Tim Gabungan Berhasil Amankan 162 Batang Kayu Mewah

Kayu Sonokeling yang telah diolah yang ditemukan Tim Gabungan di TKP
Bima, Porosntb.com,- Komitmen TNI untuk bersinergi dengan instansi pemerintah terkait menjaga kelestarian hutan nampaknya terus membuahkan hasil.

Baru-baru ini, kasus pengerukan sumber daya hutan yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, kembali digagalkan.

Dimana sekurangnya 162 batang kayu sonokeling berhasil diamankan oleh tim gabungan yang terdiri dari personel KPH Maria Donggomasa, anggota Kodim 1608/Bima dan anggota Brimob Sape disekitar sungai Hidirasa, Jumat (31/5/19).

Kepala KPH Donggomasa, Akhyar, S.Hut, menuturkan. Pengamanan kayu hasil illegal logging yang tergolong langka tersebut, berawal dari lamporan masyarakat.

“Berdasarkan informasi warga, tim kita langsung turun di lokasi,” tutur Akhyar via handphone, Sabtu (01/6/19).

Sesampai di lokasi, imbuhnya, tim menemukan 162 batang kayu Sonokeling berupa papan olahan di sepanjang sungai.

Sayangnya, belum terungkap oknum pemilik kayu yang juga dikenal sebagai Kayu Mewah tersebut. Karena saat tim menyisir sekitar TKP, tidak ditemukan sesiapapun.

“Kita juga tidak memperoleh informasi tentang siapa pemilik kayu tersebut," ujar Akhyar.
Guna keperluan penyelidikan dan identifikasi lebih lanjut, kayu sitaan itu, kini diamankan di Kota Bima.

Dugaan sementara, menurut keterangan dari pihak KPH Maria Donggomasa, diperkirakan kayu tersebut berasal dari wilayah kawasan hutan lindung Blok Kaworo. “Namun akan dipastikan lebih jelas lagi melalui proses identifikasi," jelas Akhyar.

Di tempat terpisah, Dandim 1608/Bima, Letkol. Inf. Bambang Kurnia Eka Putra menghimbau untuk tidak lagi melakukan penebangan liar atau illegal logging. Karena selain melanggar hukum, juga akan berdampak buruk bagi lingkungan.

“Apabila penebangan hutan terus dilakukan, bisa dipastikan akan berdampak pada kebanjiran, serta kekeringan,” ujarnya.

Dandim dan pihak KPH menegaskan, mereka akan terus berupaya semaksimal mungkin untuk menekan kegiatan perambahan hutan.


"Terus terang kami sangat terbantu dengan adanya support yang luar biasa dari Kodim 1608/Bima, baik secara fisik maupun dukungan moril bagi anggota dilapangan," ungkap Akhyar. (Poros08)
Labels: , ,

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.