Gelar Bukber, Ketua STKIP Tamsis Bicara Soal Muhasabah dan Generasi Qurani

Suasana saat ketua STKIP Tamsis Bima Dr Ibnu Khaldun MSi memberikan kultum


Bima, porosntb.com-Sebagai upaya meningkatkan tali silaturahmi serta ibadah di bulan suci ramadhan, STKIP Taman Siswa Bima menggelar buka puasa bersama Rabu (29/6/19). Acara bukber itu dipimpin Ketua STKIP Taman Siswa Bima, Dr Ibnu Khaldun Sudirman MSi dan dihadiri pegawai serta segenap civitas akademika di Masjid Tholabul Ilmi Sudirman, kampus setempat. 

Pada kesempatan itu, Dr
Ibnu Khaldun dalam kuliah tujuh menit (Kultum) menyampaikan soal muhasabah diri. Menurutnya, seseorang yang bertaqwa adalah mereka yang membawa sebaik-baik bekal. Dan dalam perjalanan mencari bekal tersebut tak jarang seseorang merasa lelah dan bosan yang mengakibatkannya tak mawas diri.

"Mari bermuhasabah tentang apa saja yang sudah kita lakukan dalam bulan puasa ini. Apakah kita tergolong puasanya orang awam yang hanya menahan lapar dan dahaga saja, ataukah tergolong orang-orang yang lebih dari itu. Tinggal kita merenungi," ujarnya.

Dikatakan, Muhasabah akan membantu seseorang untuk menghadapi berbagai rintangan yang ia temukan dalam pencariannya akan bekal tersebut. "Untuk itu melalui momentum buka puasa bersama ini kita jadikan untuk bermuhasabah diri, guna memperbaiki ketaqwaan kita kepada Allah SWT," ajaknya. 

Disamping itu, Doktor jebolan Universitas Indonesia ini kembali menegaskan akan komitmen kampus yang memiliki visi membangun Iptek sekaligus Imtaq dalam mewujudkan SDM atau output yang berkualitas. 

"Bidang Iptek dan Imtaq harus sama-sama jalan. Untuk bekal dunia dan akhirat," tegasnya. 

Di bidang imtaq sambung pria enerjik ini, STKIP Taman Siswa fokus menata karakter mahasiswa dalam membangun generasi Qurani. Hal ini sebagai bentuk bahwa kampus yang berlokasi di Desa Padolo Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima itu ikut mendukung visi Bima Ramah (Religius). Meskipun kata Ibnu, Bupati Bima belum berkesempatan untuk hadir di kampus dalam rangka menengok geliat program "iklim Djikir" yang terus menggelora di kampus tersebut.

"Tapi paling tidak, kita tetap satu visi menciptakan generasi yang punya akhlak dan Qurani. Bagaimana pun, kaum akademisi tetap memberikan dukungan terhadap program pemerintah daerah," tegasnya di hadapan sejumlah civitas akademika dan pejabat Pemkab Bima yang sempat hadir.

Usai kultum, kegiatan dilanjutkan dengan solat magrib berjamaah kemudian acara buka puasa bersama dilaksanakan di auditorium Sudirman kampus setempat. (Poros07) 

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.