--> Menatap Akreditasi, TK Ar-Rahman Dikunjungi Tim Asesor Ban Paud PNF Provinsi | Poros NTB

Menatap Akreditasi, TK Ar-Rahman Dikunjungi Tim Asesor Ban Paud PNF Provinsi

Views
Dibaca Normal
Tim Asesor ditemani oleh Ketua Yayasan TK Ar-Rahman, beserta sejumlah guru
Bima, Poros NTB.- TK Ar-Rahman mendapatkan kunjungan Tim Asesor dari Badan Akreditasi Nasional (BAN) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Non Formal (PNF) dari Provinsi Nusa Tenggara Barat, Kamis (25/7/19) kemarin guna melakukan visitasi akreditasi terhadap PAUD tersebut.

Bertindak sebagai asesor A, Susana, M.Pd, dan Rosmandiani sebagai asesor B. “Kita bedua mendapakan mandat dari Ban Paud PNF Provinsi NTB, karena TK Ar-rahman ini sebelumnya sudah mengajukan permohonan lewat aplikasi Sispena (Sistim Peniliaian Akreditasi) secara online. Setelah kita periksa (data yang diupload lewat aplikasi) ternyata TK Ar-Rahman ini sudah memenuhi syarat,” ujar Susana sebagai Asesor A.

Untuk menindaklanjutinya, imbuh Susana, keduanya melakukan kunjungan untuk visitasi akreditasi, guna melakukan “Cross Check” kebenaran dan kesuseaian dokumen yang diupload oleh TK Ar-Rahman dengan kondisi riil yang ada di lembaga.

Tak main-main, kedua Tim Asesor memulai kegiatannya dimulai dari Pukul 6.30 Wita hingga 16.00 sore.

Ada 8 standar yang akan dinilai oleh Tim Asesor. Pertama, Tingkat Percapaian Perkembangan Anak. “Ada enam aspek perkembangan anak yang akan kita observasi atau diamati dengan cara mewawancara anak-anak, untuk mengetahui apakah semua dari keenam aspek itu sudah diimplementasikan atau tidak,” beber Susana.

Kedua, Standar Isi, yaitu terkait kurikulum apa yang dipakai lembaga, dan seperti apa penerapannya. Ketiga Standar Proses, terkait dengan implementasi kurikulum. Hal ini, mencakup bagaimana cara guru melaksanakan kegiatan main dari awal sampai akhir.

“Apa saja yang diberikan kepada anak? Apakah sudah termasuk semua 6 aspek itu. Apakah sesuai dengan rencana yang dibuat dengan implementasi kegiatannya.” Terangnya.

Sementara yang keempat adalah PPK atau pendidik dan tenaga pendidikannya. Berupa profesionasme gurun dan kompetensi guru, yang mencakup kepribadian, pedagogic, sosial dan emosinal guru.

“Semua kita amati, observasi, kita wawancarai untuk memperkuat data data kami nanti,” tukas Susana.
Yang kelima, terkait sarana dan prasarana. Berupa Gedung, permainan edukatif baik di dalam maupun di luar kelas. Yang menjadi perhatian utama Tim Asesor adalah masalah sanitasi. Seperti tempat cuci tangan, Toilet anak. “Apakah nyaman atau tidak untuk anak-anak, dan ada tempat bermain itu yang paling penting.” Imbuh Susana.

Keenam, Standar Pengelolaan, yang terkait dengan strategis kepala sekolah dalam memanage lembaga. Apakah sesuai dengan visi misinya, atau apakah Kepala Sekolah mengadakan supervise terhadap guru, agar bisa mmengontrol sejauh mana kemampuan gurunya dalam membimbing anak

Ketujuh, Standar Pembiayaan. Yakni terkait sumber pembiayaan dan pelaporannya. Apakah sumber dana pembiayaan itu sudah dilaporkan atau tidak, dan apakah dana yang dimiliki ini sudah mencukupi atau tidak. Lalu strategi apa yang diambil oleh kepala sekolah agar lembaga yang dibinanya bisa berkembang.

Terakhir adalah Standar Penilaian. Yakni, bagaimana seorang guru menilai tingkat pencapaian anak selama satu tahun yang mencakup penilaian harian, mingguan, bulanan, dan semesteran.

