Diskop Dan UKM Adakan Diklat KSP Dan Pembiayaan Syariah


Bima, porosntb.com.- Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bima mengadakan kegiatan Diklat Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah pada kegiatan pembinaan kelembagaan usaha koperasi Simpan Pinjam dan Unit Simpan Pinjam Koperasi tahun 2019. Kegiatan tersebut dilaksanakan di aula hotel Permata Kota Bima pada hari Rabu ( 26/6). Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bima, para Narasumber serta perwakilan dari Koperasi Se – Kabupaten Bima.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bima Iwan Setiawan, SE dalam pengantar bahwa dengan adanya kegiatan seperti ini dalam rangka memberikan pemahaman terhadap para ketua dan pengurus koperasi yang ada di wilayah kabupaten Bima agar dapat mengelola koperasi tersebut dengan baik, sehingga dari usaha yang dikelolanya dapat  meningkat terutama kesejahteraan para anggota. Maka dari itu kepada seluruh peserta diklat agar dapat  mengikuti diklat ini dengan sungguh – sungguh sehingga dari hasil diklat ini dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan guna mengelola koperasi .

Dengan kehadiran Koperasi Simpan Pinjam ini kedepanya harus bisa mencermati situasi dan kondisi apa saja yang harus menjadi peluang koperasi sehingga dibutuhkan inovasi dan kreasi dari pengurus dalam mengembangkan sebuah koperasi dan bisa meningkatkan kesejahteraan para anggotannya.
Kegiatan diklat ini direncanakan mulai tanggal 26 s/d 28 Juni 2019 di aula hotel Permata Kota Bima, dimana para peserta diklat ini akan diberikan materi terkait dengan pengelolaan koperasi yang diberikan oleh para narasumber.

Menurut Bupati Bima yang diwakili oleh Assisten Administrasi Umum Setda Bima Drs. H.Arifuddin, HMY dalam arahan mengatakan bahwa Salah satu program strategis kabupaten Bima saat ini dan kedepannya adalah optimalisasi pembangunan bidang ekonomi. Keberadaan Koperasi usaha mikro kecil dan wirausaha baru sebagai salah satu agenda penting yang perlu diberdayakan. Karena sesungguhnya lembaga ekonomi tersebut dinilai efektif dalam menggerakan roda ekonomi masyarakat. Namun demikian dalam kiprahnya Koperasi Koperasi Simpan Pinjam  / Unit Simpan Pinjam  maupun wirausaha baru sering dihadapkan pada beragam permasalahan baik internal maupun eksternal, sehingga Koperasi belum bisa memberikan kontribusi yang optimal seperti halnya Lembaga Perekonomian Lainnya. Kondisi tersebut mengakibatkan kekurangan daya saing Koperasi ketika berhadapan dengan kondisi kekinian.

Oleh karena itu dalam rangka menghadapi era globalisasi ini, maka paling tidak ada tiga aspek yang perlu menjadi perhatian dalam mendorong tumbuh kembanganya Koperasi berbasis syariah. Aspek tersebut antara lain Produk UMKM Syariah harus dikemas dalam tampilan yang menarik. Perbedaan produk UMKM umum dan syariah harus diberikan pembedaan agar konsumen mengetahui bahwa produk yang ada dilabel syariah. Aspek selanjutnya yang perlu menjadi perhatian adalah masalah Pemasaran. Karena saat ini UMKM Syariah masih dalam proses pengembangan, maka focus pemasaran adalah memunculkan bentuk usaha berbasis syariah ini dengan memanfaatkan secara optimal beragam media yang ada. Pengembangan Sumber Daya Manusia pengelola yang memiliki keterampilan memadai dalam manajemen koperasi dan memiliki wawasan tentang ke-Islaman merupakan salah satu tantangan dalam membangun UMKM syariah ini.

Saya berharap kepada segenap peserta Diklat Koperasi KSP / USP berbasis Syariah UMKM dan wirausaha baru yang diikutkan dalam kegiatan Bimtek ini dapat diikuti dengan baik dengan harapan ilmu yang diperoleh dapat diterapkan dan diaplikasikan sekembalinya di Koperasi masing – masing. Kepada para instruktur saya ucapkan terima kasih sembari berharap dapat memberikan ilmunya dengan optimal. (Hum)
Labels: , ,

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.