Peringatan Hardiknas, Pemkab Bima Canangkan Gerakan Ramah Lingkungan


Bima, Poros NTB.- Wakil Bupati Bima Drs. H. Dahlan M. Noer yang menjadi Pembina Upacara Hari Pendidikan Nasional Tingkat Kabupaten Bima Yang digelar Kamis (2/5) mencanangkan Gerakan Eco Office (kantor ramah lingkungan) dan Eco School (sekolah ramah lingkungan) lingkup Pemerintah Kabupaten Bima di Halaman Kantor Bupati Bima di Godo Kecamatan Woha sebagai bentuk dukungan nyata Kabupaten Bima terhadap Program Zero Waste yang dicanangkan Gubernur NTB.

Pencanangan ditandai dengan pembacaan Ikrar sebagai tindak lanjut Instruksi Bupati Bima Nomor 3 dan 4 tahun 2019, yang mewajibkan semua pegawai dan  sekolah – sekolah  untuk menerapkan prinsip kantor dan sekolah ramah lingkungan.

Ada tiga poin ikrar tersebut yaitu Pertama: “Siap untuk bersih” dengan menjadikan kantor dan sekolah yang bebas dari sampah plastik, Sampah lainnya dan Toilet yang bersih. Kedua: “Siap untuk hijau” yaitu menjadikan lingkungan hijau dengan menanam aneka pohon dan bunga serta membuat lubang biopori. Serta “Siap untuk hemat” yaitu penghematan penggunaan, air pemakaian listrik dan kertas serta membiasakan penggunaan berkas secara elektronik melalui penerapan teknologi informasi.

Dahlan mengatakan, Penerapan Gerakan Eco Office dan Eco School  ini ditujukan untuk memberikan kesadaran kepada semua pihak agar memiliki komitmen dan secara sistematis mengembangkan program - program tertentu untuk menanamkan nilai lingkungan ke dalam seluruh aktifitas kantor maupun sekolah,  ditata secara ekologis sehingga menjadi wahana pembelajaran untuk bersikap arif dan berprilaku ramah lingkungan”. Jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Pemerintah daerah melalui Wakil Bupati mengucapkan terima kasih kepada komunitas – komunitas yang telah ikut peduli dengan penanganan lingkungan hidup, juga kepada komunitas JAO Bima yang telah ikut berkontribusi dalam gerakan eco office ini. (Kom)
Labels: ,

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.