--> Hiburan Malam di Kecamatan Langgudu Resahkan Warga | Poros NTB

Hiburan Malam di Kecamatan Langgudu Resahkan Warga

Dibaca Normal

Acara hiburan malam yang digelar di Kecamatan Langgudu

Bima, porosntb.com-Acara hiburan malam yang kerap dilakukan di Kecamatan Langgudu cukup meresahkan warga. Terlebih lagi saat ini pemberlakukan PPKM Covid19 yang tidak boleh menggelar kegiatan yang menyebabkan kerumunan. Selain itu, hiburan malam juga kerap membawa bencana. Ini terbukti, dari acara hiburan malam yang terjadi di Kecamatan Langgudu beberapa hari lalu telah menyebabkan satu orang warga Desa Ngali Kecamatan Belo meninggal dunia akibat luka bacok saat menonton acara hiburan malam. 

Kembali, pada Jumat (30/7/21) hiburan malam lagi-lagi diadakan oleh warga di Desa Rupe. Padahal, saat itu, ada beberapa masyarakat setempat sedang melaksanakan tahlilan dan ta'ziah tujuh hari warga yang meninggal. Namun, kegiatan hiburan malam tetap dilakukan tanpa ada upaya dari pihak-pihak terkait. 

Hal ini dikeluhkan sejumlah warga di Desa Rupe yang ikut angkat bicara dengan adanya izin hiburan malam di wilayah tersebut. Seperti yang dikemukakan Mansyur, M.Pd, dia menegaskan agar Bupati Bima segera memanggil Kades selaku penguasa wilayah untuk diberi pembinaan agar tidak memberikan izin hiburan malam. 

"Ini sudah melanggar surat edaran Bupati Bima tentang pelarangan hiburan malam," ujarnya.

Pemerintah Desa diminta agar punya prinsip, apapun yang diminta oleh pemuda tidak boleh langsung mengijinkan. Pemdes juga harus memiliki ketegasan agar tidak semata-mata memberikan keinginan pemuda yang bertentangan dengan hajatan kematian masyarakat atau bertentangan dengan tadarus Al-Qur'an. 

"Pemerintah Desa Rupe harus minta maaf terhadap masyarakat dan tidak boleh memberikan ruang untuk acara hiburan malam," tegasnya. 

Hiburan malam di Rupe dianggap masalah karena bertentangan dengan hajatan orang-orang yang baru meninggal. Tindakan itu telah mencederai norma agama dan kesopanan masyarakat setempat.

Senada juga disampaikan Syamsudin, S.Pd yang akrab di sapa Bung Loran. Ia menegaskan, boleh-boleh saja dilakukan hiburan malam tapi harus memiliki adab. 

"Masa ada orang pengajian meninggal dunia, di sebelahnya orgen tunggal. Ini menciderai norma kesopanan," katanya. 

Bung Loran juga menanyakan kepada pemerintah Desa Rupe tentang urgensi dari adanya acara hiburan malam yang bertepatan dengan acara pengajian dan tidak bisa ditunda. 

"Seolah-olah hiburan malam ini wajib," ketusnya. 

Selain itu, tokoh pemuda lain juga ikut mengomentari acara hiburan malam di wilayah Langgudu. Fathurrahman yang biasa di sapa Engkos menanggapi bahwa Pemerintah Desa Rupe sebagai pemangku kebijakan belum bisa menentukan keputusan yang sifatnya berdasarkan kebutuhan yang mendesak. Kades sebagai pemimpin semata-mata mengedepankan perasaan yang berlebihan seolah-olah menunjukan sikap dilematis. Padahal Pemdes dan BPD adalah mitra yang saling berkoordinasi dalam mempertahankan kearifan lokal dan toleransi antar sesama. 

Keresahan yang diungkapkan oleh masyarakat ini berdasarkan ketidaknyamanan atas kebijakan yang selalu mengedepankan kebutuhan para pendukung dan keluarga atau simpatisan Kades. 

"Padahal dalam memimpin harus mampu menempatkan sesuatu sesuai dengan porsinya yang tidak menimbulkan pro dan kontra maupun menyimpang dari norma kesopanan," ujarnya. 

Sementara itu, Kepala Desa Rupe, Adam Malik mengatakan, pihaknya sudah mengimbau kepada pemilik hajatan hiburan malam agar tidak menggelar acara malam dan tidak diberikan ijin oleh kepolisian termasuk pemerintah Desa. 

