--> Penerapan "The New Normal" Akan Dimulai dari Daerah Zero Covid 19 | Poros NTB

Penerapan "The New Normal" Akan Dimulai dari Daerah Zero Covid 19

SHARE:

Dibaca Normal


Mataram, porosntb.com.- The new normal merupakan istilah dimana gaya hidup baru yang harus mampu menyesuaikan diri dan berdamai dengan kondisi pencegahan Covid 19, menuju masyarakat produktif, akan segera diterapkan disejumlah daerah di Indonesia. 

Penerapan konsep masyarakat produktif ditengah wabah ini, tetap merujuk pada penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus corona deases (Covid-19) secara ketat. "Kita mulai dari Daerah-daerah kabupaten/kota yang saat ini masih bebas kasus penularan Covid 19", ujar Menko Perekonomian RI, Ir. Airlangga Hartarto, MBA, MMT saat memimpin Rakor Virtual terkait "Perumusan Protokol Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19", bersama Menko PMK, Menko Marinves, Mendagri, Menkes, Menko Polhukam, Kepala Staf Kepresidenan, Panglima TNI, Kapolri,  Kepala BNPB dan  Gubernur seluruh Indonesia, Kamis 21/5-2020).
Menurut Airlangga, saat ini terdapat 124 kabupate- kota yang masih berada di zona hijau atau belum ditemukan kasus terkonfirmasi positif virus corona di Tanah Air. "Pada Zona hijau ini akan dipersiapkan untuk tetap beraktifitas dan berproduktifitas, menggerakan roda ekonomi, beberapa pasar atau fasilitas umum dengan kajian mendalam secara perlahan akan dibuka, namun tetap menerapkan protocol pencegahan Covid-19 yang ketat," terangnya.
Hal ini penting dilakukan, kata Menko Airlangga, karena hingga saat ini belum ditemukan vaksin Corona Virus Deases (Covid19), sehingga kondisi ini diperkirakan akan berlangsung lama. 
Ia menjelaskan bahwa sesuai arahan Presiden Joko Widodo, masyarakat harus mulai dipersiapkan agar saatnya nanti dapat berkompromi, hidup berdampingan, dan berdamai dengan Covid-19 agar tetap produktif. Memulai beraktifitas seperti biasa dengan tatanan kehidupan baru, namun dengan tetap memperhatikan dan menjaga dengan ketat protocol Covid-19.
“Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum masyarakat nantinya dapat beraktifitas kembali dengan kondisi normal baru (new normal) menerapkan PHBS dan Protokol Covid tentunya,” kata Airlangga. 
Secara tidak langsung, akan banyak yang berubah dalam kehidupan masyarakat di Indonesia. Harapannya perubahan yang sudah terjadi ke depan akan terus menjadi kebiasaan masyarakat, yaitu pola dan gaya hidup sehat (PHBS) dan masyarakat akan lebih melek digital.
Sedangkan 391 kabupaten dan kota lainnya dan seluruh Provinsi di Indonenesia, termasuk NTB masih menjadi daerah Zona Merah. Oleh sebab itu, bagi daerah daerah yang masih berada di zona merah diharapkan mempersiapkan diri, termasuk penerapan protocol dalam memutus matarantai penyebaran Covid-19. 
Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) merupakan salah satu provinsi berada dalam zona merah. Maka perlu mempersiapkan diri. Apabila trend penyembuhan Covid-19 ini terus menurun, maka aktifitas masyarakat yang produktif akan bisa diterapkan.
Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah  yang mengikuti Rakor Virtual ini tampak serius memperhatikan arahan dan pembahasan, bersama dengan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi NTB Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M. Si, Asisten I Baiq Eva Nurcahyaningsih, M.Si, Assisten II Setda NTB  Ir. H. Ridwansyah, MM, M. TP.,  Kadis Kominfotik I Gde Putu Aryadi, S. Sos., MH, Kasat Pol Tri Budi Prayitno, Kadikes dr. Nurhandini Eka Dewi dan sejumlah Kepala OPD lingkup Pemprov. NTB
Dalam Rakor tersebut sejumlah Menteri memberikan masukan terkait masyarakat produktif aman Covid19. Kepala Staf Presiden Muldoko mengatakan perlu penyelarasan dan kesepakatan  antara pusat dan daerah dalam penentuan status daerah percontohan zona hijau untuk menerapkan masyarakat produktif aman covid ini.  
Ia juga meminta agar ditentukan sector usaha yang masuk dalam kategori produktif ini. “Saat diumumkan kepada masyarakat sudah jelas,” katanya dalam Rakor.
Menteri Kesehatan RI Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp. Rad. (K) juga akan mendukung upaya pemerintah dalam mengembalikan geliat ekonomi masyarakat ini. Sehingga sector Kesehatan akan memperketat persiapan fasilitas dan infrastruktur dan SDM Kesehatan.
“Ini kami lakukan untuk menindaklanjuti penerapan zona masyarakat yang produktif dan aman Covid-19,” ujarnya.
Panglima TNI  Marsekal Hadi Tjahjanto, menyatakan mendukung penuh dengan tupoksi bersama Polri dalam menerapkan masyarakat produktif ini. Menurutnya TNI akan memperketat penjagaan keluar masuk pada wilayah dan daerah zona merah amaupu zona hijau. Termasuk pada titik-titik keramian masyarakat untuk menerapkan himbauan Protap Pencegahan Covid-19.
“TNI bersama Polri dan jajarannya, akan terus menghimbau masyarakat dan memperketat aturan diwilayah yang ditentukan,”jelasnya.
Beberapa Menteri dalam Rakor tersebut membahas dan mengusulkan agar Protokol kesehatan ketat yang harus dipatuhi antara lain menjaga jarak aman (social distancing), selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, mengenakan masker, serta membatasi perjalanan yang tidak perlu. 
Sumber : diskominfotik NTB


