--> Internalisasi dan Penandatanganan Pakta Integritas Pegawai KPU Kobi | Poros NTB

Internalisasi dan Penandatanganan Pakta Integritas Pegawai KPU Kobi

SHARE:

Dibaca Normal

Ketua KPU Kota Bima saat menandatangani pakta integritas

KOTA BIMA, Porosntb.com- Pakta Integritas merupakan dokumen penting dalam menjamin kapasitas dan kualitas kerja pegawai yang berdampak secara langsung pada kinerja organisasi. Karena, Pakta Integritas ini merupakan dokumen yang berisi pernyataan atau janji kepada diri sendiri setiap pegawai tentang komitmen melaksanakan seluruh tugas, fungsi, tanggung jawab, wewenang dan peran sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan kesanggupan untuk tidak melakukan korupsi, kolusi dan nepotisme. Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 49 Tahun 2011 tentang Pedoman Umum Pakta Integritas di Lingkungan Kementerian/Lembaga dan Pemerintahan Daerah. 
Senin, (10/1/2022) 24 orang pegawai di lingkungan Sekretariat KPU Kota Bima di hadapan pimpinan di masing-masing Sub Bagian melakukan penandatanganan Pakta Integritas. Melalui agenda penandatanganan Pakta Integritas ini, para pegawai diharapkan dapat memperkuat komitmen bersama dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi, menumbuhkembangkan keterbukaan dan kejujuran, memperlancar pelaksanaan tugas yang berkualitas, efektif, efisien dan akuntabel. 

Kegiatan penandatanganan Pakta Integritas yang dilaksanakan usai pelaksanaan apel pagi tersebut dihadiri oleh Ketua dan Anggota KPU Kota Bima. Penandatanganan tersebut diawali oleh Sekretaris KPU Kota Bima, Drs. Ajmah, kemudian diikuti oleh masing-masing Kepala Subbagian dan staf masing-masing Sub Bagian.


Sekretaris KPU Kota Bima

Pakta Integritas yang ditandatangani itu berisi delapan Point penting. Diantaranya, berjanji untuk tidak melakukan perbuatan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme serta tidak melakukan atau tidak melibatkan diri dalam perbuatan tercela. Kemudian, melaksanakan tugas secara sungguh-sungguh pada satuan kerja Komisi Pemilihan Umum Kota Bima, guna mewujudkan Aparatur Birokrasi yang profesional serta akan melaporkan pada atasan langsung atau pimpinan, apabila mengetahui ada indikasi dan tindak pidana korupsi di lingkungan tempat penugasan, guna ditindaklanjuti penyelesaiannya secara hukum.

Berikutnya, akan memberikan pelayanan kepada masyarakat secara profesional, transparan, akuntabel serta senantiasa berupaya meningkatkan kreatifitas dan Inovasi dalam mencapai kinerja unggul. Bersedia bekerja sepenuh waktu, Tidak menjadi pengurus atau Anggota partai politik dan Tidak turut serta dalam kegiatan/mendukung aksi yang bersifat menentang/melawan kebijakan pemerintah dan atau pemerintah Daerah.
Dua Point terakhir adalah menaati semua ketentuan dan peraturan perundang-undangan tentang kepegawaian yang berlaku dan Apabila saya melanggar hal-hal tersebut di atas, bersedia menerima sanksi dan dijatuhi hukuman disiplin sedang sampai dengan berat sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sebelum dilaksanakannya kegiatan penandatanganan Pakta Integritas tersebut, KPU Kota Bima telah mengawalinya dengan melaksanakan kegiatan Internalisasi Pakta Integritas Pegawai Lingkungan KPU Kota Bima, pada hari Jum’at (7/1/2022). Kegiatan internalisasi tersebut diikuti oleh Sekretaris, Kasubag dan staf Sekretariat KPU Kota Bima dan dihadiri oleh Ketua dan anggota KPU Kota Bima. 

Tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut adalah untuk memberikan pemahaman kepada seluruh pegawai tentang apa itu Pakta Integritas dan tujuan dilakukannya penandatanganan Pakta Integritas. Melalui kegiatan itu diharapkan semua pegawai memahami dan mengerti isi dari Pakta Integritas yang akan ditandatangani. 

Pada kegiatan internalisasi tersebur, Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kota Bima, Yety Safriati bersama Sekretaris KPU Kota Bima, Drs. Ajmah dan Kasubbag Keuangan, Umum dan Logistik, Farid Ma’ruf memberikan materi singkat seputar Pakta Integritas. Yety Safriati pada kesempatan itu menekankan pada penyamaan pemahaman semua peserta kegiatan Internalisasi tentang pengertian dari istilah-istilah yang ada serta isi dari Pakta Integritas. Karena dikhawatirkan, kegiatan yang dilaksanakan setiap awal tahun tersebut, hanya bersifat seremonial, tanpa diketahui dengan jelas, apa makna yang terkandung dari kegiatan penandatanganan Pakta Integritas tersebut.