"Kita tegas melarang, bahkan kita kaitkan dengan kejadian pembacokan yang terjadi di Desa Rompo dengan mewanti-wanti pemilik hajat supaya orgen malam ditiadakan," tegasnya. 

Pihaknya juga sudah membangun komunikasi yang baik dengan memberikan toleransi agar hiburan malam dilaksanakan setelah selesai acara tadarusan al Quran.

"Jam 12 malam kita hentikan orgen itu," tandasnya. 

Dia berharap masyarakat bisa mengerti dan sadar bahwa sekarang lagi ada musibah covid 19, jadi harus mentaati semua aturan yang dikeluarkan  oleh Presiden, Gubernur NTB dan Bupati Bima. (*) 

Penulis : Nasrullah Syaf
Editor : Edo

COMMENTS

Nama

#Corona,124,arena,40,Bandara,7,Bansos,42,Bawaslu,17,bhakti sosial,29,bima,2376,bima iptek,4,Bima Pemerintah,81,Bima Pemerintahan,47,Bima: Pemerintah,5,bima. Pariwisata,3,Bjayangkari,1,Coro,1,Corona,87,Covid-19,29,Curanmor,3,Daerah,1,Demonstrasi,2,des,1,Desa,53,dompu,134,Editorial,2,ekbis,206,Ekonomi,1,Ekonomi.,4,enterpreneur,1,event,1,explore,2,featured,93,Hoax,1,huk,2,hukrim,638,huksrim,3,hukum,1,Humaniora,1,HUT RI,1,inspiratif,1,iptek,29,Keagamaan,15,keamanan,7,kebudayaan,1,Kecelakaan,2,kejadian dan peristiwa,2,kemanusiaan,4,kepegawaian,1,kependudukan,10,kepolisian,87,Kesehatan,126,Kesenian,1,ketenagakerjaan,2,Kodim,15,Kominfo,5,Konflik,1,Korupsi,11,kota bima,153,KPU,3,KSB,2,lingkungan,102,lombok,109,Mataram,80,miras,1,Narkoba,8,Nasional,9,NTB,1,olahraga,24,Opini,49,Pariwisata,81,Pelayanan Publik,13,pembangunan,22,pembangunan.,2,pemerintah,37,Pemerintah.,1,pemerintahan,448,Pemerintahan.,6,Pemprov,3,Pemprov NTB,143,pendidikan,368,pendidikan.,8,Perbankan,1,Perguruan Tinggi,3,perhubungan,7,perisstiwa,45,peristiwa,403,peristuwa,1,Perjudian,2,persitiwa,6,Pertamina,2,pertanian,34,Peternakan,3,politik,272,Politik.,9,Prahara,12,Prestasi,22,Provinsi,1,puisi,1,regional,3,religi,32,religius,42,Sains,1,SAJAK,1,seni,1,SKCK,1,sosbud,191,Sosial,42,Sosok,2,SUDUT PANDANG,1,sumbawa,20,Tajuk,2,Tekhnologi,2,TKI,5,TNI,1,transportasi,4,travel,5,Tribrata,1,Vaksinasi,2,video,16,
ltr
item
Poros NTB: Hiburan Malam di Kecamatan Langgudu Resahkan Warga
Hiburan Malam di Kecamatan Langgudu Resahkan Warga
https://lh3.googleusercontent.com/-bvf70ustR_s/YQYUVd5sVMI/AAAAAAAAREw/1PICFkvT-m0tueZltqVyzLxnSVU8nZMUACLcBGAsYHQ/s1600/0_IMG-20210731-WA0084.jpg
https://lh3.googleusercontent.com/-bvf70ustR_s/YQYUVd5sVMI/AAAAAAAAREw/1PICFkvT-m0tueZltqVyzLxnSVU8nZMUACLcBGAsYHQ/s72-c/0_IMG-20210731-WA0084.jpg
Poros NTB
https://www.porosntb.com/2021/07/hiburan-malam-di-kecamatan-langgudu.html
https://www.porosntb.com/
https://www.porosntb.com/
https://www.porosntb.com/2021/07/hiburan-malam-di-kecamatan-langgudu.html
true
2479742407306652642
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content