COMMENTS

Nama

#Corona,124,ABRI,1,arena,54,Bandara,7,Bansos,52,Bawaslu,17,bhakti sosial,38,bima,2676,bima iptek,4,bima. Pariwisata,3,Bjayangkari,1,Coro,1,Corona,88,Covid-19,29,Curanmor,3,Daerah,1,Demonstrasi,2,des,1,Desa,53,dompu,134,Editorial,2,ekbis,223,Ekonomi,1,Ekonomi.,4,Eksbis,1,enterpreneur,1,event,1,explore,2,featured,122,Hoax,3,huk,2,hukrim,714,huksrim,3,hukum,1,Humaniora,1,HUT RI,1,inspiratif,1,iptek,30,Keagamaan,15,keamanan,8,kebudayaan,1,Kecelakaan,3,kehilangan,1,kejadian dan peristiwa,2,kemanusiaan,4,kepegawaian,1,kependudukan,12,kepolisian,168,Kesehatan,134,Kesenian,1,ketenagakerjaan,2,Kodim,15,Kominfo,5,Konflik,1,Korupsi,11,kota bima,296,KPU,3,KSB,2,lingkungan,115,lombok,109,Maklumat,2,Mataram,92,miras,1,Narkoba,8,Nasional,15,NTB,1,olahraga,24,Opini,50,Pariwisata,81,Pelayanan Publik,13,pembangunan,25,pembangunan.,2,pemerintahan,786,Pemilu,1,Pemprov,3,Pemprov NTB,143,pendidikan,397,pendidikan.,8,Perbankan,1,Perguruan Tinggi,3,perhubungan,7,perisstiwa,47,peristiwa,468,peristuwa,1,Perjudian,2,persitiwa,6,Pertamina,2,pertanian,40,Peternakan,3,politik,282,Politik.,9,Prahara,12,Prestasi,34,Provinsi,1,puisi,1,regional,5,religi,53,religius,43,Sains,1,SAJAK,1,seni,1,SKCK,1,sosbud,193,Sosial,42,Sosok,6,SUDUT PANDANG,1,sumbawa,20,Tajuk,2,Tekhnologi,2,TKI,5,TNI,1,transportasi,4,travel,5,Tribrata,1,Vaksinasi,25,video,18,warta bawaslu,1,
ltr
item
Poros NTB: Penerapan "The New Normal" Akan Dimulai dari Daerah Zero Covid 19
Penerapan "The New Normal" Akan Dimulai dari Daerah Zero Covid 19
https://1.bp.blogspot.com/-VNOi6ItqPb4/XsfNpBRk2HI/AAAAAAAAIL0/YaRQSdj09jQdJwqcAZc2zNL_suN37dAvQCLcBGAsYHQ/s640/Screenshot_1.png
https://1.bp.blogspot.com/-VNOi6ItqPb4/XsfNpBRk2HI/AAAAAAAAIL0/YaRQSdj09jQdJwqcAZc2zNL_suN37dAvQCLcBGAsYHQ/s72-c/Screenshot_1.png
Poros NTB
https://www.porosntb.com/2020/05/penerapan-new-normal-akan-dimulai-dari.html
https://www.porosntb.com/
https://www.porosntb.com/
https://www.porosntb.com/2020/05/penerapan-new-normal-akan-dimulai-dari.html
true
2479742407306652642
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content