhum dimakamkan sesuai protokol Covid-19.

Sementara Kepala Desa Tangga, menuturkan, hasil koordinasinya dengan pihak keluarga, memang ada anggota keluarga yang merasa keberatan dan kecewa dengan prosesi pemakaman Almarhum.

Permintaan untuk membongkar makam korban itu, lanjut Kades hanya sebagai bentuk rasa kekecewaan.

“Namun saat ini pihak keluarga dari Almarhum sudah bisa menerima dengan ikhlas dan tidak menginginkan makam Almarhum dibongkar kembali.” Jelas Kades.

“Kami sangat memahami bahwa pihak Puskesmas Monta maupun RSUD Bima sudah menjalankan tugas sesuai prosedur yang ada.” Imbuhnya lagi.

Fatimah sendiri, selaku anak kandung Almarhum tegas menyatakan, sudah bisa menerima dengan ikhlas atas prosesi pemakaman Almarhum bapaknya.

“Memang benar ada dari pihak keluarga kami yang mengusulkan makam Almarhum di bongkar, namun itu hanya sebatas omongan dari menantu Almarhum, bukan dari anak kandung Almarhum, dan kami sebagai anak kandung Almarhum tidak mau mengikuti omongan dari orang tersebut,” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kapolsek Monta IPTU Takim, menyampaikan, sebelumnya, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Muspika Kecamatan Monta. Terkait adanya informasi dari Kepala Puskesmas Monta bahwa ada ahli waris Almarhum yang menginginkan makam Almarhum dibongkar, karena hasil Swab NEGATIF

“Karena itulah kita semua bisa berkumpul untuk membahas masalah tersebut,” Ujar Kapolsek.

Berdasarkan hasil pertemuan tersebut, akhirnya dinyatakan, keluarga dan ahli waris dari Almarhum sudah menerima dengan ikhlas prosesi pemakaman Almarhum yang dilakukan sesuai protokol Covid-19 dan tidak menginginkan makam Almarhum dibongkar.

Penulis : Teddy Kuswara

COMMENTS

Nama

#Corona,124,ABRI,1,arena,54,Bandara,7,Bansos,52,Bawaslu,17,bhakti sosial,39,bima,2678,bima iptek,4,bima. Pariwisata,3,Bjayangkari,1,Coro,1,Corona,88,Covid-19,29,Curanmor,3,Daerah,1,Demonstrasi,2,des,1,Desa,53,dompu,134,Editorial,2,ekbis,226,Ekonomi,1,Ekonomi.,4,Eksbis,1,enterpreneur,1,event,1,explore,2,featured,122,Hoax,3,huk,2,hukrim,715,huksrim,3,hukum,1,Humaniora,1,HUT RI,1,inspiratif,1,iptek,30,Keagamaan,15,keamanan,8,kebudayaan,1,Kecelakaan,3,kehilangan,1,kejadian dan peristiwa,2,kemanusiaan,4,kepegawaian,1,kependudukan,12,kepolisian,168,Kesehatan,135,Kesenian,1,ketenagakerjaan,2,Kodim,15,Kominfo,5,Konflik,1,Korupsi,11,kota bima,306,KPU,3,KSB,2,lingkungan,115,lombok,109,Maklumat,2,Mataram,92,miras,1,Narkoba,8,Nasional,15,NTB,1,olahraga,24,Opini,50,Pariwisata,81,Pelayanan Publik,13,pembangunan,25,pembangunan.,2,pemerintahan,796,Pemilu,1,Pemprov,3,Pemprov NTB,143,pendidikan,398,pendidikan.,8,Perbankan,1,Perguruan Tinggi,3,perhubungan,7,perisstiwa,47,peristiwa,468,peristuwa,1,Perjudian,2,persitiwa,6,Pertamina,2,pertanian,40,Peternakan,3,politik,282,Politik.,9,Prahara,12,Prestasi,34,Provinsi,1,puisi,1,regional,5,religi,58,religius,43,Sains,1,SAJAK,1,seni,1,SKCK,1,sosbud,193,Sosial,42,Sosok,6,SUDUT PANDANG,1,sumbawa,21,Tajuk,2,Tekhnologi,2,TKI,5,TNI,1,transportasi,4,travel,5,Tribrata,1,Vaksinasi,25,video,18,warta bawaslu,1,
ltr
item
Poros NTB: Anggota Keluarga Menuntut Makam Jenazah yang Dimakamkan Sesuai Protokol Covid-19 untuk Dibongkar
Anggota Keluarga Menuntut Makam Jenazah yang Dimakamkan Sesuai Protokol Covid-19 untuk Dibongkar
https://1.bp.blogspot.com/-0eUTgNXIuwQ/XzZrLkp4NFI/AAAAAAAAJNI/JQ13GhU4E3s5KmchMhoYdoUG8iQQCkQNgCLcBGAsYHQ/s640/Screenshot_1.png
https://1.bp.blogspot.com/-0eUTgNXIuwQ/XzZrLkp4NFI/AAAAAAAAJNI/JQ13GhU4E3s5KmchMhoYdoUG8iQQCkQNgCLcBGAsYHQ/s72-c/Screenshot_1.png
Poros NTB
https://www.porosntb.com/2020/08/anggota-keluarga-menuntut-makam-jenazah.html
https://www.porosntb.com/
https://www.porosntb.com/
https://www.porosntb.com/2020/08/anggota-keluarga-menuntut-makam-jenazah.html
true
2479742407306652642
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content