--> Sambangi UPSI, Tim STKIP Tamsis Bangun Kerjasama dan Temui Alumni | Poros NTB

Sambangi UPSI, Tim STKIP Tamsis Bangun Kerjasama dan Temui Alumni

Dibaca Normal
Para dosen STKIP Tamsis Bima foto bersama di UPSI Malaysia


Bima, porosntb.com – Sebelas hari sudah tim STKIP Tamsis Bima yang mengikuti kegiatan pertukaran pelajar di PICOMS Malaysia. Beragam kegiatan yang telah diagendakan, diikuti. Untuk memperkuat jejaring, tim kampus merah mengunjungi University Pendidikan Sultan Idris (UPSI). Agenda yang dilakukan di salah satu perguruan tinggi Malaysia itu adalah upaya untuk membangun kerjasama. Selain itu, pihak STKIP Tamsis Bima juga menyambangi sejumlah alumni yang mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan studi di UPSI.

“Pertemuan dilaksanakan di kampus baru UPSI, di ruangan Dr. Nuzsep Almigo. Agenda yang dilakukan adalah menjalin kerjasama beberapa program. Antara lain, pertukaran mahasiswa untuk magang  yang terbagi dalam dua jenis, ada magang tiga bulan dan satu bulan,” tutur salah satu dosen yang mengikuti kegiatan bersama PICOMS Malaysia, Ramli, M.Pd., pada media ini, Selasa (3/3/2020).

Untuk magang, lanjutnya, disesuaikan dengan Prodi masing-masing. Kegiatan magang nantinya bisa berbentuk praktek di laboratorium atau mengajar di kelas. Hal tersebut dinilai Ramli sebagai pengejewantahan visi dan misi kampus merah, BERADAB.  “Yaitu giat literasi. Di UPSI juga menggiatkan hal tersebut, sehingga diwacanakan ada kegiatan literasi yang melibatkan dua kampus. Yaitu, STKIP Tamsis Bima dan UPSI,” tulis Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris itu.

Dikatakannya, proses MoU dapat dilakukan secara specific per fakultas sehingga dapat memaksimalkan program yang diselenggarakan. UPSI juga membuka pintu seluas mungkin pada pihak STKIP Tamsis Bima untuk mengolah program, sehingga dalam surat penyampain ke fakultas akan lebih praktis, sistematis dan terencana dengan baik. 

“Rencana join research  dalam istilah Malaysia adalah reseacrh sepadan, akan dibuka sesuai dengan kualifikasi ilmu dan keahlian. Baik itu peneliti Indonesia yang ke Malaysia maupun dari Malaysia ke Indonesia. Selain hal tersebut, kami berbicara tentang peningkatan kapasitas mengajar dan pengajaran dosen. Terkait dengan RPS dan RPH, diberikan kuliah singkat oleh Dr. Nuzep selaku Kepala Urusan Internasional yang menangani kerjasama perguruan tinggi dengan luar negeri,” urai Ramli.

Ditambahkannya, pihak UPSI juga bersedia untuk menjadi media yang akan menjembatani komunikasi, terkait dengan program kerjasama nantinya. Jika ada komunikasi lebih lanjut, sambung Ramli, juga bisa melibatkan para pelajar NTB yang merupakan alumni-alumni STKIP Tamsis Bima. “Selain agenda pembangunan MoU dengan kampus ternama di Malaysia itu, kami juga mengunjungi sejumlah alumni yang sedang melanjutkan studi di kampus setempat (UPSI, red). Para alumni akan menjadi corong dan perpanjangan informasi pada setiap program kerjasama yang akan dilaksanakan,” tutupnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, STKIP Tamsis Bima bersama dua perguruan tinggi di Jawa Barat dan tiga perguruan tinggi di NTB menggelar kegiatan di PICOMS international University College, Malaysia. Program tersebut bernama Mobility (Inbound) program 2020 di PICOMS international University College. Selain menggenjot publikasi internasional, kampus merah yang juga telah menandangani MoU dengan sejumlah perguruan tinggi di Malaysia dan Filipina itu melakukan sejumlah tindaklanjut. Seperti mendatangkan dua profesor dari Filipina sebagai pemateri dalam workshop penulisan artikel ilmiah dan pengembangan diri mahasiswa dan ikut dalam pertukaran pimpinan perguran tinggi di Universitas Selangor, Malaysia.

