--> Sah! Konflik Antara Warga Desa waro dan Tangga Baru Berakhir Islah | Poros NTB

Sah! Konflik Antara Warga Desa waro dan Tangga Baru Berakhir Islah

Views
Warga Desa Waro dan Tangga Baru saat duduk bersama mencapai kesepakatan islah

Bima, porosntb.com.- Setidaknya 20 warga Desa Waro dan 50 warga Desa Tangga Baru Kecamatan Monta Kabupaten, akhirnya duduk bersama untuk mencapai kesepakatan islah antara dua desa yang sempat terjadi konflik beberapa waktu lalu.

Islah yang bertempat di Aula Kasabua Nggahi Kantor Camat Monta, Tanggal 16 Agustus 2020, pukul 14.00 wita kemarin, turut dihadiri oleh, Kabag Ops Polres Bima KOMPOL Jamaludin, S.Sos, Anggota DPRD Bima, Mustakim, Kepala Kesbangpol Bima, Edy Tarunawan, SH, Camat Monta, Drs. Nurdin, Danramil 1608-07 Monta, Mayor Inf. Syaharuddin, Kapolsek Monta, IPTU Takim, Kasubsektor Wilamaci, AIPTU Syahril, Kepala Desa Waro, M. Ali, SH ditemani Ketua BPD Waro, Herman, Kepala Desa Tangga Baru, Abdul Rasyid, S.Sos ditemani Ketua BPD Tangga Baru, Sulham.

Camat Monta, Nurdin, dalam sambutannya, menyampaikan, bahwa kegiatan ini sebagai langkah dan upaya untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi antara Desa Waro dengan Desa Tangga Baru sehingga kehidupan masyarakat bisa bejalan damai dan aman.

Sebelumnya, kata Nurdin, Pemerintah Kecamatan Monta sudah melakukan koordinasi dengan kedua Kepala Desa terkait untuk membahas rencana islah, dan kedua Kepala Desa telah sepakat untuk mengislahkan warganya.

“Awalnya kami merencanakan lokasi islah di Desa Sondo, namun karena adanya pertimbangan keamanan sehingga kegiatan islah dilaksanakan di Kantor Camat Monta.” Tuturnya.

Islah ini mendapat tanggapan positif dari anggota DPRD Bima, Mustakim. Kata dia, pihaknya, tetap mengevalusi kejadian kejadian yang terjadi, lebih khususnya di Kecamatan Monta.

“Konflik tidak akan ada dampak positifnya, melainkan lebih banyak mudaratnya untuk masyarakat.” Ujarnya mengingatkan.

Sementara Kabag Ops Polres Bima, KOMPOL Jamaludin, S.Sos, menyampaikan permohonan maafnya atas ketidak hadiran Kapolres Bima, karena harus mengikuti kegiatan kunjungan kerja Danrem 162/WB.

“Proses islah atau perdamaian ini dilaksanakan tentu karena ada permasalahan sebelumnya, dimana dalam permasalahan tersebut, akibat perbuatan 1 orang, kita semua mendapatkan imbas dari kejadian tersebut, yaitu aktifitas kehidupan warga masyarakat tidak bisa berjalan normal seperti biasanya.” Urai Jamaludin.

Lanjutnya, islah itu sendiri tidak akan terlaksana apabila semua elemen masyarakat tidak ikut berperan dalam menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif. Yang lebih penting lagi, menurut Jamaludin, Islah harus muncul dari hati nurani warga masyarakat kedua desa, bukan dari instansi Pemerintah, TNI, dan Polri.

Apresiasi yang tinggi juga disampaikan Kabag Ops ini terhadap warga kedua desa yang telah bersedia hadir untuk melakukan islah demi terciptanya kehidupan bermasyarakat yang tentram dan damai.

Mengakhiri sambutannya, Jamaludin, berharap kejadian kemarin merupakan kejadian yang terakhir. “Jangan sampai terulang kembali.” Harapnya.

Tak ketinggalan, Danramil 1608-07 Monta, Mayor Inf. Syaharuddin, ikut mengingatkan warga kedua desa, yang kata dia, Desa waro dan Tangga Baru awalnya berasal dari satu rumpun keluarga atau nenek moyang yang sama, sebelum mekar menjadi 7 desa di Kecamatan Monta.

Karena itu lanjutnya, tidaklah elok warga yang saat ini sebagai penerus di wilayah tersebut melakukan perbuatan yang dapat memisahkan darah dan keturunannya yang awalnya satu.