“Yang nantinya dapat dikomunikasikan dengan orang tua anak, agar mereka mengetahui sudah sejauh mana perkembangan anaknya.” Terang Susana.

Saat, awak media ini melakukan peliputan kegiatan ini, Tim Asesor sendiri baru melakukan tahap awal, dengan focus pada pembelajaran dari awal sampai akhir. “Kami baru focus pada anak dan gurunya. kami belum mencocokkan data yang sudah dikirim dengan apa yang kami temukan.” Pungkasnya

Nantinya, kata dia usai penilaian dilakukan, akan ada proses lanjutan. Dimana hasil penilaian akan ditindak lanjuti oleh Tim Asesor yang berbeda, yakni Asesor Validasi yang akan memperkuat kembali apa yang menjadi temuan dan penilaian awal.


Barulah nanti akan diadakan rapat pleno, untuk menentukan status akreditasi dari TK Ar-rahman. Apakah statusnya berupa Akreditasi A, B, atau C. (Poros10)

COMMENTS

Nama

#Corona,123,arena,37,Bandara,7,Bansos,38,Bawaslu,17,bhakti sosial,25,bima,2302,bima iptek,4,Bima Pemerintah,81,Bima Pemerintahan,47,Bima: Pemerintah,5,bima. Pariwisata,3,Coro,1,Corona,74,Covid-19,28,Curanmor,3,Demonstrasi,2,des,1,Desa,53,dompu,134,Editorial,2,ekbis,204,Ekonomi,1,Ekonomi.,4,enterpreneur,1,event,1,explore,2,featured,92,Hoax,1,huk,2,hukrim,611,huksrim,3,hukum,1,Humaniora,1,HUT RI,1,iptek,26,Keagamaan,15,keamanan,7,kebudayaan,1,Kecelakaan,1,kejadian dan peristiwa,2,kemanusiaan,4,kepegawaian,1,kependudukan,10,kepolisian,57,Kesehatan,125,Kesenian,1,ketenagakerjaan,2,Kodim,15,Konflik,1,Korupsi,11,kota bima,139,KPU,3,KSB,2,lingkungan,99,lombok,108,Mataram,75,miras,1,Narkoba,7,Nasional,7,NTB,1,olahraga,24,Opini,49,Pariwisata,80,Pelayanan Publik,11,pembangunan,22,pembangunan.,2,pemerintah,37,Pemerintah.,1,pemerintahan,435,Pemerintahan.,5,Pemprov,3,Pemprov NTB,143,pendidikan,359,pendidikan.,8,Perbankan,1,Perguruan Tinggi,3,perhubungan,7,perisstiwa,45,peristiwa,385,Perjudian,2,persitiwa,6,Pertamina,2,pertanian,34,Peternakan,3,politik,272,Politik.,9,Prahara,12,Prestasi,22,Provinsi,1,puisi,1,regional,3,religi,26,religius,41,Sains,1,SAJAK,1,seni,1,SKCK,1,sosbud,190,Sosial,42,Sosok,2,SUDUT PANDANG,1,sumbawa,20,Tajuk,2,Tekhnologi,2,TKI,5,TNI,1,transportasi,2,travel,5,video,5,
ltr
item
Poros NTB: Menatap Akreditasi, TK Ar-Rahman Dikunjungi Tim Asesor Ban Paud PNF Provinsi
Menatap Akreditasi, TK Ar-Rahman Dikunjungi Tim Asesor Ban Paud PNF Provinsi
https://1.bp.blogspot.com/-tGgUeMiFBh8/XTo5eb0niOI/AAAAAAAAGAs/A8v2z1deTO4NH74HPUBo348-aw7OGwu5ACLcBGAs/s640/Screenshot_2.png
https://1.bp.blogspot.com/-tGgUeMiFBh8/XTo5eb0niOI/AAAAAAAAGAs/A8v2z1deTO4NH74HPUBo348-aw7OGwu5ACLcBGAs/s72-c/Screenshot_2.png
Poros NTB
https://www.porosntb.com/2019/07/menatap-akreditasi-tk-ar-rahman.html
https://www.porosntb.com/
https://www.porosntb.com/
https://www.porosntb.com/2019/07/menatap-akreditasi-tk-ar-rahman.html
true
2479742407306652642
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content