Banner iklan disini Banner iklan disini

Dari Ibu-Ibu, Proyek Rabat Gang di Tolotangga Murni Libatkan Warga

Ketua Pelaksana Proyek, Budi Suharjo
 nampak ikut bekerja untuk membantu warga
Bima, Poros NTB.- Pemerintah Desa Tolotangga Kecamatan Monta patut diacungi jempol. Pasalnya, Kepala Desa setempat, Drs. Faisal M. Tayeb, lewat Ketua Pelaksana Proyek, Budi Suharjo, dalam merealisasikan proyek ADD berupa rabat gang, murni melibatkan warganya sebagai pekerja.
Rabat gang sepanjang sekitar 200 meter tersebut, dikerjakan sejak Jum’at (10/8/18) dan hingga kini masih dalam proses pengerjaan.

Tak hanya kaum pria yang dipekerjakan, nampak pula ibu-ibu juga ikut dilibatkan bahu membahu mengangkut material, hingga mencampur adonan semen dan beton.

Para warga yang dipekerjakan sekitar 20 orang tersebut terlihat antusias dalam bekerja mempermak jalan gang mereka yang didanai sekitar Rp. 100 juta dari ADD tersebut. Suasana kebersamaan membuat pekerjaan yang seharusnya berat itu terlihat ringan.

Tak dipekerjakan percuma memang, tapi mereka digaji setara upah biasa.

Menurut Ketua Pelaksana Proyek, Budi Suharjo, pihaknya memang berniat untuk memberdayakan warga sekitar dalam setiap pelaksanaan proyek fisik yang ada di Desa Tolotangga.

“Dari segi kualitas hasil pekerjaan, apa yang dikerjakan warga ini sangat berkualitas. Sudah sesuai dengan standar proyek,” ujarnya.

Ia berharap dengan melibatkan warga sekitar ini, dapat berkontribusi dalam meminimalisasi pengangguran, dan warga tidak lagi merasa cemburu secara social dan memandang sinis setiap proyek yang berasal dari ADD.

Budi sendiri, meski sebagai Ketua pelaksana, namun tak segan-segan ikut membantu warga mencampur adonan semen. Sehingga warga merasa termotifasi untuk giat bekerja.

Budi mengaku, tak seperti biasanya. Sebelum mulai pengerjaan rabat, warga sepanjang gang yang dilewati proyek secara sadar langsung membongkar pagar-pagar mereka.

“Alhamdulillah, tanpa disuruh, warga sudah membongkarnya sendiri,” tuturnya.

Sementara itu Kepala Dusun 2, Tamsil, sangat mengapresiasi kebijakan Pemerintah Desa dan inisiatif Ketua Pelaksana Proyek, karena melibatkan warganya.

“Rabat gang kali ini juga bagus. Ada parit di kedua sisi gang. Tidak seperti gang lain.” Cetus Tamsil (KP.03)

Labels: ,

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.