“Dengan adanya permasalahan yang terjadi saat ini antara Desa Waro dengan Desa Tangga Baru, jangan sampai ada oknum yang memanfaatkan situasi untuk mengadu domba, karena apapun permasalahan yang terjadi di kedua desa tersebut pasti akan menuduh orang dari desa lawan yang melakukannya, akibat sudah tersimpan dendam di benak masing-masing warga masyarakat,” papar Syaharuddin.

Ia mengharapkan agar tali silaturrahmi antar warga kedua desa bisa terjalin seperti sedia kala sebelum terjadinya konflik. Lebih-lebih agar warga masyarakat di kedua desa bisa menahan diri, hilangkan rasa dendam dan jangan mudah terprovokasi dengan isu-isu yang belum tentu benar.

“Kedepannya ada rencana dari kami TNI-Polri untuk melaksanakan kegiatan gotong royong dalam membangun kembali rumah yang terbakar dan rusak di Desa Tangga Baru,” ungkapnya.

Kegiatan yang dikawal oleh personil gabungan dari Polres Bima, Brimob Kompi 1 Batalyon C Pelopor, Polsek Monta dan Polsubsektor Wilamaci, serta personil TNI dari Koramil 1608-07 Monta dan Sat Pol PP Kecamatan Monta ini diakhiri dengan penanda tanganan Akta Perjanjian Islah.

Dengan begitu, kedua desa yang sempat bertikai ini sepakat untuk mengakhirinya dan memulai hubungan seperti sedia kala

Penulis : Teddy Kuswara

COMMENTS

Nama

#Corona,121,arena,36,Bandara,7,Bansos,26,Bawaslu,13,bhakti sosial,20,bima,2143,bima iptek,4,Bima Pemerintah,81,Bima Pemerintahan,47,Bima: Pemerintah,5,bima. Pariwisata,3,Coro,1,Corona,57,Covid-19,23,Curanmor,3,Demonstrasi,2,des,1,Desa,53,dompu,88,Editorial,2,ekbis,198,Ekonomi,1,Ekonomi.,4,enterpreneur,1,explore,2,featured,89,hukrim,498,huksrim,3,hukum,1,Humaniora,1,HUT RI,1,iptek,24,Keagamaan,15,keamanan,7,kebudayaan,1,Kecelakaan,1,kemanusiaan,4,kepegawaian,1,kependudukan,10,kepolisian,7,Kesehatan,116,Kesenian,1,ketenagakerjaan,2,Kodim,14,Konflik,1,Korupsi,11,kota bima,120,KPU,3,KSB,2,lingkungan,95,lombok,106,Mataram,57,miras,1,Narkoba,7,Nasional,5,NTB,1,olahraga,24,Opini,49,Pariwisata,79,pembangunan,22,pembangunan.,2,pemerintah,37,Pemerintah.,1,pemerintahan,424,Pemerintahan.,5,Pemprov,3,Pemprov NTB,143,pendidikan,352,pendidikan.,8,Perbankan,1,Perguruan Tinggi,3,perhubungan,7,perisstiwa,41,peristiwa,331,Perjudian,2,persitiwa,6,Pertamina,2,pertanian,34,Peternakan,3,politik,232,Politik.,9,Prahara,12,Prestasi,20,Provinsi,1,puisi,1,regional,2,religi,14,religius,41,SAJAK,1,seni,1,SKCK,1,sosbud,184,Sosial,41,Sosok,1,SUDUT PANDANG,1,sumbawa,20,Tajuk,2,Tekhnologi,2,TKI,5,transportasi,2,travel,5,video,5,
ltr
item
Poros NTB: Sah! Konflik Antara Warga Desa waro dan Tangga Baru Berakhir Islah
Sah! Konflik Antara Warga Desa waro dan Tangga Baru Berakhir Islah
https://1.bp.blogspot.com/-BAWgT08YNf8/XzzHlkLupkI/AAAAAAAAJQs/gC29J_gKkbcOzrrzk6sKOCFn_yE3KprnQCLcBGAsYHQ/s400/Screenshot_3.png
https://1.bp.blogspot.com/-BAWgT08YNf8/XzzHlkLupkI/AAAAAAAAJQs/gC29J_gKkbcOzrrzk6sKOCFn_yE3KprnQCLcBGAsYHQ/s72-c/Screenshot_3.png
Poros NTB
https://www.porosntb.com/2020/08/sah-konflik-antara-warga-desa-waro-dan.html
https://www.porosntb.com/
https://www.porosntb.com/
https://www.porosntb.com/2020/08/sah-konflik-antara-warga-desa-waro-dan.html
true
2479742407306652642
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content