Personil Polsek Belo Bersama Warga Berhasil Atasi Karhutla di Renda

Suasana pemedaman Kebakaran Hutan dan Lahan di Desa Renda
Bima, Poros NTB.- Insiden Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) akhir-akhir ini marak terjadi, akibat dari efek kekeringan dan kecerobohan manusia. Kabupaten Bima sendiri patut bersyukur, meski Karthula kerap terjadi tapi kita memiliki Satgas Karhutla yang tanggap dan sigap, sehingga dapat cepat teratasi.

Selasa (3/9/19) kemarin, sekitar Pukul 18.00 Wita, karhutla milik warga berlokasi di lereng gunung ujung utara Desa Renda  Watasan  Desa Cenggu Kecamatan Belo kembali erjadi.

Untungnya, usai mendapatkan  informasi  dari masyarakat  atas nsiden itu, Kapolsek Belo, IPDA I Kadek Sumerta, SH  langsung mengumpulkan  personelnya dan mengajak anggota Bhabinsa Desa dengan sigap mendatangi lokasi Karhutla.

Kasubag Humas Polres Bima, Iptu Hanafi, menyatakan, hasil pemantauan langsung, ditemukan satu titik api yang berlokasi  di watasan yang berdekatan dengan pemukiman warga.

“Ditakutkan api tersebut merambat sampai ke pemukiman warga.” Ujar Hanafi.

Sehingga Kapolsek Belo ikut melibatkan warga yang tinggal di sekitar lereng gunung yang terbakar untuk ikut membantu pemadaman titik api  dengan menggunakan alat seadanya, seperti karung goni yang dibasahkan dan diikat pada ujung tangkai bamboo.

Meski berbekal peralatan seadanya, personil Polsek Belo beserta masyarakat, akhirnya berhasil memadamkan sekira Pukul 19.00 Wita, yakni setelah sekitar satu jam api melumat semak belukar.

“Titik api berhasil dipadamkan  dan  lahan yang terbakar berupa daun jati dan rumput yang kering seluas lebih kurang 2 Ha,” terang Hanafi.

Kapolres Bima AKBP  Bagus S. Wibowo S. Ik, dikutip Hanafi, menghimbau warga yang tinggal di sekitar lereng gunung yang terbakar, agar bersama-sama menjaga kelestarian hutan dan lingkungan.

“Kita jaga bersama-sama kelestarian hutan dan lingkungan dengan cara tidak membakar hutan dan lahan untuk dijadikan lahan pertanian dan atau persiapan musin tanam saat musim hujan tiba,” pungkas Kapolres. (Poros01)
Labels: ,

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.