Dirjen Holtikultura Kementerian Pertanian RI Tinjau Budidaya Tanaman Bawang Putih


Bima, Poros NTB.- Dirjen Holtikultura yang diwakili oleh Direktur Pembenuhan Holtikultura RI Ir. Sukarman yang didampinggi oleh Bupati Bima, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Bima beserta jajaranya, Camat Belo, para kelompok tani pada hari kamis ( 5/9) melakukan peninjauan budidaya tanaman bawang putih pada dataran rendah yang berlokasi di So Dore desa Lido Kecamatan Belo  Kabupaten Bima yang dilaksanakan oleh UD. Yamin yang dirangkaikan dengan panen perdana bawang putih.

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Bima Ir. Indra Jaya dalam pengantar bahwa lokasi tanaman bawang putih yang berada di  So Dore desa Lido Kecamatan Belo ini merupakan penangkaran milik UD. Yamin dengan luas areal 3 Ha, sehingga dengan luas lahan tersebut dirasakan sangat cocok untuk budidaya bawang, karena keberadaan bawang putih selain tumbuh didataran tinggi juga bisa tumbuh di dataran rendah, sehingga ini menjadi salah satu contoh yang dilakukan oleh warga masyarakat tani sehingga dari kegiatan yang dilakukan ini bawang putih bisa ditanami sebagaimana layaknya tanaman bawang merah.

Oleh karena itu dengan kedatangan Dirjen Holtikultura yang diwakili oleh Direktur Pembenuhan Holtikultura RI kami merasakan sangat bangga sehingga kedatangan ini bisa melihat hamparan luas tanah yang dimiliki oleh daerah Kabupaten Bima khsusunya yang berada di So Dore desa Lido Kecamatan Belo  Kabupaten Bima ini yang sangat cocok untuk ditanami bawang putih.

Menurut Dirjen Holtikultura yang diwakili oleh Direktur Pembenihan Holtikultura Kementerian Pertanian RI, Ir. Sukarman dalam arahan mengatakan bahwa dengan dimilikinya Hamparan luas tanah yang berada di So Dore desa Lido Kecamatan Belo ini merupakan penangkaran milik UD. Yamin ini dirasakan sangat cocok untuk menanami bawang putih sehingga dari sentra produksi bawang putih ini selain meningkatan pendapatan para petani bawang juga mengejar target swasembada bawang putih pada tahun 2019 mendatang.

Lokasi ini dirasakan sangat sesuai dengan karakteristik tanaman bawang putih yang juga cenderung dengan iklim dataran rendah sehingga dari percobaan ini kedepanya tanaman bawang putih bisa tumbuh dan dapat ditingkatkan keberadaanya. Setelah melihat secara seksama keberadaan lokasi bawang putih yang berad di So Dore desa Lido Kecamatan Belo Kabupaten Bima ini akan memberikan segala keperluan yang dibutuhkan masyarakat tani sehingga produksi bawang putih bisa ditingkatkan harga jualnya.

Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE juga menyampaikan bahwa Kebutuhan bawang putih masih diperlukan terutama kebutuhan bawang putih Indonesia diprediksi masih dipenuhi oleh pasokan impor hingga 2021 mendatang. Oleh karena itu dengan adanya peninjauan lokasi keberadaan bawang putih ini kedepanya bisa menyumbangkan swasembada produksi bawang putih di dalam negeri melalui keberadaan UD. Yamin sebagai lokasi penangkaran dari hasil produksi bawang tersebut.

Maka dari itu kepada masyarakat tani bawang putih agar dapat pengembangkan produksi bawang putih ini dengan sebaik – baiknya sehingga pada akhirnya nanti hasil dari produksi bawang putih di dataran rendah ini bisa meningkatan pendapatan masyarakat dari hasil penjualan produksi bawang tersebut.

Bupati berharap Dengan adanya lokasi penamanan bawang putih kedepanya dapat dijadikan sentra lokasi keberadaan bawang putih untuk pertanaman dan juga keberadaan petani bawang putih memiliki nilai tambah dari hasil produksinya.

Momentum ini ditandai dengan panen perdana bawang putih oleh BUpati Bima bersama Direktur Pembenihan Holtikultura Kementerian Pertanian RI, Kadis Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Bima, Direktur UD. Yamin serta para petani bawang putih. (Poros06/hum)
Labels: ,

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.