--> Deretan Fakta Sigapnya Upaya Aparat Meredam Potensi Konflik Dalam Tempo yang Singkat | Poros NTB

Deretan Fakta Sigapnya Upaya Aparat Meredam Potensi Konflik Dalam Tempo yang Singkat

Views
Dibaca Normal
Pelaku pembacokan saat diamankan oleh Team Puma Polres Bima di Desa Tangga Baru

Bima, porosntb.com.- Kasus pembacokan yang mengakibatkan meninggalnya warga Desa Waro Kecamatan Monta Kabupaten Bima, Candra Irawan (27) oleh pelaku berinisial SY (20), warga Desa Tangga Baru, nyaris menimbulkan konflik antara dua desa bertetangga tersebut.


Namun yang tidak sempat diekspos secara mendalam adalah bagaimana berat dan sigapnya upaya aparat Polri dan TNI dalam menangani kasus tersebut di lapangan, sehingga potensi meluasnya konflik mampu diredam.

Berikut sederet fakta upaya yang dilakukan aparat Polri dan TNI di lapangan, berdasarkan press release Polsek Monta, melalui Kanit Intelkam, dan pantauan langsung watawan media ini.

Namun sebelumnya mengilas balik kejadian, Kasus pembacokan tersebut berlangsung di halaman rumah milik H. Abidin di RT. 02 RW. 02 Dusun Tangga Baru, Kamis (30/7) kemarin Sekitar pukul 14.30 wita. Akibatnya korban meninggal di TKP, yang ikut menjadi saksi, SS (16), seorang pelajar warga RT. 04 Desa Waro dan BT (19) seorang Petani, warga RT. 02 RW. 02 Dusun Tangga Baru Desa Tangga Baru.

Pemblokiran Jalan, Rencana Penyerangan, hingga Penangkapan Pelaku

Sekitar Pukul 15.00 wita, warga Desa Waro melakukan pemblokiran jalan raya di Desa Waro untuk menuntut pelaku segera ditangkap. Sementara Pukul 15.30 wita, sekelompok warga Desa Waro merencanakan melakukan penyerangan ke Desa Tangga Baru dan berusaha memprovokasi warga lainnya.

Untungnya Kapolsek Monta, IPTU Takim dan personil lainnya langsung melakukan upaya untuk menghalau warga, namun warga tetap bersikeras melakukan penyerangan dan langsung berangkat menuju Desa Tangga Baru.

Tak langsung menyerah, Kapolsek Monta dan Kapolsek Parado, IPDA Nazarudin beserta Kasubsektor Wilamaci, AIPTU Syahril bersama personilnya masing-masing, yang dibackup Personil TNI dari Koramil Monta meluncur di ujung barat Desa Tangga Baru, Pukul 16.00 wita, untuk melakukan upaya menghadang dan menghalau warga Desa Waro yang hendak menyerang ke Desa Tangga Baru.

Sayangnya, saat itu, warga Desa Waro tetap melakukan penyerangan ke Desa Tangga Baru dan membakar rumah panggung 9 tiang milik orang tua pelaku yang berlokasi di paling ujung barat perkampungan.

Saat warga Desa Waro melakukan pembakaran Pukul 16.00 wita, sempat terjadi ketegangan dan saling tantang antara warga Desa Waro dengan warga Desa Tangga Baru. Namun situasi tersebut dapat diredam dan kedua kelompok warga dapat dihalau dan diarahkan oleh pihak kepolisian dan TNI untuk kembali ke desa masing-masing.

Sementara itu, Tim Puma dari Mako Polres Bima tiba di Desa Waro Pukul 16.45 wita. Jalan yang diblokir di Desa Waro dibuka oleh oleh Team Puma yang akan menuju Desa Tangga Baru, namun ditutup kembali oleh warga.

Team Puma akhirnya berhasil mengamankan pelaku pembacokan Pukul 17.00 wita, dan langsung dibawa Team Puma menuju Mako Polres Bima.

