--> FPMPMTM Gelar Aksi Unjuk Rasa Menuntut Dicopotnya Kepala PKM Woha | Poros NTB

FPMPMTM Gelar Aksi Unjuk Rasa Menuntut Dicopotnya Kepala PKM Woha

Dibaca Normal

FPMPMTM saat melakukan aksi di Pintu Timur Kantor Bupati Bima
Bima, porosntb.com.- Puluhan massa aksi yang tergabung dalam “Forum Pemuda dan Mahasiswa Peduli Masyarakat Tidak Mampu” (FPMPMTM) menggelar aksi unjuk rasa, Senin (10/8) hari ini.

Massa aksi yang menaiki mobil Pick Up Carry 15 sambil mengibarkan bendera merah putih dan bendera FPMPMTM , dan pamlet bertulis “Turunkan Dr. Dewi dari jabatan”.

Begitu tiba di pertigaan Telkom Tente Pukul 09.30 wita, Massa aksi langsung melakukan orasi secara bergantian.

“Kami turun kejalan sebagai simbol melawan ketidakadilan. Jiwa kami adalah jiwa mereka yang tertindas oleh Kepala Puskesmas Woha dalam hal memberikan perawatan yang layak didapat oleh kaum miskin .” seru salah seorang orator lewat pelantang.

“Apabila tuntutan Kami tidak diindahkan maka kami akan melakukan aksi berjilid-jilid. Kurangnya sosialisasi terhadap kinerja petugas BPJS sehingga terjadi kedzoliman yang dilakukan untuk masyarakat miskin selaku pengguna BPJS,” lanjut sang orator.

Mereka menuntut Bupati Bima agar mencopot Kepala Puskemas Woha yang menurut mereka tidak paham dengan tugasnya. Karna dituding  mempersulit pengguna BPJS tidak mampu.

Mereka bahkan mengancam, apabila tuntutan mereka tidak diindahkan, maka massa aksi akan melakukan pemblokiran jalan sebagai bentuk kekecewaan mereka.

Setelah hampir satu jam di Telkom Tente, massa aksi beranjak hendak menuju Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Bima.

Sesampai di pintu Timur Kantor Bupati Bima, Pukul 11.00 Wita, massa aksi kembali melakukan orasi bergantian. langsung melakukan orasi bergantian.

“Kami datang hari ini melakukan aksi jilid dua, meminta Kepala Puskesmas Woha dicopot. Apabila segala tuntutan kami tidak diindahkan maka kami akan menduduki kantor Bupati Bima.” Ancam salah seorang orator.

Tuntutan lainnya, yaitu meminta Kepada Kepala Dinas Kesehatan untuk memenuhi sarana dan prasarana terkait kelengkapan alat medis yang belum ada di Puskesmas Woha

Aksi FPMPMTM ini akhirnya ditanggapi Pukul 11.20 Wita, oleh kasi Pengawasan Pol PP Kabupaten Bima,  Irwansyah S.sos dan Wakanit intel Pol PP, Angga. Keduanya melakukan komunikasi bersama korlap aksi, Dayat,  agar mengirim perwakilan untuk melakukan audiensi di Kantor Dikes .

Penawaran audiensi ini langsung diamini, Pukul 11.29 wita, massa aksi menuju Dikes guna melakukan Audensi .

Setibanya di Kantor Dikes 10 orang mewakili massa aksi langsung diundang masuk ke ruang Kepala Dikes, dr H. Ganis Kristanto,  untuk melakukan Audensi dengan pihak Dikes.

Selain Kadis, nampak hadir dalam ruang audiensi,  Kabid Yankes, Muhammad Farid, S. KM, Kepala PKM Woha, dr. Dewi Puspaningsih, wakil dari BPJS, Ilham, Kasi Pengawasan Pol PP, Irwansyah, S.Sos, dan Kapolsek Woha, Iptu Edy Prayitno.

Koordinator aksi, Junaidin, menyampaikan,  “Harapan kami saat ini apa yang kami suarakan adalah tiada lain dari tuntutan awal kami. Maka tinggal sisa dua tuntutan agar segera mempertimbangkan untuk kepala PKM Woha terkait sarana dan prasarana di PKM woha yang tidak sesuai dengan statusnya sebagai Puskesmas prioritas “.

Menaggapi tuntutan tersebut, dr. Ganis, menyampaikan, terkait penggantian kepala PKM akan disampaikan ke Bupati. Karena kata dia, yang berhak mengangkat dan menurunkan adalah bupati. Sementara Bupati saat ini berada di jakarta.

“Tapi saya akan melakukan koordinasi ke pak Wakil (Bupati),” ujarnya.

Sementara terkait sarana dan prasarana, dr Ganis yang juga mantan Kepala PKM Woha tersebut, mengatakan, PKM Woha memang terakreditasi secara nasional. Yakni PKM Bintang tiga.

“Rencananya semua peralatan yang ada di PKM memang akan dilengkapi di antaranya Jenset.” Terangnya.

Namun, lanjutnya, terhalang oleh adanya pandemi Covid-19. Sehingga rencana yang terpaksa diundur.

PKM Woha, kata dr Ganis lagi, merupakan PKM urutan ketiga yang jumlah pegawainya terbanyak, setelah Sape dan Bolo.

