--> Program Gemar Literasi Sosialisasi Kurikulum Merdeka di Tiga Wilayah Sasaran | Poros NTB
IKLAN

Program Gemar Literasi Sosialisasi Kurikulum Merdeka di Tiga Wilayah Sasaran

Dibaca Normal


Manager GEMAR Literasi Kabupaten Bima foto bersama usai sosialisasi di Kecamatan Monta

Bima, Porosntb.com-Tim Program Gemar Literasi Kabupaten Bima terus melaksanakan kegiatan-kegiatan positif dalam mendukung tercapainya program ke seluruh sekolah sasaran. Tim yang digawangi pentolan dari kampus STKIP Taman Siswa Bima ini kembali menggelar lokakarya sosialisasi Kurikulum Merdeka yang digelar di tiga wilayah sasaran, yakni Kecamatan Minta, Kecamatan Sape dan Kecamatan Lambu.

Kegiatan pertama dilaksanakan di Aula SDN Tangga Kecamatan Monta yang dihadiri oleh 27 orang peserta. Peserta terdiri dari kepala sekolah sasaran program GEMAR, 6 orang dan operatornya serta beberapa kepala sekolah beserta lain. Dalam kegiatan ini dihadiri juga Perwakilan dari dinas Dikbudpora Kabupaten Bima yaitu Kasi Kurikulum, Koordinator wilayah (korwil) Kecamatan Monta dan dua orang pengawas, tiga orang fasda dan dua orang tim GEMAR Literasi.

Kegiatan diawali sambutan Manager Program GEMAR Literasi Dr. Syarifuddin, MPd menyampaikan beberapa kegiatan Gemar literasi yang sudah terlaksana dan kegiatan lanjutan sosialisasi Kurikulum Merdeka.

"Saya berharap bahwa sosialisasi KM dan Registrasi ini harus kita seriuskan dan bisa dilakukan secara maksimal, sehingga 6 sekolah sasaran program GEMAR ini teregistrasi semua dan bisa juga sekolah lain mengikutinya," ujarnya.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Korwil Kecamatan Monta. Dalam sambutannya, beliau mengucapkan terimakasih kepada INOVASI, Dikbudpora, dan Tamsis telah membawa program ini di wilayahnya. Sehingga sekolah-sekolah di wilayahnya mendapatkan manfaat dan lebih cepat juga mengenal KM dan berharap SD yang ada di wilayah Monta teregistrasi semua untuk mengikuti IKM ini.
Kegiatan selanjutnya adalah penyampaian materi oleh Kasi kurikulum dikbudpora Kabupaten Bima, Dr. Karyadin. Kasi Kurikulum menyampaikan tentang kondisi raport pendidikan di Kabupaten Bima dan beberapa sekolah sasaran program Gemar Literasi. Peserta sangat tercerahkan dengan penjelasan beliau dan siap memperbaiki diri di masing-masing sekolahnya.

Kemudian Pemateri selanjutnya adalah tiga orang fasda yang saling bergantian menyampaikan materi yang diawali dari latar belakang lahirnya kurikulum merdeka dan prinsip dasarnya. Di Akhir penyampaian materi, ada kegiatan diskusi dan hasil diskusi diperoleh bahwa semua peserta paham dan menerima kehadiran KM ini dan ingin segera mengimplementasikannya. Setelah selesai istirahat dilanjutkan dengan penyampaian struktur kurikulum dan registrasi IKM ini.



Tim Gemar Literasi Kabupaten Bima saat pose bersama pada acara sosialisasi di Kecamatan Sape

Sementara kegiatan di Kecamatan Sape, diawali dengan sambutan tim Program Manager Gemar Literasi yang diwakili oleh Arif Hidayad, M.Pd (Merl Officer Gemar Literasi) dimana dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan penerapan kurikulum merdeka ini adalah kurikulum Nasional dan sudah mendapatkan dukungan penuh dari Dinas.
"Oleh karena itu bapak ibu  kepala sekolah tidak perlu ragu untuk menerapkannya, kampus STKIP Tamsis dan Inovasi siap berada di belakang layar untuk mendukung implementasi KM. Selain itu Dinas merencanakan akan menerapkan KM ini di seluruh SD dan SMP maka beruntung sekolah-sekolah sasaran program Gemar Literasi karena mendapatkan sosialisasi lebih awal mendahului sekolah-sekolah lain, dan tentunya berharap karena lebih awal memulai maka sekolah-sekolah sasaran bisa menjadi contoh bagi sekolah lain khususnya di Kecamatan Sape," tuturnya.