Ketua KPU Kota Bima, Mursalin pada kegiatan Penandatanganan Pakta Integritas menegaskan bahwa, penandatanganan Pakta Integritas merupakan bentuk komitmen seorang Abdi Negara untuk melaksanakan seluruh tugas, fungsi, tanggung jawab, dan wewenang sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Serta sebagai bentuk kesanggupan untuk tidak melakukan tindak pidana korupsi, kolusi dan nepotisme.

"Kita menandatangani Pakta Integritas, artinya kita bersepakat dan berjanji pada diri kita, akan melaksanakan tugas sebaik mungkin, dengan penuh tanggung jawab dan menjunjung tinggi nilai kejujuran sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku. Apa yang menjadi isi dari Pakta Integritas ini, harus benar-benar diwujudkan," tutup Mursalin. (Edo) 

COMMENTS

Nama

#Corona,124,ABRI,1,arena,54,Bandara,7,Bansos,52,Bawaslu,17,bhakti sosial,39,bima,2678,bima iptek,4,bima. Pariwisata,3,Bjayangkari,1,Coro,1,Corona,88,Covid-19,29,Curanmor,3,Daerah,1,Demonstrasi,2,des,1,Desa,53,dompu,134,Editorial,2,ekbis,226,Ekonomi,1,Ekonomi.,4,Eksbis,1,enterpreneur,1,event,1,explore,2,featured,122,Hoax,3,huk,2,hukrim,715,huksrim,3,hukum,1,Humaniora,1,HUT RI,1,inspiratif,1,iptek,30,Keagamaan,15,keamanan,8,kebudayaan,1,Kecelakaan,3,kehilangan,1,kejadian dan peristiwa,2,kemanusiaan,4,kepegawaian,1,kependudukan,12,kepolisian,168,Kesehatan,135,Kesenian,1,ketenagakerjaan,2,Kodim,15,Kominfo,5,Konflik,1,Korupsi,11,kota bima,306,KPU,3,KSB,2,lingkungan,115,lombok,109,Maklumat,2,Mataram,92,miras,1,Narkoba,8,Nasional,15,NTB,1,olahraga,24,Opini,50,Pariwisata,81,Pelayanan Publik,13,pembangunan,25,pembangunan.,2,pemerintahan,796,Pemilu,1,Pemprov,3,Pemprov NTB,143,pendidikan,398,pendidikan.,8,Perbankan,1,Perguruan Tinggi,3,perhubungan,7,perisstiwa,47,peristiwa,468,peristuwa,1,Perjudian,2,persitiwa,6,Pertamina,2,pertanian,40,Peternakan,3,politik,282,Politik.,9,Prahara,12,Prestasi,34,Provinsi,1,puisi,1,regional,5,religi,58,religius,43,Sains,1,SAJAK,1,seni,1,SKCK,1,sosbud,193,Sosial,42,Sosok,6,SUDUT PANDANG,1,sumbawa,21,Tajuk,2,Tekhnologi,2,TKI,5,TNI,1,transportasi,4,travel,5,Tribrata,1,Vaksinasi,25,video,18,warta bawaslu,1,
ltr
item
Poros NTB: Internalisasi dan Penandatanganan Pakta Integritas Pegawai KPU Kobi
Internalisasi dan Penandatanganan Pakta Integritas Pegawai KPU Kobi
https://lh3.googleusercontent.com/-Jx3l0uiLrcQ/Ydz1PIfz6CI/AAAAAAAASmY/pMNMxr31YBMQKatR3DBf3Af8Mc8jJ_3GACNcBGAsYHQ/s1600/0_IMG-20220111-WA0014.jpg
https://lh3.googleusercontent.com/-Jx3l0uiLrcQ/Ydz1PIfz6CI/AAAAAAAASmY/pMNMxr31YBMQKatR3DBf3Af8Mc8jJ_3GACNcBGAsYHQ/s72-c/0_IMG-20220111-WA0014.jpg
Poros NTB
https://www.porosntb.com/2022/01/internalisasi-dan-penandatanganan-pakta.html
https://www.porosntb.com/
https://www.porosntb.com/
https://www.porosntb.com/2022/01/internalisasi-dan-penandatanganan-pakta.html
true
2479742407306652642
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content