“Saat ini susah dokter untuk ditarik ke Woha. Banyak yang menolak. Kami tidak tau apa kendalanya,” ungkap dr Ganis.

Menyinggung peralatan, jika merujuk Permenkes Tahun 1975, peralatan medis yang ada di PKM Woha, kata dr Ganis, sudah sesuai.

“Tidak mungkin (PKM) Woha dianak-tirikan. Karena Woha adalah ibukota kabupaten. Dan pelayananya harus lebih baik dengan yang lainnya.” Jelasnya.

Iapun berharap Kepada koordinator aksi agar sering melakukan koordinasi bersama pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Bima.

“Terkait rujukan menurut kami adalah emergensi, setelah hasil pemeriksaan kami. Dan semua ini tergantung adanya komunikasi antara pihak Dokter dan keluarga pasien. Tentu dokter paham terkait kondisi emergensi,” terang dr. Ganis.

Usai Penyerahan Surat Penyampaian Tanggapan oleh Kadis yang dilanjutkan dengan sesi foto bersama, massa aksi lantas membubarkan diri, masih dibawah pengamanan Personil gabungan Polres Bima di bawah Kendali Kapolsek Woha.

Suasana penyerahan Surat Penyampaian Tanggapan oleh Kadis Kesehatan Kabupaten Bima, dr H. Ganis Kristamto
Informasinya, aksi unjuk rasa jilid II kali ini sebagai bentuk kekecewaan massa aksi atas hasil demo yang mereka gelar Senin (4/8) pekan lalu. Karena menurut Forum tersebut, pemerintah terlambat merespon apa yang menjadi tuntutan mereka terkait pencopotan kepala Puskesmas Woha yang mereka anggap gagal paham terkait BPJS tidak mampu .

Penulis : Teddy Kuswara
Editor : Aden

COMMENTS

Nama

#Corona,124,arena,53,Bandara,7,Bansos,51,Bawaslu,17,bhakti sosial,37,bima,2644,bima iptek,4,bima. Pariwisata,3,Bjayangkari,1,Coro,1,Corona,88,Covid-19,29,Curanmor,3,Daerah,1,Demonstrasi,2,des,1,Desa,53,dompu,134,Editorial,2,ekbis,212,Ekonomi,1,Ekonomi.,4,Eksbis,1,enterpreneur,1,event,1,explore,2,featured,105,Hoax,3,huk,2,hukrim,714,huksrim,3,hukum,1,Humaniora,1,HUT RI,1,inspiratif,1,iptek,29,Keagamaan,15,keamanan,8,kebudayaan,1,Kecelakaan,3,kehilangan,1,kejadian dan peristiwa,2,kemanusiaan,4,kepegawaian,1,kependudukan,12,kepolisian,167,Kesehatan,129,Kesenian,1,ketenagakerjaan,2,Kodim,15,Kominfo,5,Konflik,1,Korupsi,11,kota bima,238,KPU,3,KSB,2,lingkungan,112,lombok,109,Maklumat,2,Mataram,92,miras,1,Narkoba,8,Nasional,14,NTB,1,olahraga,24,Opini,50,Pariwisata,81,Pelayanan Publik,13,pembangunan,25,pembangunan.,2,pemerintahan,720,Pemprov,3,Pemprov NTB,143,pendidikan,393,pendidikan.,8,Perbankan,1,Perguruan Tinggi,3,perhubungan,7,perisstiwa,47,peristiwa,466,peristuwa,1,Perjudian,2,persitiwa,6,Pertamina,2,pertanian,40,Peternakan,3,politik,276,Politik.,9,Prahara,12,Prestasi,34,Provinsi,1,puisi,1,regional,3,religi,43,religius,43,Sains,1,SAJAK,1,seni,1,SKCK,1,sosbud,191,Sosial,42,Sosok,5,SUDUT PANDANG,1,sumbawa,20,Tajuk,2,Tekhnologi,2,TKI,5,TNI,1,transportasi,4,travel,5,Tribrata,1,Vaksinasi,25,video,18,
ltr
item
Poros NTB: FPMPMTM Gelar Aksi Unjuk Rasa Menuntut Dicopotnya Kepala PKM Woha
FPMPMTM Gelar Aksi Unjuk Rasa Menuntut Dicopotnya Kepala PKM Woha
https://1.bp.blogspot.com/-K0bfweSd8VE/XzEqYHKjZvI/AAAAAAAAJHY/ws6oQmmd_X0o_f-EeuWa6OgwHW3q9jsgACLcBGAsYHQ/s400/Screenshot_2.png
https://1.bp.blogspot.com/-K0bfweSd8VE/XzEqYHKjZvI/AAAAAAAAJHY/ws6oQmmd_X0o_f-EeuWa6OgwHW3q9jsgACLcBGAsYHQ/s72-c/Screenshot_2.png
Poros NTB
https://www.porosntb.com/2020/08/fpmpmtm-gelar-aksi-unjuk-rasa-menutut.html
https://www.porosntb.com/
https://www.porosntb.com/
https://www.porosntb.com/2020/08/fpmpmtm-gelar-aksi-unjuk-rasa-menutut.html
true
2479742407306652642
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content