--> Bincang Gemilang : Industrialisasi NTB Semakin Gemilang | Poros NTB

Bincang Gemilang : Industrialisasi NTB Semakin Gemilang

Dibaca Normal

 

Mataram, porosntb.com.- Program Industrialisasi yang digagas Gubernur Dr. H. Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, terus menunjukan identitas dan hasil yang mulai dirasakan masyarakat.

Program  unggulan Pemrov. NTB yang dapat meningkatkan nilai tambah ekonomi bagi masyarakat dari produk bahan mentah menjadi bahan jadi, diakui oleh salahsatu pelaku UMKM/IKM, Nasrin H. Muhtar pemilik industri teh kelor.

"Kami sangat mendukung dan mengapresiasi program industrialisasi Pemrov. NTB. Berkat program industrialisasi dari Bang Zul dan Ummi Rohmi, usaha saya terus berkembang,” kata Nasrin, pada acara Bincang Gemilang, dengan tema “Industrialisai di NTB”, yang ditayang secara online juga pada Medsos Pemrov. NTB, Selasa (21/12/2021) di aula Gemilang Dinas Kominfotik NTB.

Bahkan, dikatakannya bahwa produk Teh Kelor produk IKMnya  sudah tembus pasar nasional bahkan Internasional. Gubernur NTB pada awal tahun 2021, telah  meresmikan sebuah pabrik pengolahan kelor pertama di NTB.

“Mengutip pesan Bang Zul, bahwa selalu ada cahaya di ujung terowongan. Saya telah menemukan cahaya tersebut. Cahaya kelor, sebagai emas hijau dari NTB,” ujar pria kelahiran Kilo Dompu ini.

Menurutnya, dulu banyak orang beranggapan bahwa kelor ini lambing kemiskinan, Namun ia membuktikan bahwa kelor NTB sudah dapat mendunia.

Ditambahkan pria yang akrab disapa Dokter Jamu ini, keberhasilannya ini tidak telepas dari pengalaman masa lalunya dan perjuangan untuk terus gigih berusaha dan mencoba. Ditambah lagi dengan dukungan dan interfensi Pemerintah Provinsi NTB dalam perjalanan usahanya.

Ia juga mengajak UMKM dan IKM di NTB, untuk terus berinovasi dan termasuk melegalkan usaha dan produknya. Karena di era sekarang menurut Nasrin, izin ataupun standarisasi itu penting usaha dilirik dan dapat diintervensi pemerintah.

“Namu tetap secara perlahan dan berproses, tetapi tidak berhenti menghasilkan produk dan inovasi,”ajak pemilik Pabrik Teh Kelor Tri Utami Jaya

Ditambahkan oleh oleh kata Kadis Perindustrian yang diwakili Kabid Sarana Prasana Industri dan Pemberdayaan Industri Lalu Siswadi Handayani, SE., S. Pd bahwa Pemerintah Provinsi NTB, terus mendorong UMKM dan IKM di NTB, untuk meningkatkan pengetahuan tentang kreatifitas dan inovasinya dalam menghasilkan produk, seiring dengan perkembangan pasar dan perkembangan dunia saat ini.

“Sehingga Pemrov. NTB melaui Dinas Perindustrian terus berkomitmen untuk menfasilitasi UMKM dan IKM dalam peningkatan kreatifitas dan inovasi serta yang tidak kalah pentinnya, status dan perizinannya,” kata Industri Lalu Siswadi Handayani.

Menurutnya, UMKM dan IKM ini harus terus didorong juga untuk mengurus izin usaha, jaminan halal, merk produk dan kesehatannya. Sehingga memenuhi standar usaha untuk menghasilkan produk yang dapat diterima pasar berdasarkan regulasi yang ditetapkan pemerintah dan bahkan dunia internasional.

“Saat ini, pemerintah sudah memberikan kemudahan dalam mengurus perizinan bagi dunia usaha, dan kami siap membantu dalam hal perizinan dan termasuk fasilitasi untuk pelatihan dan pembinaan,” ujarnya.

Proses mengurus legalitas usaha dan produk ini penting, karena dengan langkah dan upaya ini, usaha dan produk dapat diterima pasar dan dapat bersaing didunia usaha. Tujuannya kedepan jelas, UMKM/IKM dapat selangkan lebih maju dan untuk terus berkreatifitas dan berinovasi. Sehingga produk NTB dapat Go Internasional.

“Dinas Perindustrian berdasarkan ketentuan juga melakukan uji sertifikasi terhadap tes report produk UMKM/IKM,”jelasnya

Diakuinya saat ini, perkembangan UMKM dan IKM di NTB berdasarkan data Dinas Perindustrian, ada 32 IKM besar, IKM berskala menengah 57 IKM, dan skala kecil dan sudah beroperasi baik yang sudah memiliki izin dan belum ada 96.000 UMKM dan IKM.

