Banner iklan disini Banner iklan disini

Landasan Bandara Sering Diseberangi Warga, Kadek Desak Pemda Buatkan Jalan Lintas

I Kadek Yuli Satriawan, SI.Kom, SSIT
Bima, Poros NTB.- Kepala Bandar Udara Sultan Muhammad Salahuddin (SMS) Bima, I Kadek Yuli Satriawan, SI.Kom, SSIT, mendesak pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Bima, untuk membuatkan jalan lintas di luar pagar areal bandara untuk warga.

Pasalnya selama ini, landasan bandara SMS kerap digunakan sebagai jalan pintas dilintasi warga yang hendak menyeberangi areal bandara.

Padahal kata Kadek, berdasarkan procedural keamanan, landasan bandara mestinya menjadi daerah steril, karena hanya digunakan untuk pendaratan dan lepas landas pesawat. Jadi selain petugas, tentunya tertutup untuk umum.

“Jangankan untuk menyeberang, orang (selain petugas) susah untuk masuk ke situ. Karena landasan mestinya daerah yang steril,” miris Kadek yang baru 2 bulan menjabat menggantikan Chairul Human yang dicopot awal November 2018 lalu.

Namun, karena tidak adanya jalan alternative, warga yang terburu-buru dan enggan mengambil jalan putar, akhirnya nekat menerobos dan melintasi landasan.

Kadek menuturkan, pihaknya sudah mendekati Sekda, Bupati dan Wakil Bupati terkait desakannya tersebut.

“Jadi tolonglah, Pemda buatkan jalan ke sana untuk petaninya,” pintanya.

“Bandara ini hanya bisa maju jika ada dukungan dari Pemda dan masyarakat. Jadi kalau tidak didukung, lebih baik saya angkat koper pulang,” imbuh Mantan Kepala Bandara M. kaharuddin Sumbawa ini.

Ia bahkan menyentil, lebih “parah” keadaan Bandara SMS Bima dibandingkan dengan pengalamannya saat mengampu Bandara M. Kaharuddin Sumbawa.

Menurutnya, rata-rata masyarakat sekitar belum teredukasi terkait aspek keamanan bandara. Karena itu, pihaknya sempat berkoordinasi dengan Muspika setempat, dari camat hingga kepala dusun, agar menghimbau warga petani agar tidak melintasi areal landasan bandara demi keamanan mereka juga.

Untuk diketahui pagar areal landasan bandara memang tidak ditutup. “Nanti kita tutup pagarnya, warga ngamuk lagi,” ucap Kadek.


Pembuatan jalan alternative untuk warga petani ini, dianggapnya sebuah keniscayaan untuk memajukan Bandara SMS Bima. Karena itu sekali lagi ia menegaskan, agar Pemda mendukung Bandara dengan membuatkan jalan dimaksud. (Teddy) 

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.