Dorong Peningkatan Kompetensi Guru SMP, Dosen STKIP Tamsis Gelar Workshop

Foto bersama guru SMPN 1 Monta dengan dosen STKIP Tamsis


Bima, porosntb.com-STKIP Taman Siswa Bima melalui dosennya Arif Hidayad, S.Pd.,MPd  melaksanakan kegiatan “Workshop Penyusunan Instrumen Evaluasi Otentik Pada Pembelajaran K-13 Berbasis Online (e-instrument) bagi guru SMP Se-kabupaten Bima. Kegiatan yang didukung oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi tersebut dilaksanakan Sabtu, (25/5/2019) di SMP Negeri 1 Monta. 

Menurut Arif Hidayad, pemilihan SMP Negeri 1 Monta sebagai tuan rumah pelaksanaan workshop didasarkan pada kelayakan fasilitas, strategis tempat, dan ketersediaan sarana dan prasarana yang ada di dalamnya. Kegiatan tersebut dihadiri oleh peserta perwakilan dari Guru SMPN di 4 kecamatan yaitu Monta, Langgudu, Donggo dan Tambora. Juuga dihadiri oleh  Zulharman, .M.Ling selaku Ketua bidang penelitian LPPM STKIP Taman Siswa Bima.

Arif Hidayad sebagai pemateri memberikan tugas rumah kepada peserta untuk menyusun kisi-kisi instrumen dan instrumen evaluasi pembelajaran. Tugas tersebut akan ditagih kembali pada saat workshop kedua sebagai dasar penyampaian materi validitas dan reliabilitas instrumen serta mengemasnya dalam bentuk e instrumen.  

Salah satu peserta workshop Fikrilmahfud, S.Si  mengungkapkan, kegiatan workshop tersebut sangat bermanfaat dan memberikan nilai tambah bagi guru dalam menyusun instrumen evaluasi pembelajaran yang valid dan terukur, khususnya bagi guru SMP. Dia juga menekankan bahwa, perlunya para peserta workshop dibekali dengan kemampuan menvalidasi instrumen evaluasi pembelajaran baik secara konstruk maupun secara empirik oleh guru itu sendiri. 

"Jika sudah demikian, maka guru yakin dengan instrumen yang dibuatnya telah valid atau terstandarkan. Kami menunggu jadwal workshop kedua," ujarnya.

Kabid Penelitian LPPM, Zulharman M Ling dalam sambutannya mengatakan, workshop tersebut sengaja dilaksanakan sebagai bentuk pengabdian Perguruan Tinggi kepada masyarakat sebagai implementasi tri darma perguruan tinggi oleh dosen dalam rangka meningkatkan kualitas Pendidikan khususnya di Kabupaten Bima. 

Sementara Kepala SMP Negeri 1 Monta Dra. Arfida Roswati, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Kemenristekdikti dan khususnya STKIP Taman Siswa Bima yang telah memilih sekolahnya sebagai tuan rumah workshop. Dia juga menyatakan bahwa kegiatan workshop tersebut merupakan awal dari terbangunnya kemitraan dengan STKIP Taman Siswa Bima dalam rangka mengembangkan pendidikan di Kabupaten Bima. 

"Tentunya, kemitraan ini harus terus berlanjut dan terus berinovasi dalam rangka meningkatkan praktik pendidikan," tegasnya. 

Kegiatan  workshop akan dilaksanakan dua kali. Workshop Pertama bertujuan untuk menguatkan pemahaman guru tentang apa itu tes, pengukuran, penilaian dan evaluasi dalam pembelajaran. Selain itu, guru juga diharapkan mengetahui bagaimana karakter instrumen penilaian yang baik dan tepat sesuai dengan kemampuan siswa. Selanjutnya, pada workshop Kedua nantinya, para guru atau peserta workshop diharapkan mampu menyusun instrumen pembelajaran otentik pada kurikulum 2013 yang valid, terstandar dan akurat sesuai dengan bidangnya masing-masing. Kemudian, instrumen yang telah dibuat akan dikemas dalam bentuk e-instrument yang bisa diakses secara online oleh para pelaksana dan peserta tes. (Poros07)
Labels: ,

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.