Peduli Lingkungan, Polres Bima Mobilisasi Penanaman 6.005 Pohon di 12 Lokasi


Kolase kegiatan penghijauan yang dimobilisasi Polres Bima selama sepekan (Humas Polres Bima)
Bima, porosntb.com.- Personel Polres Bima beserta Polsek jajaran, bersama Personel TNI AD dari Kodim 1608-Bima beserta Koramil jajaran, dan sejumlah bersama masyarakat dan pelajar melakukan penanaman berbagai jenis pohon di berbagai lokasi.

Kegiatan penghijauan yang digiatkan selama sepekan ini, mulai Tanggal 4 sampai 10 Januari 2020 mengambil lokasi, baik di lingkungan Mako, asrama, gunung dan lahan yang sudah gundul, dengan total 12 lokasi.

“Alhamdulillah, selama sepekan ini kita sudah berupaya melakukan penghijauan guna menjaga kelestarian hutan,” ungkap Kapolres Bima, AKBP. Gunawan Try Hatmoyo, S.IK, seperti dkutip Kasubag Humas Polres Bima, Iptu Hanafi.

Hanafi merinci lokasi kegiatan, yakni di Mako Polres Bima, asrama dan pacuan kuda  dengan  pohon yang ditanam sebanyak 425 pohon terdiri dari 50 Mahoni, 100 Ketapang, 100 Nangka, 150 Sengon dan 25 Sonokeling.

Lokasi  kedua, jalan So Lewi Desa Teke Kecamatan Palibelo dan lahan persiapan pembangunan kantor Polsubsektor Palibelo, dengan menanam pohon sebanyak 40 Mahoni, 40 trambesi, 40 nangka, 40 Asam, dan dan 40 srikaya.

Lokasi ketiga, yakni Mako Polsek Donggo, yang ditanami dengan pohon berupa 10 durian, 10 nangka, 10 ketapang dan 10 mahoni.

Lokasi Keempat, di Mako Polsek Woha, jenis pohon yang ditanam antara lain, 15 mahoni dan 15 nangka.

Lokasi  Kelima, di mako Polsek tambora, tepatnya di Kilometer 5 jalur pendakian Gunung tambora, kawasan hutan oi bura, ditanamin dengan 20 kayu putih, 20 durian, 20 mangga dan 10 jati.

Lokasi Keenam, mako Polsek Belo, yang ditanami 20 sirsak, 20 nangka, 30 tambesit  dan 20 mahoni.

Lokasi Ketujuh di mako Polsek Monta dan SMAN 1 Monta, yang ditanami dengan 750 mahoni.

Lokasi kedelapam di mako Polsek Madapangga, lahan so Doro bolo watasan Desa Dena, yang ditaami dengan 50 srikaya, 50 nangka, 50 mangga, 50 ketapang dan 50 mahoni.

Lokasi Kesembilan di Mako Subsektor Soro mandi, yang ditanami 25 Mahoni dan 25 sengon.

Lokasi kesepuluh di mako Polsek Bolo dan So Doro Mangge Rombo watasan Desa Kara Kecamatan Bolo, yang ditanami dengan 50 Nangka, 50 srikaya, dan 50 mahoni.

Lokasi kesebelas di Sat Polairud berlokasi di pesisir pantai Lewintana Kecamatan Soromandi, yang ditanami dengan 200 mangrove.

Sementara di lokasi terakhir mengambil tempat di Polsek parado berlokasi di Masa Singgi, Mada Oi Nangka ,Duwe Mbai watasan Desa Rato dan So Mangge Kompo watasan Desa Wane dan lokasi sekitar Dam pela Parado, dengan total pohon yang ditanam sebanyak 4.000 kemiri.

Jika ditotal jumlah pohon yang ditanam dalam kegiatan penghijauan yang dimobilisasi oleh Polres Bima selama sepekan itu, sebanyak 6.005 pohon. Jumlah yang terbilang besar  

Kapolres Bima menyampaikan, bahwa penanaman bibit pohon merupakan bentuk kepedulian Polri dalam hal ini Polres Bima, untuk menghijaukan Mako,Asrama Polri, terutama di lokasi gunung atau lahan yang gundul akibat dibabat untuk pembukaan lahan pertanian oleh oknum masyarakat yang tidak bertanggung jawab.

“Kegiatan penanaman bibit pohon merupakan program penghijauan Polres Bima yang menindaklanjuti program Kapolri ‘Polri Peduli Lingkungan’," terang Kapolres.

Kapolres mengajak dan menghimbau seluruh masyarakat Bima untuk bersama sama menjaga kelestarian hutan dan meninggalkan tradisi membuka lahan pertanian dengan cara membabat dan merusak hutan.

Sumber : Humas Polres Bima
Editor : Aden


Labels: ,

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.