--> Kadis Pariwisata Usulkan Dana Desa Disisipkan untuk Pengembangan Wisata Desa | Poros NTB

Kadis Pariwisata Usulkan Dana Desa Disisipkan untuk Pengembangan Wisata Desa

Views
Dibaca Normal
Kadis Pariwisata Kabupaten Bima, Drs Dahlan
Bima, Poros NTB.- Kabupaten Bima merupakan salah satu daerah yang memiliki spot wisata popular dan menawan yang melimpah. Namun, sebenarnya yang belum “tergali”, bisa jadi lebih banyak lagi adanya dan lebih eksotis panoramanya. Karena itu, peran serta masyarakat dalam usaha memperkenalkan potensi spot wisata di sekitarnya sangat bermanfaat bagi Pemerintah Daerah, agar bisa dipertimbangkan pengembangannya.

Fakta di atas, membuat salah seorang tokoh muda di Kecamatan Madapangga, Nasrulah, S.Pd, giat mengajak masyarakat agar tidak mengacuhkan keberadaan obyek wisata di sekitarnya.

“Obyek wisata saat ini, sering dilupakan oleh masyarakat kita,” ujarnya, saat berbincang dengan awak media ini, Senin (01/07) ini.

“Seperti Desa Campa yang memiliki Obyek Wisata Air Terjun Oi Tamba, ujar generasi, Seperti Desa Campa yang memiliki Obyek Wisata Air Terjun Oi Tamba,” imbuhnya lagi.

Kata dia, obyek wisata di kabupaten Bima ini yang tersebar di berbagai wilayah, tidak kalah dengan daerah lainnya. "Hanya saja potensi wisata yang ada belum dikembangkan secara maksimal," tukasnya.

Ia juga meminta, Pemda agar lebih peduli dengan obyek wisata yang ada di daerah ini.

Di tempat terpisah, Kadis Pariwisata Kabupaten Bima, Drs Dahlan, mengatakan, Pemerintah Kabupaten Bima melalui Dinas yang ia pimpin, menegaskan, tanpa dimintapun, dinasnya akan selalu peduli dengan pengembangan obyek wisata.  

“Apalagi baru beberapa waktu lalu, Bupati Bima ikut di Paris sebagai Duta NTB yang menandakan bahwa Kabupaten Bima masuk sebagai daerah di Propinsi NTB yang potensi wisatanya banyak," terang Kadis.

Hanya saja, seperti kata Nasrullah, perhatian Pemerintah Daerah harus didukung oleh keinginan masyarakat agar dapat memperhatikan potensi wisata yang ada di sekitarnya.

“Paling penting adalah masyarakat harus punya perhatian untuk kembangkan wisata. Selanjutnya pemerintah akan membantu sehingga terwujudnya desa wisata," ujar Dahlan.

Karena menurutya, setiap yang diprogramkan pemerintah, tentunya bermuara pada masyarakat. “Karena hakikatnya pemerintah berbuat untuk kesejahteraan masyarakat. Jadi jika ada potensi di desa yang bisa dijadikan obyek wisata. Masyarakat jangan vakum. Tapi kelola dengan baik, selanjutnya lakukan langkah konkrit seperti berkoordinasi dengan pemerintah," pinta Dahlan.

Jika hal itu bisa dilakukan, ucap Dahlan, Pemerintah Desa (Pemdes) bisa meraup pendapatan sekaligus sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat. "Bukan saja Pemdes yang dapat pemasukan. Lokasi obyek wisata bisa dijadikan tempat bagi masyarakat untuk mengais rejeki, seperti membuka usaha warung dan lainnya. Itu sisi positif jika terwujud desa wisata dan banyak lagi lainnya," terang dia.