Selain itu, mewakili PM Gemar literasi, Arif berharap bahwa seluruh kepala sekolah yang hadir pada kegiatan tersebut dibantu oleh pengawas dapat mendaftarkan sekolahnya melalui akun sekolah untuk implementasi KM.

Selain itu Korwil Kecamatan Sape yang mewakili Dinas Dikbudpora menyampaikan rasa syukur dan ucapan terimakasih kepada INOVASI dan Tamsis karena telah memilih 10 sekolah di kecamatan Sape untuk program Gemar Literasi dan kali ini dibantu dan didampingi untuk menerapkan kurikulum merdeka meskipun sangat disayangkan sosialisasi ini hanya diikuti oleh sekolah sasaran saja.

"Semoga 10 sekolah sasaran tidak menyia-nyiakan kesempatan ini dan bisa bermanfaat untuk pengembangan Sekolah," ujarnya.

Kegiatan sosialisasi KM di Kecamatan Sape di hadiri oleh 1 Korwil, 2 Pengawas, 8 Kepala Sekolah, 2 perwakilan guru (yang kepala sekolahnya berhalangan), 4 Fasda dan Tim Gemar Literasi. Kegiatan ini terdiri dari 4 materi utama yaitu  Menelaah Rapor Sekolah Sasaran Program GEMAR Literasi, Kurikulum Merdeka-Latar Belakang dan Prinsip Dasar, Struktur Kurikulum Merdeka, dan Pilihan Implementasi dan Registrasi KM. Materi-materi tersebut dipilih untuk menjawab kebutuhan sekolah dalam memahami materi Kurikulum merdeka.

Sedangkan kegiatan di Kecamatan Langgudu diawali dengan pembukaan Program Gemar Literasi oleh Dr. Irfan, M.Or dimana dalam penyampaiannya bahwa kegiatan lokakarya sosialisasi kurikulum merdeka didukung penuh oleh Dikbudpora dan Kemenag yang dilaksanakan oleh mitra STKIP Taman Siswa Bima. Peserta kegiatan ini adalah sekolah-sekolah yang sebelumnya sudah menjadi sekolah sasaran program literasi Kabupaten Bima termasuk di Kecamatan Langgudu, kegiatan ini juga melibatkan 2 pengawas yang nantinya diharpkan pengawas bisa memantau registrasi kurikulum merdeka di Kecamatan Langgudu.
Koordinator wilayah (Korwil) Kecamatan Langgudu yang mewakili Dinas Dikbudpora menyampaikan rasa syukur dan ucapan terimakasih kepada INOVASI dan dan mitra Tamsis yang terus berupaya dan kerja keras untuk membantu sekolah di Kecamatan Langgudu sebab sebelum kegiatan sosialisasi kurikulum merdeka Tamsis mendampingi 9 sekolah yang menjadi program literasi Kabupaten Bima.

"Kami selaku Korwil mendapatkan cerita baik dari kepala sekolah, guru, dan orang tua siswa, bahwa program literasi memberikan dampak yang baik terhadap kemampuan literasi siswa di sekolah. Muda-mudahan kegiatan sosialisasi kurikulum merdeka ini menjadi bagian yang amat penting untuk memajukan pendidikan di Kecamatan Langgudu, sebab di beberapa desa di kecamatan kami masih ada sekolah yang belum terjangkau oleh jaringan seluler," katanya.
Kegiatan sosialisasi KM di Kecamatan Langgudu di hadiri oleh 1 Korwil, 2 Pengawas, 3 Fasda dan Tim Gemar Literasi, 7 Kepala Sekolah, sedangkan 2 kepala sekolah tidak ada perwakilan yakni SD Inpres Dumu dan Mi Al-Akbar Doro Oo. Kegiatan ini terdiri dari 4 materi utama yaitu  Menelaah Rapor Sekolah Sasaran Program GEMAR Literasi, Kurikulum Merdeka-Latar Belakang dan Prinsip Dasar, Struktur Kurikulum Merdeka, dan Pilihan Implementasi dan Registrasi KM. Materi-materi tersebut dipilih untuk menjawab kebutuhan sekolah dalam memahami materi Kurikulum merdeka. Output utama kegiatan ini adalah peserta dapat memahami konsep dan struktur kurikulum merdeka, sekolah sasaran yng diwakili oleh kepala sekolah memiliki komitmen untuk menerapkan kurikulum merdeka dan sekolah dapat langsung melakukan registrasi kurikulum merdeka secara mandiri yang di bantu oleh Narasumber Sahrun, S.Pd (Fasda), Siti Rahma, S.Pd. (Fasda),  Nurlaila, S.Pd (Pengawas) dan Tim Gemar Literasi.(Edo) 

