--> Promosi Wisata Pantai Wane, Pokdarwis LABIBANO Gelar Lomba "RMPU MPIDA BIBANO" dan "KAREKU KANDEI" | Poros NTB

Promosi Wisata Pantai Wane, Pokdarwis LABIBANO Gelar Lomba "RMPU MPIDA BIBANO" dan "KAREKU KANDEI"

Dibaca Normal
Sejumlah kaum hawa di Desa Tolotangga sedang melakukan latihan "Kareku Kandai" untuk diperlombakan di Festival Rnpu Mpida dan Kareku Kandai, Jum'at (28/7/19) mendatang

Bima, Poros NTB.- Keindahan Pantai Wane sudah tidak diragukan lagi. Pantai yang terletak di wilayah pesisir selatan kawasan Desa Tolotangga dan Desa Tolouwi Kecamatan Monta ini memang sudah kesohor hingga Mancanegara.

Hamparan pasirnya yang luas dan ombaknya yang bergulung-gulung menghempas karang menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan. Belum lagi panorama alam yang mengelilinginya masih tergolong alami.

Bahkan tak jarang wisatawan bisa melihat dari dekat pemandangan sekelompok lumba-lumba yang menari dan melompat-lompat di permukaan di antara perahu yang ditumpangi dengan wisatawan. Pemandangan yang jarag ditemui di pantai lainnya, selain di Wane.

Sayangnya ketenaran pantai ini, dinodai oleh stigma Zona Merah yang terlanjur melekat sejak dulu. Lantaran banyaknya kejadian yang tidak mengenakkan yang dialami para wisatawan. Dimana pembegalan dan aksi premanisme memang marak terjadi.

Tapi itu dulu. Sekarang, berbagai elemen masyarakat monta dalam sudah mulai sadar akan potensi pantai wane sebagai sumber geliat perekonomian warga. Karena itu perlahan tapi pasti, pantai wane yang dulunya sempat menjadi momok bagi wisatawan, kini mulai beranjak menjadi tempat wisata yang nyaman untuk dikunjungi.

Hal ini dipastikan dengan adanya komitmen sejumlah tokoh pemuda khususnya, untuk menjaga keamanan pantai wane. Langkah awal yang dilakukan yakni dengan membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) “LABIBANO” sejak Jum’at (12/7/19) kemarin.


Baru dibentuk, Pokdarwis LABIBANO langsung menggebrak dengan menggelar program promosi wisata Pantai Wane lewat Festival budaya  “Rimpu Mpida” BIBANO dam “Kareku Kandei”.

Digelarnya festival budaya local yang rencananya akan digelar Mulai Minggu (28/07/19) ini, selain sebagai bentuk promosi wisata Pantai Wane yang kekinian, sekaligus untuk menunjukkan kepada dunia, bahwa Pantai Wane telah keluar dari stigma “Zona Merah” nya.

Pemerintah Daerah lewat Dinas Pariwisata Kabupaten Bima, TNI dan Polri, sangat mendukung inisiatif dari para pemuda yang tergabung dalam Pokdarwis LABIBANO ini.

Rencananya, festival yang melombakan Rimpu Mpida dan Kareku Kandei ini, akan dibuka secara langsung oleh Bupati Bima,  Hj Indah Damayanti Putri, SE.

Untuk diketahui, “Rimpu Mpida” ini dikaitkan dengan pakaian adat bagi seorang gadis suku BIMA yang masih dara atau belum menikah. Sementara BIBANO sendiri berkaitan erat dengan legenda local tentang seorang putri cantik nan jelita yang sampai saat ini dianggap warga sekitar merupakan putri yang masih belum menemuan pasangan hdupya, lantaran pernah menolak lamaran dari seorang pangeran kerajaan bima.

Semntara KAREKU KANDEI merupakan tradisi masyarakat bima tempo dulu yang menandakan bahwa salah satu warga di desa itu ada yang menggelar hajatan, seperti Pernikahan dan Sunatan.

