--> STKIP Tamsis, Kampus Pertama Meriahkan Lawata dengan Karya Mahasiswa | Poros NTB

STKIP Tamsis, Kampus Pertama Meriahkan Lawata dengan Karya Mahasiswa

SHARE:

Dibaca Normal
Istri Walikota Bima Umi Ely (Tengah jilbab hitam) saat foto bersama para dosen STKIP Tamsis dan pengunjung di Lawata


Bima, Porosntb.com- Menjadi yang pertama, memiliki arah kepuasan tersendiri. Bagaimanapun, yang pertama adalah yang tercatat dan yang mudah dikenang. 

Dalam urusan memamerkan dan mempublikasikan karya mahasiswa, STKIP Tamsis Bima selalu punya terobosan. Untuk yang pertama kalinya, Pantai Lawata, Kota Bima dibuat meriah dengan karya mahasiswa dari Prodi PGSD, Minggu (26/1/20).

Kaprodi PGSD, Mariamah, M.Pd., dengan lugas mengatakan, tidak terlihat tapi hasilnya wow dan memikat. Itulah ungkapan untuk kegiatan pentas seni dan karya mahsiswa yang dipelopori oleh dua dosen cantik, Nunung Fatimah, M.Pd dan Sulfahri, M.Pd. 

Prodi PGSD sangat mengapresiasi gagasan dan inovasi ini. Produk dari hasil kreasi dan inovasi mahasiswa sangat luar biasa. Mulai dari tarian, teater, produk dari pemanfaatan sampah plastik, VCD bekas, miniatur uma lengge. Sampai buku yang memuat materi perkuliahan. 

Berakhirnya UAS tidak membuat dua dosen ini untuk mengakhiri kegiatan inovatifnya. Semangat dan antusias mahasiswa sangat terlihat. Kekompakan setiap tim begitu memukau pada saat tampil dan mampu membuat para penyimak menjadi terhibur,.

Melihat hasil dari kegiatan tersebut, Mariamah berkomitmen untuk menggelar kegiatan serupa di akhir semester. Selain itu, dirinya juga berterimakasih pada lembaga dan yayasan karena hadir dan andil dalam kegiatan pagelaran kreasi itu. 

"Insaallah Prodi PGSD akan mengagendakan khusus setiap akhir semester untuk mengadakan kegiatan ekspo dari semua produk yang dihasilkan oleh mahasiswa dan dosen. ini merupakan kegiatan perdana yang dilakukan di luar kampus," katanya.

Sementara, Nunung Fatimah, M.Pd., yang dikonfirmasi terpisah mengaku bangga dengan suksesnya hajatan tersebut. Dosen Pengampu MK Kesenian dan Keterampilan Budaya Dasar untuk pertama kali mengadakan kegiatan yang paling bergengsi dan menarik perhatian banyak orang. Pentas seni dan pameran prakarya dengan tema Lingkar Karya Dalam Rasa Bersama Mahasiswa PGSD Semester V mendapat banyak perhatian dari pengunjung Pantai Lawata.  

Menurutnya, kegiatan itu sangat mendukung untuk promosi kampus. "Mahasiswa PGSD  membuka juga stand hasil karya yang digeluti selama satu semester. Hasil karyanya juga sangat menarik mulai dari miniatur uma lengge, lukisan tiga dimensi, miniatur dokar, bunga dari bahan dasar daun jagung, dan pemanfaatan barang bekas yang disulap menjadi karya yang memiliki nilai jual tinggi," ujarnya.

Selain itu, yang membuat acara terlihat sukses, karena mampu mencuri perhatian hingga  mendapatkan apreasiasi dari Istri Wali Kota Bima, Umi Elly Alwaini dan dinas pariwisata Kota Bima. Program pameran hasil cipta itu selaras dengan visi misi kampus STKIP Tamsis Bima, yaitu penguatan Nilai Kearifan Lokal dan Budaya Literasi melalui prakarya.

"Tidak kalah menarik lagi bahwa Pensi (pentas seni, red) ini turut dimeriahkan dan dilengkapi 100 buku dari goresan tangan para mahasiswa berbakat dan produk dari mahasiswa jurusan PTI bimbingan bu Ita Fitriati dan pak Hardiansyah juga. Jadi para pengunjung tidak hanya melihat Pensi, tapi juga bisa membaca gratis buku yang tersedia di berbagai stand. Dan di akhir kegiatan ditutupi dengan foto bersama," cerita sosok yang akrab dipanggil Nunung itu. 

Sedangkan Sulfahri, M.Pd., mengaku turut merasa bangga. Pasalnya, banyak karya mahasiswa yang memang memanfaatkan barang bekas. "Mahasiswa mampu menjadikan barang bekas menjadi bernilai ekonomis," komentarnya singkat.

Sri Lastuti, M.Pd., yang dimintai komentarnya turut memberikan pendapat. Menurutnya, kegiatan yang dilaksanakan sangat membangun. Kegiatan serupa  jika bisa diagendakan dalam tiap semester atau minimal satu kali dalam setahun. Kegiatan juga diisi dengan pameran 100 buku dari mahasiswa PGSD, mata kuliah Evaluasi pembelajaran yang diampunya.