Selain itu, dipaparkannya bahwa ada 6 ada enam sektor industri prioritas yang diusung dalam kepemimpinan yang dicanangkan oleh pasangan Gubernur NTB, Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur, Sitti Rohmi Djalilah hingga 2023 mendatang. Pertama, Industri Pangan, Kedua, Industri Hulu Agro, Ketiga, adalah Industri Permesinan Alat Transportasi, Keempat adalah Industri Hasil Pertambangan, Kelima, Industri Kosmetik, Farmasi Herbal dan5 Kimia dan Keenam ekonomi kreatif.

“Industri pangan paling berkembang saat ini, karena potensi yang kita milik, seperti pertanian, perkebunan atau pertanian. Industri pangan telah menorehkan sejumlah capaian, meski baru dalam proses peletakan pondasi. Seperti pelibatan IKM NTB dalam penyediaan program Jaring Pengaman Sosial (JPS) “Gemilang” mengurangi dampak Covid-19,” katanya

Sementara itu, Kepala Seksi Inovasi dan Inkubasi Bisnis STIPARK NTB Iskandar Sukmana, M. Pd., mengatakan bahwa tupoksi lembanya adalah mengawal industrialisasi yang menjadi program unggulan Pemrov. NTB.

“STIPARK merupakan central untuk inkubasi bisnis,”kata Iskandar Sukmana, wemakili Kepala STIPARK NTB.

Tempat bersinergi dan berkolaborasi membangun industrialisasi di NTB. Sehingga dalam inkubasi dapat melahirkan UMKM/IKM, pengusaha baru , generasi muda dapat memiliki bekal ketika akan terjun ke dunia wirausaha.

“Kami akan mendidik, membentuk dan menginspirasi para pemuda untuk menjadi pengusaha-pengusaha baru di NTB,” jelasnya.

Ditambahkan Kasi Inovasi dan Inkubasi Bisnis STIPARK NTB,  bahwa lembaga ini untuk membantu menyediakan tempat, pelatihan, mencarikan pasar, mencari teknologi yang tepat. Sehingga, ketika dua tahun atau tiga tahun di STIP, mereka keluar bisa menjelma menjadi pengusaha hebat.

"Beberapa waktu yang lalu STIPARK menggelar lomba inovasi Start-up bagi pengusaha muda dan karya ilmiah bagi SMA/SMK se NTB," jelasnya.

Inovasi dan karya anak-anak NTB sangat bagus dan menginspirasi bagi generasi muda lainnya, untuk terus berkaya untuk mewujudkan industrialisasi di NTB. (Poros/Kom)

 

COMMENTS

Nama

#Corona,124,arena,53,Bandara,7,Bansos,51,Bawaslu,17,bhakti sosial,37,bima,2645,bima iptek,4,bima. Pariwisata,3,Bjayangkari,1,Coro,1,Corona,88,Covid-19,29,Curanmor,3,Daerah,1,Demonstrasi,2,des,1,Desa,53,dompu,134,Editorial,2,ekbis,212,Ekonomi,1,Ekonomi.,4,Eksbis,1,enterpreneur,1,event,1,explore,2,featured,105,Hoax,3,huk,2,hukrim,714,huksrim,3,hukum,1,Humaniora,1,HUT RI,1,inspiratif,1,iptek,29,Keagamaan,15,keamanan,8,kebudayaan,1,Kecelakaan,3,kehilangan,1,kejadian dan peristiwa,2,kemanusiaan,4,kepegawaian,1,kependudukan,12,kepolisian,168,Kesehatan,129,Kesenian,1,ketenagakerjaan,2,Kodim,15,Kominfo,5,Konflik,1,Korupsi,11,kota bima,238,KPU,3,KSB,2,lingkungan,112,lombok,109,Maklumat,2,Mataram,92,miras,1,Narkoba,8,Nasional,14,NTB,1,olahraga,24,Opini,50,Pariwisata,81,Pelayanan Publik,13,pembangunan,25,pembangunan.,2,pemerintahan,720,Pemprov,3,Pemprov NTB,143,pendidikan,393,pendidikan.,8,Perbankan,1,Perguruan Tinggi,3,perhubungan,7,perisstiwa,47,peristiwa,467,peristuwa,1,Perjudian,2,persitiwa,6,Pertamina,2,pertanian,40,Peternakan,3,politik,276,Politik.,9,Prahara,12,Prestasi,34,Provinsi,1,puisi,1,regional,3,religi,43,religius,43,Sains,1,SAJAK,1,seni,1,SKCK,1,sosbud,191,Sosial,42,Sosok,5,SUDUT PANDANG,1,sumbawa,20,Tajuk,2,Tekhnologi,2,TKI,5,TNI,1,transportasi,4,travel,5,Tribrata,1,Vaksinasi,25,video,18,
ltr
item
Poros NTB: Bincang Gemilang : Industrialisasi NTB Semakin Gemilang
Bincang Gemilang : Industrialisasi NTB Semakin Gemilang
https://www.ntbprov.go.id/storage/file/1640100180_IMG-20211221-WA0050.jpg
Poros NTB
https://www.porosntb.com/2021/12/bincang-gemilang-industrialisasi-ntb.html
https://www.porosntb.com/
https://www.porosntb.com/
https://www.porosntb.com/2021/12/bincang-gemilang-industrialisasi-ntb.html
true
2479742407306652642
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content