--> Berkat Upaya Mediasi Polsek Donggo, Kantor Desa Bumi Pajo yang Hampir Sebulan Disegel Kembali Dibuka | Poros NTB

Berkat Upaya Mediasi Polsek Donggo, Kantor Desa Bumi Pajo yang Hampir Sebulan Disegel Kembali Dibuka

Views
Detik-detik Kantor Desa Bumi Pajo Kecamatan Donggo yang disegel, kembali dibuka
Bima, porosntb.com.- Setelah hampir sebulan lamanya, tepatnya sejak Tanggal 30 Juli lalu. Kantor Desa Bumi Pajo Kecamatan Donggo Kabupaten Bima yang disegel massa aksi yang tergabung dalam Aliansi Barisan Muda Bumi Pajo (ABMBP), akhirnya kembali dibuka Senin (24/8) kemarin.

Penyegelan berkepanjangan ini nyaris melumpuhkan aktivitas pelayanan publik di desa tersebut.

Untungnya upaya pihak Kepolisian Sektor Donggo untuk menyatukan persepsi antara Pihak Pemdes setempat dengan ABMBP membuahkan hasil.

Pelaksana Harian (PLH) Kapolsek Donggo, Ipda Sukardin, SH, yang baru ditempatkan 2 minggu ini, dari awal penempatannya sudah menjadikan masalah penyegelan kantor ini sebagai atensi utama.

Karena itu kata, Sukardin, yang juga (Kepala Bagian Operasional) KBO aktif Sat Intelkam Polres Bima Ini berpacu dengan waktu untuk menyelesaikan “perselisihan” antara Pemdes setempat dengan massa terkait.

Jadilah, Pukul 10.20 Wita kemarin, Sukardin, beserta anggota yang tiba di depan Kantor Desa Bumi berhasil mempertemukan Korlap aksi, Fendi dengan Kepala Desa Bumi Guna, Tasrif Damara, untuk duduk bersama-sama melakukan audiensi mencarikan solusi agar kantor Desa yang disegel segera dibuka bersama.

Penyegelan kantor Desapun dibuka secara bersama-sama oleh pihak Kepolisian, pemerintah Desa, Pol PP Camat Donggo, Toga, Toma, Toda dan Aliansi Barisan Muda Bumi Pajo, Pukul 10.30 wita.

Selain Kapolsek, Kepala Desa, dan Korlap Aksi, audiensi yang dimulai sejak Pukul 10.40 Wita itu ikut dihadiri oleh Camat Donggo yang diwakili oleh PTI, Abdul Muis, Babinsa Bumi Pajo, Serda Safarudin, Bhabinkamtibmas, Bripka Tiswan, Sekdes Nurdin, SE, Pendamping Desa M.Faisal, S.Pd, Ketua BPD Sukrin Ahmad, Ketua direksi Bumdes, Suherman, S.Pd, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat setempat, beserta sejumlah anggota ABMBP.

Suasana dan para peserta audiensi yang dikaawal Polsek Donggo yang dipimpin langsung Kapolsek, Ipda Sukardin, SH
Dalam audiensi tersebut, Kades Bumi Pajo, Tasrif Damara, menyampaikan, terima kasihnya kepada Pihak kepolisian yang telah berupaya semaksimal mungkin memfasilitasi terkait tuntutan massa aksi.

“Dengan adanya berbagai persoalan yang terjadi di Desa Bumi Pajo semoga ada hikmah di balik semua ini.” Ujar Tasrif.

Sementara Kapolsek Donggo, menyatakan, atas nama institusi kepolisian mengucapkan terima kasih kepada semua elemen yang telah bekerja sama dalam upaya membuka kembali penyegelan kantor Desa.

Kata Sukardin bijak, adanya persoalan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat itu sudah menjadi hal yang lumrah.

“Namun saya berharap dapat menghadapinya secara kekeluargaan untuk mengantisipasi terjadinya gangguan keamanan.” Imbuh Sukardin.