Kemudian disinggungnya, penggunaan Dana Desa tak semestinya fokus pada pembangunan infrastruktur. Namun harus ada sebagian anggaran untuk pengembangan wisata di desa. "Saya harap Pemdes dan masyarakat bersinergi untuk mewujudkan desa wisata. Mari berinovasi demi memaksimalkan potensi yang ada," ajak mantan Camat Woha ini.
                       
Dirinya berharap, masyarakat membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pok Darwis) seperti yang dilakukan oleh warga Kecamatan Sape saat ini. Sehingga bisa mengikuti pelatihan yang dibuka oleh Dinas Pariwisata setiap tahunnya.


"Jangan tunda lagi, silahkan bentuk Pok Darwis, Dinas Pariwisata siap membantu untuk mewujudkan desa wisata," pungkasnya. (Poros08)

COMMENTS

Nama

#Corona,123,arena,36,Bandara,7,Bansos,36,Bawaslu,17,bhakti sosial,22,bima,2254,bima iptek,4,Bima Pemerintah,81,Bima Pemerintahan,47,Bima: Pemerintah,5,bima. Pariwisata,3,Coro,1,Corona,72,Covid-19,25,Curanmor,3,Demonstrasi,2,des,1,Desa,53,dompu,114,Editorial,2,ekbis,203,Ekonomi,1,Ekonomi.,4,enterpreneur,1,event,1,explore,2,featured,91,Hoax,1,huk,1,hukrim,577,huksrim,3,hukum,1,Humaniora,1,HUT RI,1,iptek,26,Keagamaan,15,keamanan,7,kebudayaan,1,Kecelakaan,1,kejadian dan peristiwa,2,kemanusiaan,4,kepegawaian,1,kependudukan,10,kepolisian,35,Kesehatan,121,Kesenian,1,ketenagakerjaan,2,Kodim,15,Konflik,1,Korupsi,11,kota bima,134,KPU,3,KSB,2,lingkungan,98,lombok,107,Mataram,72,miras,1,Narkoba,7,Nasional,6,NTB,1,olahraga,24,Opini,49,Pariwisata,80,Pelayanan Publik,10,pembangunan,22,pembangunan.,2,pemerintah,37,Pemerintah.,1,pemerintahan,434,Pemerintahan.,5,Pemprov,3,Pemprov NTB,143,pendidikan,357,pendidikan.,8,Perbankan,1,Perguruan Tinggi,3,perhubungan,7,perisstiwa,44,peristiwa,359,Perjudian,2,persitiwa,6,Pertamina,2,pertanian,34,Peternakan,3,politik,262,Politik.,9,Prahara,12,Prestasi,21,Provinsi,1,puisi,1,regional,3,religi,23,religius,41,Sains,1,SAJAK,1,seni,1,SKCK,1,sosbud,190,Sosial,42,Sosok,1,SUDUT PANDANG,1,sumbawa,20,Tajuk,2,Tekhnologi,2,TKI,5,TNI,1,transportasi,2,travel,5,video,5,
ltr
item
Poros NTB: Kadis Pariwisata Usulkan Dana Desa Disisipkan untuk Pengembangan Wisata Desa
Kadis Pariwisata Usulkan Dana Desa Disisipkan untuk Pengembangan Wisata Desa
https://1.bp.blogspot.com/-w3gVzyFBx2M/XRnsEh-HuJI/AAAAAAAAAT0/6r-xZET0ZC4UeLAxfaqbKoIZXj5mh1o_QCLcBGAs/s640/Screenshot_3.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-w3gVzyFBx2M/XRnsEh-HuJI/AAAAAAAAAT0/6r-xZET0ZC4UeLAxfaqbKoIZXj5mh1o_QCLcBGAs/s72-c/Screenshot_3.jpg
Poros NTB
https://www.porosntb.com/2019/07/kadis-pariwisata-usulkan-dana-desa.html
https://www.porosntb.com/
https://www.porosntb.com/
https://www.porosntb.com/2019/07/kadis-pariwisata-usulkan-dana-desa.html
true
2479742407306652642
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content