--> Hobby Riset, Bawa Neneng Rasakan Belajar di Negeri Jiran | Poros NTB

Hobby Riset, Bawa Neneng Rasakan Belajar di Negeri Jiran

SHARE:

Dibaca Normal

Neneng Khaerunnisah


Anak muda adalah generasi yang penuh gagasan, argumen dan inovasi. Hanya saja, mereka tidak dapat menemukan tempat yang tepat untuk menyalurkan hal itu. STKIP Taman Siswa Bima sudah meramal kondisi ini sejak beberapa tahun lalu. Sehingga kampus tersebut lebih dini menyiapkan sarana, prasarana serta sumber daya civitas akademika untuk bergelut di dunia riset sebagai wadah menyalurkan hobby. Hal ini tampak dari menjamurnya peneliti-peneliti terbaik di kampus setempat baik dosen maupun mahasiswanya. Salah satunya adalah Neneng yang sukses mengenyam pendidikan di Negeri Jiran Malaysia lantaran hobby-nya meneliti. 


Penulis Edo Rusadin


Mahasiswi Prodi PGSD STKIP Taman Siswa Bima bernama lengkap Neneng Khaerunnisah ini adalah  satu dari sekian mahasiswa yang sukses menyalurkan hobby di bidang riset. Perempuan 21 tahun ini telah memulai hobby-nya sejak masuk di kampus setempat tiga tahun lalu. Kini, mahasiswi semester enam itu  sudah mulai memetik hasil dari karya dan kerja kerasnya. Dengan hasil penelitian dan pengabdian masyarakat yang disuguhkan, membawa Neneng mencicipi bagaimana rasanya belajar di Malaysia selama 15 hari.

Mahasiswi asal Kelurahan Penaraga Kota Bima ini memang memiliki tracrekord yang luar biasa. Deretan prestasi sudah ia torehkan sejak duduk di bangku sekolah. Mulai SD, alumni SMAN 1 Kota Bima ini sudah mencatatkan sejumlah prestasi dengan menjadi juara kelas. Tren positif menjadi juara kelas juga berlanjut saat Neneng menginjak SMP hingga SMA. 

"Waktu SMA, saya bersekolah di tempat yang sangat favorit, dan saya masih bisa mempertahankan juara saya, dari kelas 10 – 12 saya bertahan pada peringkat 2 di kelas. Semua ini saya dapatkan karena usaha keras yang saya lakukan," ujarnya, bangga. 
 
Konsistensinya mempertahankan juara di bangku sekolah diterapkan juga saat mengenyam bangku kuliah. Ia mulai memperlihatkan kebolehannya sejak tahun 2019 saat Neneng berhasil lolos Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang Pengabdian Masyarakat dengan judul "Upaya Peningkatan Kesadaran Hidup Bersih Melalui GAMESS (Gerakan Anti Membuang Sampah Sembarang) SDN 45 Kota Bima". Program tersebut sukses dilaksanakan sampai pada tahap Monev. 

Di tahun 2020, perempuan yang gemar dengan matematika ini juga lolos tahap awal Praproposal Hibah Bina Desa dengan judul "Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga (IRT) Dalam Pengolahan Dodabo Istimewa (Dodol Dahi Bongi) Dengan Berbagai Rasa Untuk Meningkatkan Perekonomian Desa Nipa."

Tidak cukup sampai di situ, Neneng dan timnya juga sukses mendapatkan peringkat tiga Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) se Pulau Sumbawa yang diadakan oleh STKIP Tamsis Bima. Judul karya yang diusung adalah, Smart Games CBP (Congklak Biji Pinang) Games Literasi Dengan Memanfaatkan Permainan Tradisional Congklak Biji Pinang Sebagai Sistem Eliminasi Buta Aksara Bagi Anak Dusun Mawu Dalam. Kemudian, dia juga pernah mengikuti Seminar Internasional dengan Judul, A Semantic Analysis Of The English Translation Of Surah Al – Fatihah At The Eight Grade Students Of MTS Al – Bahri Karampi. Dan terakhir, yang paling anyar sekaligus kado dari kerja kerasnya selama ini adalah mengikuti pertukaran pelajar di kampus Picoms Internasional University College sebagai perwakilan Prodi PGSD. 