Mengetahui pelaku telah tertangkap, jalan yang diblokir di Desa Waro kembali dibuka oleh warga Pukul 17.30.

Kepolisian dan TNI Terus Melakukan Penggalangan


Meski keadaan mulai mereda, namun bukan berarti tugas Kepolisian dan TNI lantas berhenti. Melainkan terus melakukan penggalangan karena menjaga terjadinya aksi saling balas, baik oleh pihak keluarga korban dan pihak keluarga pelaku, mengingat rumah orang tua pelaku yang dibakar, sehingga mengalami kerugian ditaksir Rp. 30 juta.

Selain itu penggalangan terus dilakukan karena dikhawatirkan adanya oknum/kelompok yang melakukan provokasi, baik terhadap pihak keluarga korban maupun pihak keluarga pelaku sehingga menimbulkan kembali terjadinya reaksi dari kedua belah pihak.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan tersebut, Kepolisian dan TNI melakukan pendekatan. Baik terhadap pihak keluarga korban maupun pihak keluarga pelaku agar tidak mudah terprovokasi untuk melakukan aksi saling balas maupun pemblokiran jalan.

Lewat penggalangan tersebut, juga dihimbaukan kepada pihak keluarga korban maupun pihak keluarga pelaku agar tetap menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif di Desa Waro dan Desa Tangga Baru pasca kejadian tersebut.

Kapolres Kunjungi Keluarga Korban


Pantauan langsung wartwan media ini, Pada hari kejadian, Kapolres Bima AKBP Gunawan Tri Hatmoyo, S.I.K langsung mengunjungi keluarga korban, tokoh pemuda, Agama, dan tokoh masyarakat di Desa Waro.

Di hadapan keluarga korban dan para tokoh, Kapolres berharap kepada seluruh elemen masyarakat agar mempercayakan sepenuhnya kepada pihak kepolisian untuk menyelesaikan kasus tersebut untuk diproses secara hukum yang berlaku.

“Mewakili institusi Polri, saya sebagai Kapolres Bima ikut berbela sungkawa atas kejadian yang menimpa almarhum. Namun kita meminta, masyarakat Desa Waro dan Desa Tangga Baru agar bisa saling menahan diri untuk tidak melakukan aksi saling balas,” ungkapnya.

Karena menurut Kapolres, apabila hal itu terjadi, maka akan menimbulkan masalah baru yang pasti akan merugikan kedua belah pihak.

“Alhamdulillah, anggota yang kami sebar di segala penjuru untuk memprsempit ruang gerak pelaku dan berkat kerja sama yang baik antara pihak kepolisian dengan masyarakat, dalam waktu yang sangat singkat Tim Gabungan Polsek dan Polres Bima bisa meringkus pelaku tanpa perlawanan. Serta pelaku sudah diamankan di Mako polres Bima,” terangnya.

Selain itu, kapolres memerintahkan Kapolsek Monta  beserta jajarannya untuk tetap siaga di dua desa terkait dan terus berkoordinasi dengan pihak TNI koramil 1608-07 Monta, guna mengatisipasi adanya aksi saling balas.


Di lain tempat, Kepala Desa Tangga Baru, A. Rasid, S.sos, mengapresiasi kinerja Polri dan TNI yang mampu meredam persoalan dengan cepat.


“Terima kasih kepada seluruh aparat keamanan Polri dan TNI yang cepat bisa meredam persoalan yang terjadi,” ungkap Rasid.

Sampai kata dia, demi menjaga keadaan tetap kondusif, personil POLRI dan TNI sampai tidur di emperan rumah warga demi.

“Kita sangat terharu karenanya,” ujar Rasid.

Dalam rilis terbarunya, Jum’at (31/7) ini, Kapolres, melalui Kasubbag Humas, AKP Hanafi, kembali menghimbau dan mengajak pada elemen masyarakat untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif, dan tidak terpengaruh dengan isu yang dapat mengganggu stabilitas keamanan, serta tidak melakukan tindakan main hakim sendiri atau tindakan yang melanggar hukum lainnya.

