--> Wisata Sejarah dan Darling, Prodi PFis-Himafis Gelar Edu Camp | Poros NTB

Wisata Sejarah dan Darling, Prodi PFis-Himafis Gelar Edu Camp

Views
Prodi PFis-Hinafis saat foto bersama di lokasi perkemahan Wadu Pa'a


Bima, porosntb.com - Diantara pengelompokan destinasi pariwisata adalah wisata sejarah. Wadu Pa'a, Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima merupakan area wisata yang tidak hanya menawarkan tentang kepuasan pandangan, tapi juga memiliki nilai sejarah yang tertimbun. Ingin mengenali lebih dekat tentang Wadu Pa'a, Prodi Pendidikan Fisika (PFis) dan Himpunan Mahasiswa Fisika (Himafis) menggelar Edu Camp. 

Kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian terhadap nilai sejarah, apresiasi terhadap pengembangan destinasi wisata dan kesadaran lingkungan (Darling).

Penanggungjawab kegiatan, Asriyadin, M.Pd., menjelaskan, kegiatan dilaksanakan merupakan wujud komitmen STKIP Tamsis Bima dalam visi meningkatkan nilai literasi dan kesadaran akan lingkungan. 

"Selain penguatan literasi, Darling dan Wirausaha, kami di STKIP Tamsis Bima juga secara berkala terus meningkatkan nilai-nilai kebudayaan. Ini camp kedua kami. Sebelumnya, waktu pergantian tahun kami juga melaksanakan tour wisata sejarah di Kecamatan Donggo dan membangun tenda di daerah wisata sejarah La Hila, Desa Kala, Kecamatan Donggo," paparnya pada media ini di area kegiatan, Minggu (26/1/2020).

Rentetan kegiatan, yaitu membangun keakraban dengan masyarakat sekitar Wadu Pa'a, dialog sejarah bersama komunitas Lahila Institute, diskusi pengembangan wisata dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Wadu Pa'a. Selain diskusi, juga dilaksanakan penanaman pohon pencakar langit sepanjang jalan masuk menuju area wisata. 

"Meski bukan diskusi yang spesifik, deretan agenda sederhana itu menjelaskan tentang kepedulian kami akan wisata. Kami berharap, agar tanaman sukses untuk tumbuh. Karena, kegiatan ini hanya awal, berikutnya akan ada kegiatan yang berkelanjutan," ujar Asriyadin.

Saat dialog, beberapa pembahasan yang diobrolkan adalah strategi penguatan digital untuk memompa jumlah pengunjung. Rencananya, akan didiskusikan lebih lanjut di tingkat kampus untuk pembuatan web Pokdarwis. 

"Web itu nantinya akan digunakan sebagai sarana promosi wisata. Karena di STKIP Tamsis Bima ada Prodi PTI. Nanti tinggal pembinaan dan pelatihan user webnya aja. Semoga bisa terealisasi nanti," harapnya.

Ketua Himafis, Edy Hidayat mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu strategi untuk mensosialisasikan kampus, sebagai pendidikan tinggi yang peduli akan nilai sejarah. Selain itu, merupakan cara untuk mengedukasi timnya untuk akrab dengan dunia sosial kemasyarakatan. 

"Sebagian dari kami sebentar lagi akan turun KKN dan PPL. Kegiatan seperti ini perlu sebagai modal untuk kami terjun ke masyarakat nantinya. Rekreasi sambil belajar, sambil mengabdi," paparnya singkat.

Sedangkan PLT Kaprodi Pendidikan Fisika, Muslim, M.Pd., menyampaikan terimakasih pada sejumlah dosen yang terlibat dalam pendampingan. Baginya, kegiatan yang dihelat tidak hanya sekadar refresing setelah menjalankan Ujian Akhir Semeter (UAS) semata. Melainkan ada nilai pendidikan, juga nilai budaya yang diperoleh. Yakni mengunjungi dan menyelami situs  sejarah Wadu Pa'a dan berdiskusi. Selain itu, mahasiswa Pendidikan Fisika juga melakukan penghijauan di sekitar daerah perkemahan. 