Ia berharap kepada Kades agar dapat memberikan tanggapan atas semua yang menjadi tuntutan massa aksi. Sembari menghimbau semua warga, agar menjelang Pilkada Kabupaten Bima ini bisa bersama-sama menjaga stabilitas keamanan di Kecamatan Donggo.

Tak lupa disinggung Kapolsek, terkait suasana pandemi Covid-19, diharapkannya agar masyarakat membudayakan hidup sehat, jaga jarak dan mematuhi protokol kesehatan.

Sebagai gambaran yang memicu aksi penyegelan kantor desa berkepanjangan itu,  dapat didasarkan pada apa yang menjadi tuntutan ABMBP, yang diwakil Fendi. Dimana dalam audiensi, Fendi menyampaikan tiga hal. Yakni :

Pertama, menuntut keterbukaan Bumdes yang dianggap transparansi. Kedua mempertanyakan Kenapa Bumdes tidak membuat laporan pertanggung jawaban di setiap tahun? Ketiga mempertanyakan Kenapa anggaran bumdes bisa dicairkan tiap tahun. Sementara laporan pertanggung jawaban tahunannya tidak ada?

Tiga anggota ABMBP lainnya, Rafik, Sarifudin, dan Subhan ikut bersuara.

Rafik, menuntut agar diadakan sekretariat Bumdes supaya pengalokasikan anggaran dapat sesuai sasaran, dan transparansi pengelolaan Bumdes harus lebih terinci.

Hal lainnya, ia meminta agar segera membuka jalan menuju TPU karena kata dia, sudah ada dalam APBDes tahun 2020. Anggaran (pengadaan) sapi juga diminta dipangkas untuk digunakan dalam pananggulangan Covid-19. Serta mempertanyakan kenapa anggaran Bumdes hanya diperuntukan bagi pihak-pihak tertentu?

Sementara Sarifudin mempertanyakan fungsi penasehat selaku Kades, tidak melakukan pengawasan terkait anggaran Bumdes.

“Hadirnya Bumdes di Desa Bumi Pajo kami belum tahu kapan dibentuknya.” Imbuhnya dengan nada heran.

Subhan sendiri meminta rincian anggaran bumdes dari tahun 2017 sampai 2020.

Menanggapi sejumlah tuntutan dan hal-hal yang dipertanyakan pihak ABMPB, Kades Bumi Pajo, Tasrif Damara, menekankan terkait Bumdes, sebagai Kepala Desa hanya berkewajiban menyalurkan anggaran untuk selanjutnya dikelola oleh Direksi Bumdes.

“Untuk sekretariat Bumdes nanti kita carikan tempat dan kita gunakan anggaran Bumdes atau melalui anggaran perubahan. Untuk anggaran pembukaan jalan menuju tempat pemakan umun sudah ada dalam APBDes 2020 dan kita akan segera kerjakan.” Imbuh Tasrif lagi.

Menyinggung penggunakan anggaran Bumdes untuk penanggulangan Covid-19, terang dia, itu bersifat pinjam pakai untuk sementara sambil menunggu anggaran tersendiri.

“Terkait anggaran yang pernah dipakai maka saya akan alokasikan anggaran sesuai pos-pos masing-masing. Dan apa yang menjadi rincian anggaran Bumdes akan disampaikan langsung oleh ketua Direksi Bumdes.” Ujarnya sembari mempersilahkan.

Mendapat kesempatan, Ketua Direksi Bumdes, Suherman, S.Pd, menyampaikan, pertama   bahwa Bumdes dibentuk Tahun 2017 lalu melalui pemilhan dan mufakat bersama, yang mendapuk Suherman sebagai ketua.

Selanjutnya, ia merinci, anggaran Bumdes dialokasikan pertama tahun 2017 senilai Rp 61.500.000 yang digunakan untuk simpan pinjam dan perdagangan. Tahun 2018, senilai Rp 39.000.000 yang dipergunakan untuk hal yang sama.