Untuk mahasiswa yang berangkat ke Malaysia tentu telah melewati proses seleksi yang dilakukan dengan sangat ketat dan professional. Peserta yang mengikuti seleksi diberikan waktu untuk mempersentasikan pemahaman terhadap materi-materi saat coaching. Skill lain yang ditunjukkan peserta seleksi, diantaranya tarian adat Bima, bela diri khas Bima, serta bermain alat musik. Mahasiswa yang ikut ke Malaysia adalah mahasiswa yang memiliki prestasi dengan IPK tertinggi. Selain itu mahasiswa juga dipilih karena mengikuti berbagai kegiatan keorganisasian dan andil dalam banyak kompetisi lain

Kegiatan selama hampir setengah bulan itu diharapkannya dapat memberikan pandangan baru tentang dunia pendidikan tinggi. Sehingga, dapat diterapkan untuk mengembangkan kampus. Jenis kegiatan yang akan diikuti adalah, hari pertama hanya seremonial penyambutan, kegiatan intinya adalah Peresmian PICOMS’ GMP (Inbound) 2020 oleh Naib Canselor. Dihari kedua adalah kunjungan ke kuala lumpur. Di hari ketiga, dilakukan aktifitas bersama Program dan Fakulti. Hari keempat, Seminar Halal Awareness. Hari kelima sampai kesebelas adalah aktifitas bersama Program dan Fakulti. Sedangkan di hari ke 12 akan ada kegiatan International Conference on Sciences Technology, Education & Management (InSTEM) 2020 dan PICOMS Science and Management (PICOMSAM) Symposium di PICOMS Batu Muda. (*)

Penulis: Humas STKIP Tamsis Bima
Editor: Edo

COMMENTS

Nama

#Corona,123,arena,37,Bandara,7,Bansos,39,Bawaslu,17,bhakti sosial,27,bima,2307,bima iptek,4,Bima Pemerintah,81,Bima Pemerintahan,47,Bima: Pemerintah,5,bima. Pariwisata,3,Coro,1,Corona,74,Covid-19,28,Curanmor,3,Demonstrasi,2,des,1,Desa,53,dompu,134,Editorial,2,ekbis,204,Ekonomi,1,Ekonomi.,4,enterpreneur,1,event,1,explore,2,featured,92,Hoax,1,huk,2,hukrim,618,huksrim,3,hukum,1,Humaniora,1,HUT RI,1,inspiratif,1,iptek,26,Keagamaan,15,keamanan,7,kebudayaan,1,Kecelakaan,1,kejadian dan peristiwa,2,kemanusiaan,4,kepegawaian,1,kependudukan,10,kepolisian,60,Kesehatan,125,Kesenian,1,ketenagakerjaan,2,Kodim,15,Konflik,1,Korupsi,11,kota bima,142,KPU,3,KSB,2,lingkungan,99,lombok,108,Mataram,76,miras,1,Narkoba,7,Nasional,7,NTB,1,olahraga,24,Opini,49,Pariwisata,80,Pelayanan Publik,13,pembangunan,22,pembangunan.,2,pemerintah,37,Pemerintah.,1,pemerintahan,435,Pemerintahan.,5,Pemprov,3,Pemprov NTB,143,pendidikan,360,pendidikan.,8,Perbankan,1,Perguruan Tinggi,3,perhubungan,7,perisstiwa,45,peristiwa,386,peristuwa,1,Perjudian,2,persitiwa,6,Pertamina,2,pertanian,34,Peternakan,3,politik,272,Politik.,9,Prahara,12,Prestasi,22,Provinsi,1,puisi,1,regional,3,religi,26,religius,41,Sains,1,SAJAK,1,seni,1,SKCK,1,sosbud,190,Sosial,42,Sosok,2,SUDUT PANDANG,1,sumbawa,20,Tajuk,2,Tekhnologi,2,TKI,5,TNI,1,transportasi,2,travel,5,Tribrata,1,video,5,
ltr
item
Poros NTB: Sambangi UPSI, Tim STKIP Tamsis Bangun Kerjasama dan Temui Alumni
Sambangi UPSI, Tim STKIP Tamsis Bangun Kerjasama dan Temui Alumni
https://1.bp.blogspot.com/-7RSn63AaF9w/Xl6KTxDrMbI/AAAAAAAAHgs/qoN1gzPqNmERI0IpJHbf6euhF-ymDOnrgCLcBGAsYHQ/s640/IMG-20200303-WA0046.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-7RSn63AaF9w/Xl6KTxDrMbI/AAAAAAAAHgs/qoN1gzPqNmERI0IpJHbf6euhF-ymDOnrgCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20200303-WA0046.jpg
Poros NTB
https://www.porosntb.com/2020/03/sambangi-upsi-tim-stkip-tamsis-bangun.html
https://www.porosntb.com/
https://www.porosntb.com/
https://www.porosntb.com/2020/03/sambangi-upsi-tim-stkip-tamsis-bangun.html
true
2479742407306652642
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content