--> Kapolres Bima Meminta Bhabinkamtibmas Bisa Menjadi "Tukang Belanja Masalah" | Poros NTB

Kapolres Bima Meminta Bhabinkamtibmas Bisa Menjadi "Tukang Belanja Masalah"

Dibaca Normal

 


Bima, porosntb.com.- Kapolres Bima, AKBP Heru Sasongko, S.I.K, mengarahkan agar seluruh Bhabinkamtibmas di Wilayah Hukum Polres Bima dalam pelaksanaan tugasnya bisa menjadi “Tukang Belanja Masalah”.

Tukang Belanja Masalah yang dimaksud adalah, dimana Bhabinkamtibmas bisa menampung seluruh masalah yang terjadi di wilayah binaannya.

“Saya menyampaikan beberapa hal terkait pelaksanaan tugas Bhabinkhamtibmas agar kiranya bisa menjadi ‘tukang belanja masalah’ yang artinya bhabin bisa menampung seluruh masalah yang terjadi di wilayah masing-masing dan melaporkan ke Kapolsek sehingga dapat ditangani secara cepat.” Papar Kapolres saat memimpin langsung kegiatan apel pengarahan aplikasi Silacak Kamis (26/8/21) sekitar Pukul 09.30 Wita pagi pagi tadi di lapangan apel polres setempat.

Pengarahan aplikasi Silacak yang diluncurkan oleh Satgas Covid-19 dan Kemenkes tersebut, dilakukan Kapolres di hadapan seluruh Bhabinkamtibmas Polsek jajaran beserta para Kapolseknya.

“Saya mengumpulkan para bhabin untuk bisa menyampaikan pesan-pesan himbauan terkait tentang pemahaman hukum kepada masyarakat,” imbuh mantan Kasubdit 5 Dit Intelkam Polda Kalimantan Utara yang disertijab menjadi Kapolres Bima medio Agustus kemarin ini.

Selain itu, Kapolres menginstruksikan kepada para Bhabinkamtibmas agar mengunduh aplikasi Silacak dalam penangan kasus covid -19. Terlebih masyarakat yang sudah terjangkit covid-19 di wilayah binaanya masing-masing. Serta menekankan agar para Bhabinkamtibmas lebih menggiatkan penerapan 3T. Yakni Testing, Tracing dan Treatment, atau dalam Bahasa Indonesia disebut dengan Tes, Telusur dan Tindak lanjut.

Dengan begitu, lanjut Kapolres, jika ada kasus positif Covid-19, potensi penularan dan penyebarannya dapat diperkecil.

Selain para Bhambinkamtibmas dan Kapolsek jajaran, nampak hadir juga dalam kegiatan para PJU Polres setempat, Wakapolres, Kompol Yusuf, Kabag Ops, AKP Herman S.H, Kabag SDM, AKP. Arif Hamid, Kabag Ren, M. Irwan,Kasi Humas polres Bima IPTU Adib Widayaka Kasat Binmas IPTU Suhermansyah, Kasat Intel AKP Ahmad Majmuk Spd,Kasat Reskrim IPTU Adhar S.sos, dan seluruh Kepala Kesatuan.

Memanfaatkan kegiatan pengarahan itu, para PJU sendiri, masing-masing ikut memberikan penyampaian.

Kasi Propam misalnya, menekankan kepada seluruh anggota, khususnya bhabinkamtibmas agar selalu menjaga sikap, dalam hal ini atensi dan performance di masyarakat dan tetap selalu menjaga hubungan baik dengan masyarakat.

Terutama, kata Kasi Propam dalam hal bekerja sama dengan perangkat desa untuk senantiasa mejaga harkamtibmas di masing-masing desa binaanya dan tetap semangat dalam melaksanakan tugas. 

Sementara Kabag SDM, AKP Arif Hamid, selain menyinggung masalah pembinaan karier. Ia ikut menekankan para bhabinkamtibmas agar selain mengemban tugas sebagai bhabin juga harus bisa mengemban pungsi intelejen, reskrim, lalulintas. sehingga segala bentuk kegiatan yang muncul di wilayah masing-masing agar segera melaporkan ke pimpinan dan melakukan diteksi dini,penyelesaian masalah di wilayah tempat bertugas masing-masing. 

Selanjutnya, Kasat Reskrim, Iptu Adhar S.Sos, menitikberatkan penyampaiannya terkait beberapa kasus yang terjadi. Karena ia menilai pemahaman masyarakat tentang hukum masih relatif rendah sehingga dalam penindakan proses hukum sering terjadi kontraproduktif.

Karena itu diharapkannya kepada seluruh bhabin agar bisa memberikan pemahaman tentang mekanisme proses hukum kepada masyarakat, dan berupaya bisa memberikan solusi kepada masyarakat agar masalah yang ada dapat diselesaikan di tingkat desa atau Polsek setempat.

