BPBD Kabupaten Bima Bentuk Posko Siaga



Bima, porosntb.com.- Pemerintah Kabupaten Bima melalui BPBD melakukan serangkaian upaya dalam rangka pengurangan dampak bencana akibat hidrometeorologi di Kabupaten Bima.

Langkah-langkah tersebut,  seperti disampaikan Kepala pelaksana BPBD kabupaten Bima, Aries Munandar, ST, MT, adalah melakukan Rapat Koordinasi dan Apel Siaga Bencana di Kantor BPBD setempat, Senin (6/1/20).

Rakor terbatas dan apel siaga itu melibatkan TNI ,Polri, Sat Pol PP serta unsur BPBD yaitu TRC dan Damkar.

Dalam rapat koordinasi dan apel siaga ini BPBD Kabupaten Bima membangun komitmen bersama dengan TNI  dan Polri dengan mengambil langkah-langkah strategis dalam menanggulangi bencana di Kabupaten Bima.  Langkah konkrit dalam membangun komitmen bersama ini adalah dengan mengaktivasi terbentuknya Posko Siaga Bencana bersama yang pusatnya dibangun di BPBD Kabupaten Bima.

Posko Siaga Bencana bersama ini akan dibangun juga di tiap kecamatan yang ada di Kabupaten Bima dengan melibatkan unsur Muspika yaitu TNI dan Kepolisian, dalam hal ini babinsa dan babinkamtibmas dan juga Pol PP Kecamatan serta penggiat lingkungan, relawan dan masyarakat

“Kedepannya posko ini diharapkan dapat bersinergi dengan berbagai unsur lainnya seperti SAR, BMKG Tagana, PMI , BUMN dan penggiat kebencanaan lainnya” kata Aris.

Langkah kongkrit ini merupakan tindak lanjut dari arahan Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE yang menekankan perlunya dibangun komitmen bersama dalam mengatasi Isu lingkungan dan kebencanaan yang disampaikan pada Rakor dengan  Kepala BNPB, Danrem dan beberapa pimpinan wilayah serta berbagai unsur yang diadakan di Kantor Bupati Bima beberapa waktu yang lalu.

Selanjutnya Bupati Bima menyampaikan agar Posko Siaga Bencana bersama ini dapat menyusun protap penanganan bencana bersama yang terintegrasi dengan Rencana Kontijensi yang telah disusun sebelumnya. 

“Atas terlaksana dan terbentuknya Apel Siaga dan Posko Siaga Bersama menyampaikan apresiasi kepada pihak pihak yang terlibat dan berharap kerja Tangguh dari Tim Posko dalam bersiaga dan mengantisipasi ancaman bencana yang dapat datang sewaktu waktu tanpa diduga. Salam Tangguh untuk Tim Posko, mari kita bangun kesiapsiagaan bersama antisipasi bencana” seru Umi Dinda menanggapi kerja cepat BPBD Kabupaten Bima.

Sumber : Humas Setda Kab. Bima
Editor : Aden

Labels: ,

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.