COMMENTS

Nama

#Corona,124,arena,51,Bandara,7,Bansos,50,Bawaslu,17,bhakti sosial,31,bima,2593,bima iptek,4,bima. Pariwisata,3,Bjayangkari,1,Coro,1,Corona,88,Covid-19,29,Curanmor,3,Daerah,1,Demonstrasi,2,des,1,Desa,53,dompu,134,Editorial,2,ekbis,211,Ekonomi,1,Ekonomi.,4,Eksbis,1,enterpreneur,1,event,1,explore,2,featured,105,Hoax,3,huk,2,hukrim,698,huksrim,3,hukum,1,Humaniora,1,HUT RI,1,inspiratif,1,iptek,29,Keagamaan,15,keamanan,8,kebudayaan,1,Kecelakaan,2,kejadian dan peristiwa,2,kemanusiaan,4,kepegawaian,1,kependudukan,12,kepolisian,145,Kesehatan,129,Kesenian,1,ketenagakerjaan,2,Kodim,15,Kominfo,5,Konflik,1,Korupsi,11,kota bima,237,KPU,3,KSB,2,lingkungan,111,lombok,109,Maklumat,1,Mataram,91,miras,1,Narkoba,8,Nasional,14,NTB,1,olahraga,24,Opini,50,Pariwisata,81,Pelayanan Publik,13,pembangunan,25,pembangunan.,2,pemerintahan,717,Pemprov,3,Pemprov NTB,143,pendidikan,388,pendidikan.,8,Perbankan,1,Perguruan Tinggi,3,perhubungan,7,perisstiwa,47,peristiwa,457,peristuwa,1,Perjudian,2,persitiwa,6,Pertamina,2,pertanian,40,Peternakan,3,politik,273,Politik.,9,Prahara,12,Prestasi,33,Provinsi,1,puisi,1,regional,3,religi,42,religius,43,Sains,1,SAJAK,1,seni,1,SKCK,1,sosbud,191,Sosial,42,Sosok,5,SUDUT PANDANG,1,sumbawa,20,Tajuk,2,Tekhnologi,2,TKI,5,TNI,1,transportasi,4,travel,5,Tribrata,1,Vaksinasi,25,video,18,
ltr
item
Poros NTB: Program Gemar Literasi Sosialisasi Kurikulum Merdeka di Tiga Wilayah Sasaran
Program Gemar Literasi Sosialisasi Kurikulum Merdeka di Tiga Wilayah Sasaran
https://lh3.googleusercontent.com/-idpbCrpt2rw/Yl09GkFCQqI/AAAAAAAATdY/xn7C1tCOcMcEsayvq_aigLDaztjfA0T4QCNcBGAsYHQ/s1600/IMG-20220417-WA0013.jpg
https://lh3.googleusercontent.com/-idpbCrpt2rw/Yl09GkFCQqI/AAAAAAAATdY/xn7C1tCOcMcEsayvq_aigLDaztjfA0T4QCNcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20220417-WA0013.jpg
Poros NTB
https://www.porosntb.com/2022/04/program-gemar-literasi-sosialisasi.html
https://www.porosntb.com/
https://www.porosntb.com/
https://www.porosntb.com/2022/04/program-gemar-literasi-sosialisasi.html
true
2479742407306652642
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content