“Ini agar tidak semua bentuk permasalahan diarahkan ke Polres Bima. Jadi mari kita bekerja sama dalam melaksanakan tugas kepolisian di wilayah polres Bima demi terciptanya harkamtibmas yang kondusif.” Ajak Adhar. 

Berikut Kasat Narkoba, AKP Wahyudin, dalam penyampaiannya menyebut kasus peredaran narkoba yang ada di Wilkum Kabupaten Bima cukup signifikan. Karenya, ia meminta kepada seluruh anggota terutama bhabin agar selain menghimbau masyarakat, juga agar memberikan informasi kepada sat narkoba untuk bisa di lakukan upaya langkah hukum kepolisian.

Wahyudin juga meminta kepada seluruh anggota agar tidak terlibat dalam penyalahgunaan gunakan Narkoba. 

Terakhir, Kasat Lantas, Iptu Niko Herdianto, S.T.K, S.I.K., menyampaikan terkait peningkatnya kasus laka lantas di wilayah polres Bima dan meminta agar kiranya para bhabin yang ada di wilayah tetap menghimbau warga tentang peraturan lalulintas.

Rangkaian kegiatan yang dilakukan dengan tetap menerapkan Prokes tersebut berakhir pukul 11.10 Wita  yang ditutup langsung oleh kabag SDM.

Penulis : Teddy Kuswara

Editor : Aden




COMMENTS

Nama

#Corona,124,arena,40,Bandara,7,Bansos,42,Bawaslu,17,bhakti sosial,29,bima,2376,bima iptek,4,Bima Pemerintah,81,Bima Pemerintahan,47,Bima: Pemerintah,5,bima. Pariwisata,3,Bjayangkari,1,Coro,1,Corona,87,Covid-19,29,Curanmor,3,Daerah,1,Demonstrasi,2,des,1,Desa,53,dompu,134,Editorial,2,ekbis,206,Ekonomi,1,Ekonomi.,4,enterpreneur,1,event,1,explore,2,featured,93,Hoax,1,huk,2,hukrim,638,huksrim,3,hukum,1,Humaniora,1,HUT RI,1,inspiratif,1,iptek,29,Keagamaan,15,keamanan,7,kebudayaan,1,Kecelakaan,2,kejadian dan peristiwa,2,kemanusiaan,4,kepegawaian,1,kependudukan,10,kepolisian,87,Kesehatan,126,Kesenian,1,ketenagakerjaan,2,Kodim,15,Kominfo,5,Konflik,1,Korupsi,11,kota bima,153,KPU,3,KSB,2,lingkungan,102,lombok,109,Mataram,80,miras,1,Narkoba,8,Nasional,9,NTB,1,olahraga,24,Opini,49,Pariwisata,81,Pelayanan Publik,13,pembangunan,22,pembangunan.,2,pemerintah,37,Pemerintah.,1,pemerintahan,448,Pemerintahan.,6,Pemprov,3,Pemprov NTB,143,pendidikan,368,pendidikan.,8,Perbankan,1,Perguruan Tinggi,3,perhubungan,7,perisstiwa,45,peristiwa,403,peristuwa,1,Perjudian,2,persitiwa,6,Pertamina,2,pertanian,34,Peternakan,3,politik,272,Politik.,9,Prahara,12,Prestasi,22,Provinsi,1,puisi,1,regional,3,religi,32,religius,42,Sains,1,SAJAK,1,seni,1,SKCK,1,sosbud,191,Sosial,42,Sosok,2,SUDUT PANDANG,1,sumbawa,20,Tajuk,2,Tekhnologi,2,TKI,5,TNI,1,transportasi,4,travel,5,Tribrata,1,Vaksinasi,2,video,16,
ltr
item
Poros NTB: Kapolres Bima Meminta Bhabinkamtibmas Bisa Menjadi "Tukang Belanja Masalah"
Kapolres Bima Meminta Bhabinkamtibmas Bisa Menjadi "Tukang Belanja Masalah"
https://1.bp.blogspot.com/-W71kTHW48ow/YSdZLPd99LI/AAAAAAAARVA/KEeffm6H0mgSkJpIiozxCKpsXjxJNnkPgCLcBGAsYHQ/w640-h480/IMG20210826110251_00.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-W71kTHW48ow/YSdZLPd99LI/AAAAAAAARVA/KEeffm6H0mgSkJpIiozxCKpsXjxJNnkPgCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h480/IMG20210826110251_00.jpg
Poros NTB
https://www.porosntb.com/2021/08/kapolres-bima-meminta-bhabinkamtibmas.html
https://www.porosntb.com/
https://www.porosntb.com/
https://www.porosntb.com/2021/08/kapolres-bima-meminta-bhabinkamtibmas.html
true
2479742407306652642
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content