Hati-Hati, Sejumlah Toko di Kecamatan Bolo Kedapatan Menjual Barang Kadaluarsa

Kepolisian Sektor Bolo, saat melakukan inspeksi di salah satu toko untuk memeriksa barang yang sudah melewati batas edar
Bima, Poros NTB.- Kepolisian Sektor Bolo bersama Muspika Bolo menggelar apel persiapan operasi kelayakan edar makanan dan minuman ringan di wilayah Kecamatan Bolo, Kamis (30/5/19) Pukul 10.00 Wita di Mako Polsek Bolo.

Giat tersebut dipimpin langsung Kapolsek Bolo, IPDA Nurdin yang diikuti anggota Polsek, Pos Pol Daru, dan Satpol PP Bolo.

Giat yang terbagi dalam 2 Regu ini melakukan penyisiran baik di Toko maupun Mart, guna memeriksa bahan makanan maupun minuman yang telah melewati batas edar.

“Regu pertama saya pimpin langsung dengan jalur dari Desa Rasabou sampai dengan Desa Rato.” Ujar Kapolsek Bolo, Ipda Nurdin.

Dari hasil penyisiran regunya, Nurdin berhasil menemukan beberapa jenis makanan yang kadaluarsa di toko “SB” yang beroperasi di Desa Rasabou.

“Kita temukan Wafer Hanzel sebanyak 4 kotak, Susu kaleng 10 biji, Pop Mie 7 kotak. Sedangkan di Alfamart Desa Rasabou hasilnya Nihi. Toko “DM” di Desa Rasabou didapatkan barang yang kadaluarsa yakni Biore Cair 2 bungkus, Hand body Kris 3 botol," Tutur Nurdin.

Lebih lanjut rincinya, masih di Rasabou, Toko “BLD” berhasil ditemukan Popok Bayi Extra kering 30 sachet, Alfamart 2 Rasabou hasil nihil, Toko As-Salam Pasar sila hasil nihil.

Di lokasi pasar yang sama, di Toko “LN” ditemukan 1 renteng Popok bayi, Sun bayi 11 kotak yang kadaluarsa. Toko “D 2” Desa Rato juga ditemukan 15 bungkus  popok bayi, 1 pak besar popok bayi. Toko “R” Desa Rato ditemukan 10 biji Popok Bayi, sedangkan Toko Dinamis 1 Cabang Donggo hasil Nihil.

Sementara Regu Dua yang dipimpin KSPK I, menyisir jalur Desa Darusalam sampai Desa Kananga.

Dilaporkan, Alfamart Desa Darusalam nihil, Toko “DP” ditemukan barang Expired berupa snack merk biskuit Roma sebanyak 13 kotak, Susu instan Milo sebanyak 15 botol, ice cream wol sebanyak 15 biji, Pocari Sweat 6 kaleng, Pulpy Orange sebanyak 3 botol.

Toko “HJ” ditemukan popok bayi ukuran S sebanyak 40 biji, Kopi ABC sebanyak 5 renteng. Bolly Mart dan Alfa Mart Desa Timu, nihil. Toko “AS” Desa Kananga ditemukan barang kadaluarsa, berupa Susu ukuran 1 kg 3 kotak, Susu ukuran 1,5 kg 1 kotak, dan Roti asin 2 kotak.

“Barang-barang yang telah mencapai batas edar ini akan kita koordinasikan lebih lanjut dengan  Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) untuk proses pemusnahannya,” tutur Nurdin.

Terkait sanksi yang akan diberikan kepada sejumlah toko yang kedapatan masih mengedarkan barang-barang kadaluarsa, masih menunggu keputusan pihak BPOM Kabupaten Bima. (Poros.08)
Labels: , ,

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.