Berikutnya, anggaran BumdesTahun 2019, kata dia nihil karena tidak ada dalam anggaran ABPDes. Tahun 2020 senilai Rp 44.000.000 sampai sekarang belum dipergunakan.

“Mengakhiri tanggapan Saya selaku ketua direksi Bumdes melalui momen ini saya sebagai manusia tentu banyak kesalahan dan khilaf’ Namun dari pada itu untuk kedepan saya akan benahi sesuai administrasi.” Janji Suherman.

Audiensi berakhir Pukul 15.00 wita yang ditutup dengan sesi foto bersama dalam suasan penuh keakraban. 


Penulis : Teddy Kuswara

COMMENTS

Nama

#Corona,121,arena,36,Bandara,7,Bansos,27,Bawaslu,13,bhakti sosial,20,bima,2149,bima iptek,4,Bima Pemerintah,81,Bima Pemerintahan,47,Bima: Pemerintah,5,bima. Pariwisata,3,Coro,1,Corona,57,Covid-19,23,Curanmor,3,Demonstrasi,2,des,1,Desa,53,dompu,93,Editorial,2,ekbis,199,Ekonomi,1,Ekonomi.,4,enterpreneur,1,explore,2,featured,89,hukrim,501,huksrim,3,hukum,1,Humaniora,1,HUT RI,1,iptek,24,Keagamaan,15,keamanan,7,kebudayaan,1,Kecelakaan,1,kemanusiaan,4,kepegawaian,1,kependudukan,10,kepolisian,7,Kesehatan,116,Kesenian,1,ketenagakerjaan,2,Kodim,14,Konflik,1,Korupsi,11,kota bima,120,KPU,3,KSB,2,lingkungan,95,lombok,106,Mataram,57,miras,1,Narkoba,7,Nasional,5,NTB,1,olahraga,24,Opini,49,Pariwisata,79,pembangunan,22,pembangunan.,2,pemerintah,37,Pemerintah.,1,pemerintahan,424,Pemerintahan.,5,Pemprov,3,Pemprov NTB,143,pendidikan,352,pendidikan.,8,Perbankan,1,Perguruan Tinggi,3,perhubungan,7,perisstiwa,41,peristiwa,333,Perjudian,2,persitiwa,6,Pertamina,2,pertanian,34,Peternakan,3,politik,237,Politik.,9,Prahara,12,Prestasi,20,Provinsi,1,puisi,1,regional,2,religi,15,religius,41,SAJAK,1,seni,1,SKCK,1,sosbud,184,Sosial,41,Sosok,1,SUDUT PANDANG,1,sumbawa,20,Tajuk,2,Tekhnologi,2,TKI,5,transportasi,2,travel,5,video,5,
ltr
item
Poros NTB: Berkat Upaya Mediasi Polsek Donggo, Kantor Desa Bumi Pajo yang Hampir Sebulan Disegel Kembali Dibuka
Berkat Upaya Mediasi Polsek Donggo, Kantor Desa Bumi Pajo yang Hampir Sebulan Disegel Kembali Dibuka
https://1.bp.blogspot.com/-3wAHKcuNcY0/X0SMN1uLA6I/AAAAAAAACzM/DMx4imD7TSUvGP1OD-_XVJISWfanxKXyQCLcBGAsYHQ/s400/Screenshot_1.png
https://1.bp.blogspot.com/-3wAHKcuNcY0/X0SMN1uLA6I/AAAAAAAACzM/DMx4imD7TSUvGP1OD-_XVJISWfanxKXyQCLcBGAsYHQ/s72-c/Screenshot_1.png
Poros NTB
https://www.porosntb.com/2020/08/berkat-upaya-mediasi-polsek-donggo.html
https://www.porosntb.com/
https://www.porosntb.com/
https://www.porosntb.com/2020/08/berkat-upaya-mediasi-polsek-donggo.html
true
2479742407306652642
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content