"Tujuannya yakni, mengedukasi masyarakat akan pentingnya tanam pohon. Terutama untuk mencegah terjadinya banjir, tanah longsor, erosi, juga melestarikan sumber daya air di tengah masyarakat. Ini terobosan yang luar biasa, semoga kegiatan ini menyadarkan masyarakat akan pentingnya melestarikan alam terutama wisata-wisata sejarah juga tetap menjaga gunung agar tetap rindang," terangnya.

Sedangkan Ketua STKIP Tamsis Bima, Dr. Ibnu Khaldun Sudirman, M.Si., yang diwawancara mengaku bangga dengan kegiatan tersebut. Alasannya, karena Prodi Pendidikan Fisika dalam sebulan telah menggelar dua kegiatan pengabdian. Terlebih tema  yang diangkat, membangun dan memperkuat budaya lokal. 

"Secara khusus kami beri apresiasi pada Rizalul Fiqry, sebagai dosen muda terus memberi warna, dan mulai menggairahkan kegiatan kegiatan kemahasiswan. (STKIP) Tamsis Beradab, akan semakin terasa bila terus berbagi, dekat dengan penguatan nilai di masyarakat," tutupnya. (*)

Penulis : Humas STKIP Tamsis Bima
Editor : Edo

COMMENTS

Nama

#Corona,121,arena,36,Bandara,7,Bansos,27,Bawaslu,13,bhakti sosial,20,bima,2152,bima iptek,4,Bima Pemerintah,81,Bima Pemerintahan,47,Bima: Pemerintah,5,bima. Pariwisata,3,Coro,1,Corona,57,Covid-19,24,Curanmor,3,Demonstrasi,2,des,1,Desa,53,dompu,94,Editorial,2,ekbis,199,Ekonomi,1,Ekonomi.,4,enterpreneur,1,explore,2,featured,89,hukrim,503,huksrim,3,hukum,1,Humaniora,1,HUT RI,1,iptek,24,Keagamaan,15,keamanan,7,kebudayaan,1,Kecelakaan,1,kemanusiaan,4,kepegawaian,1,kependudukan,10,kepolisian,7,Kesehatan,116,Kesenian,1,ketenagakerjaan,2,Kodim,14,Konflik,1,Korupsi,11,kota bima,120,KPU,3,KSB,2,lingkungan,95,lombok,106,Mataram,57,miras,1,Narkoba,7,Nasional,5,NTB,1,olahraga,24,Opini,49,Pariwisata,79,pembangunan,22,pembangunan.,2,pemerintah,37,Pemerintah.,1,pemerintahan,424,Pemerintahan.,5,Pemprov,3,Pemprov NTB,143,pendidikan,352,pendidikan.,8,Perbankan,1,Perguruan Tinggi,3,perhubungan,7,perisstiwa,41,peristiwa,333,Perjudian,2,persitiwa,6,Pertamina,2,pertanian,34,Peternakan,3,politik,238,Politik.,9,Prahara,12,Prestasi,20,Provinsi,1,puisi,1,regional,2,religi,15,religius,41,SAJAK,1,seni,1,SKCK,1,sosbud,184,Sosial,41,Sosok,1,SUDUT PANDANG,1,sumbawa,20,Tajuk,2,Tekhnologi,2,TKI,5,transportasi,2,travel,5,video,5,
ltr
item
Poros NTB: Wisata Sejarah dan Darling, Prodi PFis-Himafis Gelar Edu Camp
Wisata Sejarah dan Darling, Prodi PFis-Himafis Gelar Edu Camp
https://1.bp.blogspot.com/-gVfZoDgnoKg/Xi4rik4c2LI/AAAAAAAAHVc/TD8vdbZoUMcuC9W4nZaDYCU9sIBHb7ufgCLcBGAsYHQ/s640/0_IMG-20200126-WA0011.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-gVfZoDgnoKg/Xi4rik4c2LI/AAAAAAAAHVc/TD8vdbZoUMcuC9W4nZaDYCU9sIBHb7ufgCLcBGAsYHQ/s72-c/0_IMG-20200126-WA0011.jpg
Poros NTB
https://www.porosntb.com/2020/01/wisata-sejarah-dan-darling-prodi-pfis.html
https://www.porosntb.com/
https://www.porosntb.com/
https://www.porosntb.com/2020/01/wisata-sejarah-dan-darling-prodi-pfis.html
true
2479742407306652642
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content