"Kegiatan semacam ini akan menyadarkan mahasiswa bahwa mereka luar biasa, mereka memiliki potensi hebat yg selama ini belum dioptimalkan. Bisa karena terbiasa, mahasiswa harus dipaksa untuk keluar dari zona nyaman. Mahasiswa harus disibukkan dengan karya agar kelak ketika tiba saat mengabdi, bekal mereka telah siap pakai," katanya.

Jika ada produk yang ditargetkan sebagai luaran mata kuliah, maka harus disampaikan sejak awal perkuliahan. Tiap pekan harus tetap dipantau perkembangannya, semangat mahasiswa juga harus terus dipacu agar hasil sesuai yang diharapkan. 

"Penasaran jika mata kuliah kewirausahaan diadakan bazar produk kewirausahaan mahasiswa, In Syaa Allah akan lebih keren lagi," harapnya.

Ketua STKIP Tamsis Bima, Dr. Ibnu Khaldun Sudirman, M.Si., menilai dosen Prodi PGSD makin kreatif, kompetitif dan berbudaya dalam menggairahkan literasi bagi mahasiswa dan generasi milineal. "Mari terus bekerja, bangun tradisi literasi menuju generasi beradab menyambut 2045 seratus tahun Indonesia merdeka," ajaknya.

Untuk diketahui,  persiapan dilakukan selama tiga bulan. Mulai November, dari penyusunan draf acara, penentuan panitia, tehnik pembukaan stand, tehnik desain decor mulai dari persiapan kelompok tari, teater, tim padura, dan pembaca puisi. Dan terakhir pembahasan terkait dana kegiatan.  Lawata yang mulai dipoles jadi destinasi wisata dengan berbagai even untuk hidupkan ekonomi kreatif oleh walikota. Diperkirakan, sekitar 750 orang yang hadir saat event tersebut.  Terdiri dari mahasiswa dan pengunjung lintas segmen. (*)

Penulis : Humas STKIP Tamsis Bima
Editor : Edo

COMMENTS

Nama

#Corona,124,ABRI,1,arena,54,Bandara,7,Bansos,52,Bawaslu,17,bhakti sosial,38,bima,2676,bima iptek,4,bima. Pariwisata,3,Bjayangkari,1,Coro,1,Corona,88,Covid-19,29,Curanmor,3,Daerah,1,Demonstrasi,2,des,1,Desa,53,dompu,134,Editorial,2,ekbis,223,Ekonomi,1,Ekonomi.,4,Eksbis,1,enterpreneur,1,event,1,explore,2,featured,122,Hoax,3,huk,2,hukrim,714,huksrim,3,hukum,1,Humaniora,1,HUT RI,1,inspiratif,1,iptek,30,Keagamaan,15,keamanan,8,kebudayaan,1,Kecelakaan,3,kehilangan,1,kejadian dan peristiwa,2,kemanusiaan,4,kepegawaian,1,kependudukan,12,kepolisian,168,Kesehatan,134,Kesenian,1,ketenagakerjaan,2,Kodim,15,Kominfo,5,Konflik,1,Korupsi,11,kota bima,296,KPU,3,KSB,2,lingkungan,115,lombok,109,Maklumat,2,Mataram,92,miras,1,Narkoba,8,Nasional,15,NTB,1,olahraga,24,Opini,50,Pariwisata,81,Pelayanan Publik,13,pembangunan,25,pembangunan.,2,pemerintahan,786,Pemilu,1,Pemprov,3,Pemprov NTB,143,pendidikan,397,pendidikan.,8,Perbankan,1,Perguruan Tinggi,3,perhubungan,7,perisstiwa,47,peristiwa,468,peristuwa,1,Perjudian,2,persitiwa,6,Pertamina,2,pertanian,40,Peternakan,3,politik,282,Politik.,9,Prahara,12,Prestasi,34,Provinsi,1,puisi,1,regional,5,religi,53,religius,43,Sains,1,SAJAK,1,seni,1,SKCK,1,sosbud,193,Sosial,42,Sosok,6,SUDUT PANDANG,1,sumbawa,20,Tajuk,2,Tekhnologi,2,TKI,5,TNI,1,transportasi,4,travel,5,Tribrata,1,Vaksinasi,25,video,18,warta bawaslu,1,
ltr
item
Poros NTB: STKIP Tamsis, Kampus Pertama Meriahkan Lawata dengan Karya Mahasiswa
STKIP Tamsis, Kampus Pertama Meriahkan Lawata dengan Karya Mahasiswa
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg-EIDv218D7vuoY6JS-oXhSM3ssM1P9xPfuVf3F8ScoVTy-ATgoQzE-J1R4DFUeIGQnfHdPox9AJylDZBD9j_vP5uRGip80j1V3aw3bmP6311yDXsZ4cdCPRmJoZLAIciSmOjc25J7jDhS/s640/0_IMG-20200126-WA0012.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg-EIDv218D7vuoY6JS-oXhSM3ssM1P9xPfuVf3F8ScoVTy-ATgoQzE-J1R4DFUeIGQnfHdPox9AJylDZBD9j_vP5uRGip80j1V3aw3bmP6311yDXsZ4cdCPRmJoZLAIciSmOjc25J7jDhS/s72-c/0_IMG-20200126-WA0012.jpg
Poros NTB
https://www.porosntb.com/2020/01/stkip-tamsis-kampus-pertama-meriahkan.html
https://www.porosntb.com/
https://www.porosntb.com/
https://www.porosntb.com/2020/01/stkip-tamsis-kampus-pertama-meriahkan.html
true
2479742407306652642
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content