Banner iklan disini Banner iklan disini

Luar Biasa, Masyarakat Desa Runggu Bersatu Bantu Korban Gempa

Kepala Desa Runggu saat menyerahkan banyuan di BPBD
Bima, porosntb.com-Gempa tektonik yang mengguncang Lombok Timur dan sekitarnya pada Minggu (29/7/18) lalu menyita perhatian publik. Selain meluluhlantakkan rumah warga, gempa berkekuatan 6.4 SR itu juga menewaskan belasan orang. 

Bima sebagai daerah satu provinsi dengan Lombok Timur tidak ingin ketinggalan memberi perhatian khusus kepada saudaranya. Terbukti, masyarakat Desa Runggu Kecamatan Belo Kabupaten Bima melakukan penggalangan dana untuk membantu para korban di Lombok Timur. 

Masyarakat melalui ketua-ketua RT dengan sukarela menyerahkan hasil pertanian mereka berupa beras dan uang tunai. Alhasil, bantuan yang terkumpul yakni beras sebanyak 200 kilogram dan uang tunai sebesar Rp 702.000. 

Bantuan hasil penggalangan tersebut dititipkan langsung kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bima, Selasa (31/7/18) siang.

Bantuan diserahkan langsung kepala Desa Runggu, Drs M Saud didampingi tokoh pemuda dan diterima Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bima, Drs Amiruddin.

Plt Kepala Desa Runggu, Drs M Saud mengungkapkan, bantuan tersebut adalah bentuk kepedulian warganya kepada para korban bencana gempa. Apalagi kata dia, Lombok Timur juga telah membantu Bima saat terjadi banjir bandang 2016 lalu. 

"Kami prihatin dengan kondisi saudara sesama daerah. Makanya saya dan masyarakat bersama menggalang dana," ujarnya. 

Meski tidak seberapa, bantuan tersebut diharapkan bisa meringankan beban para korban. Paling tidak untuk tahap tanggap darurat yang masih berlaku saat ini.

"Bima pernah merasakan bencana, jadi paham bagaimana saat daerah dilanda musibah,” katanya.

Pegawai yang bertugas di Camat Belo ini menambahkan, penggalangan bantuan dilaksanakan selama dua hari. Mulai Senin hingga Selasa. Dia sengaja melibatkan ketua RT dan kepala dusun untuk aktif mendatangi rumah-rumah warga. 

"Kebetulan saat ini warga kami sedang panen padi. Sehingga ada lah untuk membantu keluarga kita di Lombok," terangnya. 

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Ir HM Taufik Rusdi MAp mengapresiasi kepedulian masyarakat Desa Runggu Kecamatan Belo dan pihak pemerintah desa setempat. 

“Terima kasih kami sampaikan kepada Pemerintah Desa Runggu dan masyarakat Desa Runggu yang memiliki rasa kepedulian tinggi terhadap saudara-saudara kita di Lombok,” katanya.

Bantuan tersebut akan segera disalurkan kepada korban gempa di Lombok. Disamping itu, dia juga berharap ada bantuan dari pihak-pihak lain agar bisa diserahkan sekaligus ke para korban. 

"Tadi pagi kami juga sudah serahkan bantuan bersama bupati," pungkasnya. (Poros-07)

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.