--> Ikuti Bimtaq dan Orasi Ilmiah Bersama Alumnus Al Madinah, Selamat Datang Mahasiswa Baru STKIP Tamsis! | Poros NTB

Ikuti Bimtaq dan Orasi Ilmiah Bersama Alumnus Al Madinah, Selamat Datang Mahasiswa Baru STKIP Tamsis!

SHARE:

Dibaca Normal

Sejumlah mahasiswa saat mengikuti Bintaq dan Orasi Ilmiah

Bima, porosntb.com-Selamat datang mahasiswa baru STKIP Taman Siswa Bima. Baru selangkah menginjak kampus Merah, sebanyak 600 mahasiswa baru langsung mendapatkan pendidikan imtaq dari alumnus Al Madinah, Ust. Jundi Allah Muhiy bin Abdullah Lc, lulusan S1 sekaligus mahasiswa S2 Universitas Islam Madinah. Tak hanya itu, Maba juga mendapat orasi ilmiah dari budayawan dan sastrawan Bima, N Marewo.

Kegiatan bertajuk Bimbingan Taqwa (Bimtaq) tersebut, berlangsung di Auditorium Sudirman, kampus setempat, Sabtu (29/8/20). Bimtaq yang disampaikan Ustadz berdarah Bima dari Pesantren Al Yaumi Mataram tersebut, juga diikuti para dosen. Serta Ketua Gerakan Anti Maksiat (GAMIS), pengajar Ponpes Al Madinah, pengurus DDII Kabupaten Bima dan JAS Bima sekaligus dosen STKIP Taman Siswa Bima, Ustadz Imanuddin M.Psi atau yang akrab disapa Ustadz Imam Mujahid.

Sejumlah mahasiswa baru ini dibagi menjadi 18 kelompok. Uniknya, nama-nama kelompok diambil dari nama tokoh-tokoh Islam. Pada kegiatan tersebut, mahasiswa juga ditugaskan untuk mereview tokoh Islam tersebut.

Ketua Yayasan STKIP Taman Siswa Bima, Drs H. Sudirman MSi dalam pengantarnya mengatakan, kampus Taman Siswa makin hari makin bagus. Dicontohkannya, pertama kali masuk kampus, Maba setempat sudah dibekali ilmu agama.

“Kampus lain belum ada. Dihadiri oleh ust dari Madinah. Belajar mula dari kandungan sampai ke liang lahat. Begitu juga dengan mahasiswa kita, banyaklah main ke perpustakaan. Berdialog dengan teman dan dosen. Tidak boleh marah-marah sama dosen, apalagi membentak dosen,” pesannya.

H. Sudirman merasa bangga dan bersyukur atas kehadiran Ustadz Jundi Al Muhiy bin Abdullah.  “Tidak tidur, memikirkan bangsa dan masa depan bangsa. Apalagi kita sedang dihadapkan dengan karut marut Pilkada. Jatuhkan pilihan pada orang yang tepat. Jika bingung, bangun dialog dengan orang tua,” pesan mantan guru SMAN 1 Kota Bima ini.

Diharapkannya, saat memasuki waktu zuhur mahasiswa langsung ke masjid dan tidak menunda waktu. “Minta dan berdoa dengan kesungguhan. Dalam waktu yang tidak terlalu lama, kampus 2 (Kota Bima) juga kami akan bangun masjid yang bagus dan memadai untuk mahasiswa. Kami harapkan ustadz tetap mengagendakan untuk singgah di kampus kami,” harapnya.

Civitas akademika STKIP Tamsis Bima foto bersama Ust Jundi Al Mahiy dan N Marewo


Ketua STKIP Taman Siswa Bima,  Dr Ibnu Khaldun Sudirman M.Si menjelaskan, Ust  Jundi Al Mahiy bin Abdullah adalah lulusan S1 Al Maniah (Universitas Islam Madinah, Arab Saudi) dan sedang menempuh program S2 di kampus yang sama. Menurut  Ibnu,  bertepatan hadirnya Ust Jundi Al Mahiy bin Abdullah di kampus setempat merupakan hari  bersejarah bagi umat Islam dan juga kampus setempat. Karena masih bulan Muharram tahun Hijriah.

