Asah Literasi, STKIP Tamsis Latih PKTI Tingkat SMA di Bolo

Para siswa saat mengikuti kegiatan


Bima, porosntb.com - Usai pelatihan internal, kali ini STKIP Tamsis Bima membidik Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima sebagai sasaran. Nama kegiatan yang dibangun melalui LPPM kampus setempat yakni Penulisan Karya Tulis Ilmiah (PKTI) tingkat siswa SMA/MA/MK se-Kecamatan Bolo. Kegiatan tersebut dipusatkan di MAN 1 Bima, Minggu, (12/1/ 2020).


Tim Dosen STKIP Taman Siswa Bima yang hadir antara lain Arif Hidayad, M.Pd., Zulharman, M.Ling dan Nurnaningsih, M.Pd. Mereka memberikan pelatihan Karya Tulis Ilmiah kepada perwakilan SMA/MA dan SMK se-Kecamatan Bolo. Yakni 30 orang siswa dan 10 orang guru pembimbing.

Ketua pelaksana kegiatan, Arif Hidayad, M.Pd mengatakan, kegiatan pelatihan tersebut bertujuan untuk mengasah kemampuan siswa khususnya siswa SMA sederajat dalam hal menulis karya tulis ilmiah. Sehingga para siswa mampu bersaing dalam lomba karya tulis yang setiap tahun sering diadakan oleh berbagai pihak.

"Pada kegiatan pelatihan tersebut diberikan berbagai materi penunjang kemampuan menulis karya ilmiah. Antara lain, materi kiat Menulis Ilmiah yang disampaikan oleh Zulharman, M.Ling. Materi selanjutnya adalah kiat memilih judul dan masalah penelitian oleh Nurnaningsih, M.Pd dan Materi Metode Penelitian oleh saya," tutur pria yang akrab disapa Arif ini.

Sebelumnya, pada pembukaan kegiatan, Kepala MAN 1 Bima mengutarakan apresiasi atas kegiatan tersebut. Ucapan terimakasih juga sempat disampaikannya kepada STKIP Tamsis Bima. "Semoga ke depan kegiatan seperti ini sering dilaksanakan," ujar kepsek yang dikutip Arif.

Ditemui di ruang kerjanya, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian (LP2M) STKIP Taman Siswa Anisah, M.Pd menambahkan, dalam bulan Januari ini LP2M tengah mengadakan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI). Kategorinya ada tiga, bagi siswa, guru dan mahasiswa. 

"Oleh karena itu bagi peserta kegiatan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah di MAN 1 Bima agar semuanya mengikuti lomba tersebut sehingga pelatihan yang diikuti langsung dipraktekan hasilnya," katanya.

Ditemui di tempat terpisah, Ketua STKIP Taman Siswa Bima Dr. Ibnu Khaldun Sudirman, M.Si mengatakan, STKIP Tamsis Bima selalu berkomitmen melaksanakan tri dharma perguruan tinggi. Antara lain yang tengah ditekadkan adalah kegiatan pelatihan bagi siswa di sekolah. 

"Apalagi kampus Tamsis berlatar belakang pendidikan. Oleh karena itu ke depan akan ditingkatkan sinergi antara sekolah dan kami," ungkapnya singkat.

Untuk diketahui, kegiatan yang digelar berlangsung dengan lancar. Siswa terlihat aktif mengikuti program dan kiat yang dipaparkan pamateri. Di akhir kegiatan salah satu siswa yang bernama Nia memberikan apresiasi pada kegiatan pelatihan tersebut dan berharap kegiatan seperti ini terus dilaksanakan. (*)

Penulis : Humas STKIP Tamsis Bima
Editor : Edo
Labels: ,

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.