Polda NTB Turunkan Tim Mendata TKI Bermasalah

Tim dari Polda NTB yang ditemani Kanit Reskrim Polsek Monta, Aipda Anhar (kanan) saat mendata TKI bermasalah (Teddy Kuswara)
Bima, porosntb.com.- Guna melindungi, mencegah, dan mengurai kesewenangan yang dialami oleh para pekerja migran atau yang biasa dikenal sebagai TKI, Kepolisian Daerah NTB menerjunkan tim pendata di wilayah Kabupaten dan Kota Bima. Salah satunya di Desa Tolotangga Kecamatan Monta Kabupaten Bima.

Informasi yang dihimpun media ini dari Pemerintah Desa Tolotangga, tim yang terdri dari tiga orang dari Polda NTB ini diturunkan untuk mengumpulkan data-data TKI yang bermasalah di negara mana mereka ditempatkan.

“Iya, ada tiga orang dari Polda NTB mendata TKI/TKW bermasalah. Kegiatan seperti ini bukan saja di Desa Tolotangga, tapi juga di seluruh desa yang ada di kabupaten dan kota bima,” terang Mujahidin, S.Pd, Sekdes Tolotangga, Kamis (9/1/20) kemarin.

“Pendataan tersebut dilakukan supaya pemerintah tau apa sebab tidak digaji dan kenapa para TKW disiksa,” kata dia lagi.

Tujuan utamanya, imbuh Mujahidin, adalah masalah penempatan TKI yang melenceng dari perjanjian awal antara TKI dengan perusahaan penyalur jasa.

“Yang seharusnya para calon TKW dan TKI ini awalnya dijanjikan ke Negara Singapura, ternyata dibawa ke Negara Suriah atau ke Negara lain. Nah, apabila ini terjadi maka pihak Polda NTB akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait supaya para pahlawan devisa ini bisa dideteksi (keberadaannya) serta diupayakan pulang ke tanah air,” papar Sekdes yang akrab disapa Amrozi ini.

Pemdes Tolotangga, ungkapnya, merasa berterima kasih, khususnya kepada Polda NTB yang memperhatikan nasib para TKI.

Karena di Desa Tolotangga sendiri, hematnya ada beberapa TKW yang hingga kini masih hilang kontak tanpa diketahui rimbanya dalam lebih dari 10 tahun terakhir.

“Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan seperti ini, mereka yang hilang kontak sampai lima belas tahun bisa kembali kepada keluarganya,” harap Mujahidin.

Penulis : Teddy Kuswara
Editor : Aden
Labels: ,

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.