“Tidak banyak yang memulai kegiatan awal mahasiswa dengan Bimtaq dan tahun ini istimewa, ada orasi budaya. Tamsis Beradab, Go Internasional. Hari ini narasumber sudah berkelas internasional,” katanya dikutip Bagian Humas STKIP Taman Siswa.

Dijelaskannya, ada 250 mahasiswa baru yang mendaftarkan beasiswa dari pemerintah, sehingga tidak mengeluarkan uang sepeserpun.  Dari jumlah tersebut, mahasiswa lain masih berpeluang mendapatkan kesempatan yang sama.

“Mahasiswa yang daftar 600-an, terbanyak di Bima dan Dompu. Kita menjadi satu-satunya kampus yang mendapatkan hibah general education di tahun 2018, yang menjadi orientasi, punya keunggulan, menjadi perguruan tinggi beradab dengan keunggulan kewirausahaan di tahun 2025. Di abad sekarang, banyak negara maju yang meminta warganya untuk berwirausaha,” ujarnya.

Ibnu menambahkan, identitas lokal melalui produk baru yang dihasilkan dari kreatifitas wirausaha adalah yang ingin dibangun (swasta dan pemerintah), seperti minyak rambut dari kemiri di Kecamatan Wera Kabupaten Bima maupun sejumlah produk lokal dari daerah lain.

“Mari sama-sama untuk mempromosikannya. Memetakan minat dan kemampuan, sehingga jelas akan diarahkan soft skillnya ke mana selama empat tahun berkuliah,” pungkasnya.

Dalam orasi ilmiahnya,  budayawan N Marewo menekankan pentingnya memanfaatkan waktu. Menurut dia, banyak hal yang terjadi secara tiba-tiba (instan) dan terasa begitu cepat. Banyak orang- orang hebat yang diuntungkan bukan karena kepintaran, namun karena momentum.

“Banyak orang yang kita anggap hebat itu, bukan karena mereka pintar, tapi diuntungkan oleh momentum,” ujarnya.
Dia mengatakan, STKIP Taman Siswa memiliki pemahaman yang berbeda dengan kampus yang lain. Itu karena bergerak dengan langkah yang berada.

“Kampus adalah dunia yang berbeda, adalah dunia yang ilmiah. Aina mpaa kanajo aina mpaa kapea (jangan suka menunda-nunda waktu). Untuk menjadi mahasiswa, harus mampu mempraktekan Keilmiahan di lingkungan masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Ust  Jundi Al Mahiy bin Abdullah dalam bimbingan taqwa membahas pentingnya bersikap dalam menentukan pilihan, sehingga menjadi solusi, bukan sebaliknya bagian dari masalah.

“Kalau kita tengok di Bima, berapa banyak sampah sampah yang berserakan, belum lagi masalah sitasi dan BAB sembarangan. Sudah banyak masalah pada lingkungan sosial yang kita hadapi. Jika dipikir keadaan Timur dengan gaya kehidupan di barat, mungkin banyak dari kita yang akan bunuh diri,” katanya.

Dia mengungkapkan, peradaban barat adalah peradaban yang membangun rumah megah dan kendaraan mewah, sedangkan di timur  yang dibangun adab. Jika ingin membangun dua peradaban, barat dan timur, maka harus mampu membangun adab dan kemegahan bangunan.

Jika ingin memperbaiki lingkungan, maka harus mulai dari hal yang paling kecil seperti mengubah cara pandang atau cara berpikir.