Dengan adanya komitmen Pokdarwis LABIBANO yang didukung Pemda, TNI, dan Polri, untuk menjaga kemanan di wilayah destinasi wisata dan gelaran festival lomba terkait, akan mampu menarik kembali para wisatawan untuk berkunjung di Pantai Wane, tanpa dihantui oleh momok “begal” dan “premanisme”.


Karena yang terlibat dalam Pokdarwis LABIBANO ini merupakan para ‘sesepuhnya” pemuda di wilayah tersebut, yang keberadaannya sangat disegani oleh kelompok-kelompok pemuda lainnya. (Poros 06)

COMMENTS

Nama

#Corona,124,arena,40,Bandara,7,Bansos,40,Bawaslu,17,bhakti sosial,27,bima,2343,bima iptek,4,Bima Pemerintah,81,Bima Pemerintahan,47,Bima: Pemerintah,5,bima. Pariwisata,3,Coro,1,Corona,81,Covid-19,28,Curanmor,3,Demonstrasi,2,des,1,Desa,53,dompu,134,Editorial,2,ekbis,205,Ekonomi,1,Ekonomi.,4,enterpreneur,1,event,1,explore,2,featured,93,Hoax,1,huk,2,hukrim,631,huksrim,3,hukum,1,Humaniora,1,HUT RI,1,inspiratif,1,iptek,28,Keagamaan,15,keamanan,7,kebudayaan,1,Kecelakaan,1,kejadian dan peristiwa,2,kemanusiaan,4,kepegawaian,1,kependudukan,10,kepolisian,72,Kesehatan,125,Kesenian,1,ketenagakerjaan,2,Kodim,15,Kominfo,5,Konflik,1,Korupsi,11,kota bima,152,KPU,3,KSB,2,lingkungan,100,lombok,109,Mataram,79,miras,1,Narkoba,7,Nasional,8,NTB,1,olahraga,24,Opini,49,Pariwisata,81,Pelayanan Publik,13,pembangunan,22,pembangunan.,2,pemerintah,37,Pemerintah.,1,pemerintahan,444,Pemerintahan.,6,Pemprov,3,Pemprov NTB,143,pendidikan,364,pendidikan.,8,Perbankan,1,Perguruan Tinggi,3,perhubungan,7,perisstiwa,45,peristiwa,396,peristuwa,1,Perjudian,2,persitiwa,6,Pertamina,2,pertanian,34,Peternakan,3,politik,272,Politik.,9,Prahara,12,Prestasi,22,Provinsi,1,puisi,1,regional,3,religi,30,religius,41,Sains,1,SAJAK,1,seni,1,SKCK,1,sosbud,191,Sosial,42,Sosok,2,SUDUT PANDANG,1,sumbawa,20,Tajuk,2,Tekhnologi,2,TKI,5,TNI,1,transportasi,3,travel,5,Tribrata,1,video,9,
ltr
item
Poros NTB: Promosi Wisata Pantai Wane, Pokdarwis LABIBANO Gelar Lomba "RMPU MPIDA BIBANO" dan "KAREKU KANDEI"
Promosi Wisata Pantai Wane, Pokdarwis LABIBANO Gelar Lomba "RMPU MPIDA BIBANO" dan "KAREKU KANDEI"
https://1.bp.blogspot.com/-SqHiENegWxI/XTjh3BEbrVI/AAAAAAAAGAA/t4zuat7M_Owq-ntfuA-VuKNFkUgGvBATQCLcBGAs/s640/Screenshot_2.png
https://1.bp.blogspot.com/-SqHiENegWxI/XTjh3BEbrVI/AAAAAAAAGAA/t4zuat7M_Owq-ntfuA-VuKNFkUgGvBATQCLcBGAs/s72-c/Screenshot_2.png
Poros NTB
https://www.porosntb.com/2019/07/promosi-wisata-pantai-wane-pokdarwis.html
https://www.porosntb.com/
https://www.porosntb.com/
https://www.porosntb.com/2019/07/promosi-wisata-pantai-wane-pokdarwis.html
true
2479742407306652642
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content