Selama belajar di Prodi PGSD, ia mengaku telah mendapat terobosan dalam bentuk tugas kuliah dan kegiatan yang berkaitan dengan Prodi. Seperti, membuat media buku yang di dalamnya berisi gambar POP–UP untuk anak SD sebagai tugas akhir mata kuliah Pengembangan Bahasa Indonesia. 

“Saya membuat buku tentang profil salah satu kewirausahaan sebagai tugas akhir mata kuliah kewirausahaan. Dan, yang paling saya tekuni yaitu tugas akhir mata kuliah Evaluasi Pembelajaran, saya membuat buku tentang Analisis Hasil Kemampuan Siswa Pecandu Gadget Dalam Memecahkan Masalah Menggunakan Instrument Higher Order Thinking Skill (HOTS) dengan Tema besar bukunya yaitu HOTS & GADGET. Saya melakukan penelitian di SDN 50 Kota Bima,” papar Neneng, Rabu (25/3/2020).

Selama enam semester berkuliah di STKIP Tamsis Bima, kegiatan yang disukainya adalah riset atau penelitian. Menurutnya, riset adalah salah satu kegiatan yang menantang. Untuk kedepannya, fokus yang akan dilakukannya adalah riset, pengembangan dari buku yang telah ia buat tentang Higher Order Thinking Skill (HOTS). Terkait spesifik arah risetnya, Neneng mengaku belum bisa menjelaskan, karena masih harus membuat gambaran konsep utuh, dan masih harus mempelajari HOTS dengan baik. 

“Saya mendapatkan banyak sekali pengalaman dan ilmu baru ketika mengikuti pertukaran pelajar di Malaysia. Semua program kegiatan yang diadakan selama 2 minggu, baik berkaitan dengan pembelajaran dan pengabdian saya ikuti dengan baik. Tetapi ada beberapa hal yang saya fokuskan pada saat saya di sana, yaitu mengamati proses literasi mahasiswa di sana, bagaimana proses pembelajaran di dalam kelas, apa saja kegiatan yang dilakukan oleh organisasi MPP atau yang disini dikenal dengan sebutan BEM. Saya memantau dan memperhatikan dengan jelas, bagaimana proses pembelajaran pada jurusan pendidikan awal kanak – kanak, karena jurusan ini berkaitan dengan jurusan saya, PGSD,” cerita Neneng. 

Apa saja kegiatan yang dilakukan di kampus? Mendapat pertanyaan tersebut, Neneng kemudian menyebutkan sejumlah kegiatan yang diikutinya. Mulai membersihkan Musholah Kampus setiap seminggu atau dua minggu sekali bersama dengan anggota team, mengikuti kajian di kampus, mengikuti seminar, menjadi panitia KPUM, menjadi panitia PKKMB, mengikuti berbagai macam lomba, seperti lomba PKM, mengikuti lomba PKM M, PKM K, PKM GT dan PKM P, mengikuti Lomba PHBD, mengikuti lomba kampus LKTI, hingga mengikti Tes CPNS meski lulus passing grade, namun tidak masuk perenkingan.

Terkait organisasi kemahasiswaan, gadis kelahiran 19 November 1999 itu mengaku awalnya tidak pernah kepikiran untuk menjadi bagian dari organisasi apapun. Hanya ingin kuliah saja. Tetapi seiring berjalannya waktu, dirinya mulai kepikiran untuk bergabung karena sering terlibat dalam diskusi dengan sejumlah mahasiswa yang berorganisasi. Sebelum bergabung dalam organisasi, di kampus kota sudah membentuk kelompok diskusi mahasiswa, walaupun anggota aktifnya hanya sekitar empat mahasiswa. Fokus kegiatan komunitas tersebut hanya membersihkan musholah kampus. 

“Dimulai dari kegiatan inilah saya berminat masuk organisasi yaitu Lembaga Dakwah Kampus (LDK, red) Al – Muhajirin STKIP Tamsis Bima. Selain menjadi anggota LDK, saya tergabung ke dalam bagian dari anggota Badan Eksekutif Republik Mahasiswa (BEM REMA) STKIP Tamsis Bima, sebagai bendahara kampus kota,” bebernya. 