“Untuk penanganan kasus tersebut sepenuhnya percayakan pada pihak Kepolisian dan kami akan proses secara transparan dan tuntas. Untuk motifnya, masih dilakukan pendalaman oleh penyidik Polres Bima.” Pungkas Kapolres.

Penulis : Teddy Kuswara
Editor : Aden

COMMENTS

Nama

#Corona,123,arena,37,Bandara,7,Bansos,37,Bawaslu,17,bhakti sosial,24,bima,2293,bima iptek,4,Bima Pemerintah,81,Bima Pemerintahan,47,Bima: Pemerintah,5,bima. Pariwisata,3,Coro,1,Corona,74,Covid-19,25,Curanmor,3,Demonstrasi,2,des,1,Desa,53,dompu,128,Editorial,2,ekbis,204,Ekonomi,1,Ekonomi.,4,enterpreneur,1,event,1,explore,2,featured,92,Hoax,1,huk,2,hukrim,601,huksrim,3,hukum,1,Humaniora,1,HUT RI,1,iptek,26,Keagamaan,15,keamanan,7,kebudayaan,1,Kecelakaan,1,kejadian dan peristiwa,2,kemanusiaan,4,kepegawaian,1,kependudukan,10,kepolisian,54,Kesehatan,123,Kesenian,1,ketenagakerjaan,2,Kodim,15,Konflik,1,Korupsi,11,kota bima,136,KPU,3,KSB,2,lingkungan,99,lombok,107,Mataram,74,miras,1,Narkoba,7,Nasional,6,NTB,1,olahraga,24,Opini,49,Pariwisata,80,Pelayanan Publik,11,pembangunan,22,pembangunan.,2,pemerintah,37,Pemerintah.,1,pemerintahan,435,Pemerintahan.,5,Pemprov,3,Pemprov NTB,143,pendidikan,359,pendidikan.,8,Perbankan,1,Perguruan Tinggi,3,perhubungan,7,perisstiwa,45,peristiwa,375,Perjudian,2,persitiwa,6,Pertamina,2,pertanian,34,Peternakan,3,politik,272,Politik.,9,Prahara,12,Prestasi,22,Provinsi,1,puisi,1,regional,3,religi,25,religius,41,Sains,1,SAJAK,1,seni,1,SKCK,1,sosbud,190,Sosial,42,Sosok,2,SUDUT PANDANG,1,sumbawa,20,Tajuk,2,Tekhnologi,2,TKI,5,TNI,1,transportasi,2,travel,5,video,5,
ltr
item
Poros NTB: Deretan Fakta Sigapnya Upaya Aparat Meredam Potensi Konflik Dalam Tempo yang Singkat
Deretan Fakta Sigapnya Upaya Aparat Meredam Potensi Konflik Dalam Tempo yang Singkat
https://1.bp.blogspot.com/-5b6810OLbwI/XyPBKLQb4PI/AAAAAAAAJA8/VAc_72WhEDMFCYzup99ce9UQkVtAfR2HgCLcBGAsYHQ/s640/WhatsApp%2BImage%2B2020-07-30%2Bat%2B23.11.14.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-5b6810OLbwI/XyPBKLQb4PI/AAAAAAAAJA8/VAc_72WhEDMFCYzup99ce9UQkVtAfR2HgCLcBGAsYHQ/s72-c/WhatsApp%2BImage%2B2020-07-30%2Bat%2B23.11.14.jpeg
Poros NTB
https://www.porosntb.com/2020/07/deretan-fakta-sigapnya-upaya-aparat.html
https://www.porosntb.com/
https://www.porosntb.com/
https://www.porosntb.com/2020/07/deretan-fakta-sigapnya-upaya-aparat.html
true
2479742407306652642
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content