“Anda tidak disalahkan karena anda terlahir miskin, tapi Anda akan disalahkan karena Anda mati dalam keadaan miskin. Artinya, Anda tidak membuat perubahan dalam hidup Anda. Mulailah dengan pola hidup bersih, mulailah dengan membersihkan kamar mandi, WC,” pesannya. (*)

Sumber STKIP Tamsis Bima

COMMENTS

Nama

#Corona,124,ABRI,1,arena,54,Bandara,7,Bansos,52,Bawaslu,17,bhakti sosial,39,bima,2678,bima iptek,4,bima. Pariwisata,3,Bjayangkari,1,Coro,1,Corona,88,Covid-19,29,Curanmor,3,Daerah,1,Demonstrasi,2,des,1,Desa,53,dompu,134,Editorial,2,ekbis,226,Ekonomi,1,Ekonomi.,4,Eksbis,1,enterpreneur,1,event,1,explore,2,featured,122,Hoax,3,huk,2,hukrim,714,huksrim,3,hukum,1,Humaniora,1,HUT RI,1,inspiratif,1,iptek,30,Keagamaan,15,keamanan,8,kebudayaan,1,Kecelakaan,3,kehilangan,1,kejadian dan peristiwa,2,kemanusiaan,4,kepegawaian,1,kependudukan,12,kepolisian,168,Kesehatan,135,Kesenian,1,ketenagakerjaan,2,Kodim,15,Kominfo,5,Konflik,1,Korupsi,11,kota bima,306,KPU,3,KSB,2,lingkungan,115,lombok,109,Maklumat,2,Mataram,92,miras,1,Narkoba,8,Nasional,15,NTB,1,olahraga,24,Opini,50,Pariwisata,81,Pelayanan Publik,13,pembangunan,25,pembangunan.,2,pemerintahan,796,Pemilu,1,Pemprov,3,Pemprov NTB,143,pendidikan,398,pendidikan.,8,Perbankan,1,Perguruan Tinggi,3,perhubungan,7,perisstiwa,47,peristiwa,468,peristuwa,1,Perjudian,2,persitiwa,6,Pertamina,2,pertanian,40,Peternakan,3,politik,282,Politik.,9,Prahara,12,Prestasi,34,Provinsi,1,puisi,1,regional,5,religi,58,religius,43,Sains,1,SAJAK,1,seni,1,SKCK,1,sosbud,193,Sosial,42,Sosok,6,SUDUT PANDANG,1,sumbawa,20,Tajuk,2,Tekhnologi,2,TKI,5,TNI,1,transportasi,4,travel,5,Tribrata,1,Vaksinasi,25,video,18,warta bawaslu,1,
ltr
item
Poros NTB: Ikuti Bimtaq dan Orasi Ilmiah Bersama Alumnus Al Madinah, Selamat Datang Mahasiswa Baru STKIP Tamsis!
Ikuti Bimtaq dan Orasi Ilmiah Bersama Alumnus Al Madinah, Selamat Datang Mahasiswa Baru STKIP Tamsis!
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhuPFk0fFv4ogMW6Na754U5dfN4HYtKPZ0zJ7u_HIW46AWExFbvvfN91-6YST6K4NQOmHps1Co37-cDcdEeO3Z86wPeFdO7v1eQacVJpmb92YUu3ZHV0YOyp5NNeEcldCldlGyqUhY-DONi/s640/IMG-20200830-WA0002.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhuPFk0fFv4ogMW6Na754U5dfN4HYtKPZ0zJ7u_HIW46AWExFbvvfN91-6YST6K4NQOmHps1Co37-cDcdEeO3Z86wPeFdO7v1eQacVJpmb92YUu3ZHV0YOyp5NNeEcldCldlGyqUhY-DONi/s72-c/IMG-20200830-WA0002.jpg
Poros NTB
https://www.porosntb.com/2020/08/ikuti-bimtaq-dan-orasi-ilmiah-bersama.html
https://www.porosntb.com/
https://www.porosntb.com/
https://www.porosntb.com/2020/08/ikuti-bimtaq-dan-orasi-ilmiah-bersama.html
true
2479742407306652642
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content