"Tujuan terbesar dan yang paling utama dalam hidup saya yaitu membahagiakan semua orang dengan apa yang saya miliki, terutama untuk kedua orang tua saya. Prinsip saya dalam hidup yaitu berbuat baik kepada semua orang, karena saya yakin kebaikan yang kita tanamkan maka akan membuahkan hasil yang baik untuk saya terlebih untuk keluarga, dan hal itu sudah sering saya alami," pungkasnya.(*)

COMMENTS

Nama

#Corona,124,ABRI,1,arena,54,Bandara,7,Bansos,52,Bawaslu,17,bhakti sosial,38,bima,2676,bima iptek,4,bima. Pariwisata,3,Bjayangkari,1,Coro,1,Corona,88,Covid-19,29,Curanmor,3,Daerah,1,Demonstrasi,2,des,1,Desa,53,dompu,134,Editorial,2,ekbis,223,Ekonomi,1,Ekonomi.,4,Eksbis,1,enterpreneur,1,event,1,explore,2,featured,122,Hoax,3,huk,2,hukrim,714,huksrim,3,hukum,1,Humaniora,1,HUT RI,1,inspiratif,1,iptek,30,Keagamaan,15,keamanan,8,kebudayaan,1,Kecelakaan,3,kehilangan,1,kejadian dan peristiwa,2,kemanusiaan,4,kepegawaian,1,kependudukan,12,kepolisian,168,Kesehatan,134,Kesenian,1,ketenagakerjaan,2,Kodim,15,Kominfo,5,Konflik,1,Korupsi,11,kota bima,296,KPU,3,KSB,2,lingkungan,115,lombok,109,Maklumat,2,Mataram,92,miras,1,Narkoba,8,Nasional,15,NTB,1,olahraga,24,Opini,50,Pariwisata,81,Pelayanan Publik,13,pembangunan,25,pembangunan.,2,pemerintahan,786,Pemilu,1,Pemprov,3,Pemprov NTB,143,pendidikan,397,pendidikan.,8,Perbankan,1,Perguruan Tinggi,3,perhubungan,7,perisstiwa,47,peristiwa,468,peristuwa,1,Perjudian,2,persitiwa,6,Pertamina,2,pertanian,40,Peternakan,3,politik,282,Politik.,9,Prahara,12,Prestasi,34,Provinsi,1,puisi,1,regional,5,religi,53,religius,43,Sains,1,SAJAK,1,seni,1,SKCK,1,sosbud,193,Sosial,42,Sosok,6,SUDUT PANDANG,1,sumbawa,20,Tajuk,2,Tekhnologi,2,TKI,5,TNI,1,transportasi,4,travel,5,Tribrata,1,Vaksinasi,25,video,18,warta bawaslu,1,
ltr
item
Poros NTB: Hobby Riset, Bawa Neneng Rasakan Belajar di Negeri Jiran
Hobby Riset, Bawa Neneng Rasakan Belajar di Negeri Jiran
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg74V98kMvy3GzTWY8e6WIs1ekLMbNyYT2oAVwgH23o9Hy763aAHFsWJ5IwwOeNJdfAi2I-p1lSZHfHm3cH8kH8G-D9zH1dtQqEJoEaje8QSFX8XbXDMyHVnGnQ6x4yUi75YLG7vnzIP2Ys/s640/IMG-20200326-WA0002.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg74V98kMvy3GzTWY8e6WIs1ekLMbNyYT2oAVwgH23o9Hy763aAHFsWJ5IwwOeNJdfAi2I-p1lSZHfHm3cH8kH8G-D9zH1dtQqEJoEaje8QSFX8XbXDMyHVnGnQ6x4yUi75YLG7vnzIP2Ys/s72-c/IMG-20200326-WA0002.jpg
Poros NTB
https://www.porosntb.com/2020/03/hobby-riset-bawa-neneng-rasakan-belajar.html
https://www.porosntb.com/
https://www.porosntb.com/
https://www.porosntb.com/2020/03/hobby-riset-bawa-neneng-rasakan-belajar.html
true
2479742407306652642
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content